Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

5 Cara Cek Daya Tampung SBMPTN 2022 Versi LTMPT & Manfaatnya

Cara Cek Daya Tampung SBMPTN 2022

Cara Cek Daya Tampung SBMPTN 2022 – membahas mengenai cara melakukan pengecekan kuota penerimaan mahasiswa baru di seluruh PTN terdaftar LTMPT. Dimana tiap jurusan dan universitas memiliki daya tampung SBMPTN tersendiri.

Sebagai seorang pelajar yang ingin melanjutkan studi di universitas negeri tentunya kamu sudah tahu bahwa jalur SBMPTN 2022 sedang dalam proses pendaftaran. Sehingga penting bagi para pelajar untuk mengetahui cara cek daya tampung SBMPTN 2022.

Beberapa tahun lalu setiap siswa perlu mengecek daya tampung SBMPTN dari masing-masing kampus. Hal itu tentunya cukup merepotkan, namun sekarang LTMPT telah menyiapkan cara cek daya tampung SBMPTN 2022 dalam satu website saja.

Untuk memberikan kemudahan pada para siswa, kali ini Kursiguru hendak membahas mengenai tata cara cek daya tampung SBMPTN 2022 yang bisa dilakukan tanpa perlu login. Silakan simak uraian mengenai cara cek kuota SBMPTN 2022 di bawah secara seksama.

Definisi Daya Tampung SBMPTN 2022

Sebelum membahas mengenai cara ceknya, ada baiknya kamu mengenal apa itu daya tampung SBMPTN UTBK. Dimana daya tampung SBMPTN merupakan banyaknya kuota yang disediakan oleh PTN untuk jalur penerimaan mahasiswa baru SBMPTN.

Apakah semakin besar daya tampung SBMPTN maka jurusannya semakin baik? Tidak, daya tampung tidak mencerminkan kualitas program studi melainkan kesempatan seseorang untuk lolos tahap seleksi serta tingkat persaingan di prodi tersebut.

tisu murah

Biasanya data jumlah peminat suatu prodi kuliah tidak akan ditampilkan selama proses pendaftaran SBMPTN. Artinya perhitungan kemungkinan lolos SBMPTN nantinya menggunakan data dari tahun lalu. Namun hasil hitung persentase lolos SBMPTN mampu menjadi salah satu acuan saat memilih jurusan.

Baca  √ Daya Tampung Unpad SBMPTN 2022 : Jurusan Saintek & Soshum

Manfaat Cek Daya Tampung SBMPTN

Lalu sebenarnya apa manfaat mengecek daya tampung SBMPTN? Kegunaan atau manfaat utama dari pengecekan daya tampung tentunya menentukan tinggi rendahnya persaingan di sebuah prodi. Makin rendah persaingannya maka kemungkinan lolos SBMPTN semakin tinggi.

Secara sederhana perbandingan daya tampung dengan kemungkinan lolos bisa dipahami sebagai berikut.

  • Daya tampung besar & peminat kecil = kemungkinan lolos SBMPTN besar.
  • Daya tampung kecil & peminat besar = kemungkinan lolos SBMPTN kecil.

Selain lewat analogi di atas sebenarnya masih ada cara lain untuk menghitung kemungkinan lolos SBMPTN yakni dengan cara hitung persentase lolos.

Cara Cek Daya Tampung SBMPTN 2022

Setelah mengetahui info seputar definisi serta manfaat melakukan cek kuota SBMPTN 2022, selanjutnya silakan coba lakukan cara ceknya melalui langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi laman resmi LTMPT.
  2. Pilih menu Daftar PTN, lalu klik SBMPTN.
  3. Cari universitas pilihan, lalu klik Lihat Prodi.
  4. Pilih jurusan Saintek atau Soshum.
  5. Simak info daya tampung SBMPTN 2022 & peminat 2021.

Untuk lebih lengkapnya silakan simak urutan langkah cara cek daya tampung SBMPTN 2022 yang disertai gambar berikut.

1. Kunjungi Laman Resmi LTMPT

Langkah pertama dalam cara cek daya tampung SBMPTN 2022 adalah mengunjungi laman website resmi LTMPT yakni di https://www.ltmpt.ac.id/.

1. Kunjungi Laman Resmi LTMPT

2. Klik Submenu SBMPTN di Menu Daftar PTN

Setelah itu, tekan tombol Daftar PTN sehingga muncul dua submenu lain yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Lalu tekanlah tombol SBMPTN.

2. Klik Submenu SBMPTN di Menu Daftar PTN

3. Pilih Perguruan Tinggi Negeri Pilihanmu

Selanjutnya carilah PTN pilihanmu, lalu klik tombol Lihat Prodi di bagian kanan nama universitas.

3. Pilih Perguruan Tinggi Negeri Pilihanmu

4. Tentukan Kelompok Jurusan Saintek atau Soshum

Jika sudah dialihkan ke daftar program studi di PTN pilihanmu, klik salah satu tombol Saintek atau Soshum.

4. Tentukan Kelompok Jurusan Saintek atau Soshum

5. Simak Daya Tampung SBMPTN 2022

Terakhir simak secara langsung jumlah daya tampung jurusan kuliah pilihanmu dan juga peminatnya di SBMPTN 202.

5. Simak Daya Tampung SBMPTN 2022

Cara Cek Persentase Lolos SBMPTN

Seperti telah disinggung di atas bahwa ada cara untuk menghitung persentase lolos SBMPTN berdasar pada informasi daya tampung. Dimana cara hitungnya cukup sederhana, yaitu membagi besarnya daya tampung dengan total peminat jurusan di tahun sebelumnya, setelah itu mengalikannya dengan 100%.

Baca  √ Daya Tampung USU SBMPTN & Jurusan Sepi Peminat 2022

Jika dituliskan dengan rumus maka persentase lolos SBMPTN adalah sebagai berikut.

%Lolos = (Daya Tampung Jurusan/Total Peminat)×100%

Contoh :

Penerimaan Mahasiswa Ilmu Hukum Universitas Airlangga Jalur SBMPTN 2022
Daya tampung = 90 orang
Total peminat = 1385 orang
%lolos = (90/1385)×100% = 6,5%

Penerimaan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga Jalur SBMPTN 2022
Daya tampung = 33 orang
Total peminat = 382 orang
%lolos = (33/382)×100% = 8,63%

Jadi terbukti bahwa meskipun daya tampungnya lebih sedikit, tapi jika peminatnya tidak terlalu banyak maka kemungkinan lolos SBMPTN lebih tinggi.

Disclaimer

Cara cek persentase lolos SBMPTN di atas tidak bisa dijadikan referensi utama dalam menentukan apakah kamu akan lolos atau tidak, namun mampu memberikan gambaran ketat tidaknya persaingan di prodi kuliah pilihanmu.

Informasi Esensial SBMPTN UTBK 2022

Selain melakukan riset mandiri melalui cara cek daya tampung SBMPTN, kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN melalui beberapa hal lain seperti :

Akhir Kata

Demikian uraian Kursiguru mengenai cara cek daya tampung SBMPTN 2022 beserta manfaatnya untuk para pelajar. Semoga setelah memahami bagaimana cara mengecek daya tampung atau kuota SBMPTN 2022 nantinya kamu bisa lebih mantap dalam memilih program studi impianmu.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.