Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

2 Cara Verifikasi Akun Dapodik Versi 2021 [Paling Lengkap]

Cara Verifikasi Akun Dapodik

Cara verifikasi akun Dapodik bisa dilakukan dengan beberapa cara. Sebelum itu kita ketahui bahwa data pokok pendidikan atau dapodik memiliki arti yaitu sistem pendataan terpadu. Selain itu, dapodik menjadi sumber data utama pendidikan nasional dan bagian dari program rencana pendidikan nasional dalam mewujudkan peserta didik di Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Jika tidak ada perencanaan pendidikan yang baik, maka semua program yang berbentuk dari perencanaan akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Dalam proses pendataan data pokok pendidikan membutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel, dan terus terbaru. Dengan adanya data yang lengkap, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan evaluasi kinerja dari program-program pendidikan tingkat nasional dapat dilaksanakan lebih struktur, tepat sasaran, efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Pada tahun ini, seluruh PTK/GTK harus melakukan verifikasi data akun. Verifikasi akun PTK dilakukan melalui Biodata Manajemen Dapodik. Melalui biodata tersebut, dapat dilihat data-data seperti biodata, beban ajar, tugas, pendidikan, sertifikasi, kepangkatan, KGB, riwayat. Jika data tersebut sudah benar, Anda bisa langsung melakukan verifikasi. Berikut ada 2 cara untuk verifikasi akun Dapodik bagi operator pemula sekolah se Indonesia.

Panduan Lengkap Cara Verifikasi Akun Dapodik

Cara Pertama Verifikasi Akun Dapodik

  1. Silakan login melalui akun yang sudah ada
  2. Apabila email yang ada di daftar sudah tidak aktif atau lupa password, silakan mengganti dengan email yang aktif atau terhubung dengan Handphone masing-masing guru
  3. Setelah semua data email sesuai, silakan klik verifikasi. Setelah itu akan ada email masuk dari dapodikdasmen untuk verifikasi
  4. Ikuti selalu langkah-langkah sesuai dengan instruksi di website

Di atas adalah cara pertama yang bisa dilakukan oleh operator sekolah untuk memverifikasi akun Dapodik. Adapun cara kedua yang bisa dilakukan oleh operator sekolah, sebagai berikut:

Cara Kedua Verifikasi Akun Dapodik

  1. Kunjungi lama https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/
  2. Log in menggunakan e-mail dan password Dapodik Anda
  3. Buka menu biodata, lalu tekan menu akun
  4. Pastikan username (e-mail aktif)
  5. Tekan tombol verifikasi
  6. Jika tidak aktif, diganti dengan email yang aktif dikolom email kemudian tekan lanjut
  7. Buka alamat email Anda
  8. Catat kode verifikasi
  9. Masukan kode verifikasi
  10. Tekan simpan

Di atas adalah cara mudah yang bisa dilakukan oleh operator sekolah bagaimana cara verifikasi akun dapodik terbaru, saat ini.

Jika operator sekolah sudah mencoba cara di atas, akan tetapi masih mengalami kendala akun tidak terverifikasi, maka ikuti cara berikut ini:

Mengatasi Masalah Akun Dapodik Tidak Terverifikasi

  1. Buka website Dapodikdasmen > https:dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih login > Manajemen Sekolah
  3. Pilih > Login > Menggunakan SSO
  4. Pilih menu akun dan gunakan e-mail yang aktif
  5. Setelah behasil login, kemudian klik > verifikasi akun
  6. Buka e-mail yang dipakai dan cek kembali kode verifikasi
  7. Ketika kembali kode verifikasi
  8. Klik > lanjutkan
  9. Perhatikan akun Dapodik sudah terverifikasi

Demikianlah dua cara  mudah yang dapat dilakukan oleh operator sekolah mengenai verifikasi Dapodik. Selain itu, jika Anda menjadi operator pemula di sekolah Dapodik bisa mengetahui cara mengatasi akun yang tidak terverifikasi di Dapodik dengan mengikuti cara-cara di atas.

Informasi di atas semoga memberi manfaat bagi Anda sebagai operator sekolah se Indonesia yang saat ini sedang ramai verifikasi Dapodik secara online.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *