Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Gagal SBMPTN 2022 ? Penyebab, Solusi & Cara Biar Tidak Gagal!

Gagal SBMPTN
Advertisements

Gagal SBMPTN – Maksud hati ingin mencoba masuk perguruan tinggi terbaik. Namun apa daya mengalami kegagalan dalam ujian masuk. Tentu saja rasa kecewa dan sedih akan sangat terasa.

Sudah jadi rahasia umum apabila proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri sangatlah ketat. Maka jangan heran apabila banyak orang yang gagal SBMPTN dan mencoba peruntungan melalui jalur mandiri.

Namun kegagalan pastinya akan kamu jumpai lagi apabila persiapan yang dilakukan kurang matang. Maka dari, itu penting diketahui apa saja akar masalah yang menyebabkan seseorang gagal SBMPTN.

Guna membantu kamu terhindar dari masalah serupa, maka pada kesempatan ini Kursiguru akan membahas serba-serbi gagal SBMPTN. Jadi silahkan simak ulasan gagal ujian tersebut hingga tuntas.

Advertisements

Apa Saja Penyebab Gagal SBMPTN?

Ketika menjumpai kegagalan dalam SBMPTN, kita wajib melakukan introspeksi diri terlebih dahulu. Barulah setelah itu kita kaji faktor luar penyebab gagal tersebut.

Berikut beberapa penyebab atas kegagalan SBMPTN.

  • Hanya mengandalkan SNMPTN semata
  • Kurang belajar materi SBMPTN
  • Tidak update informasi pendaftaran
  • Ketatnya persaingan masuk jurusan
  • Tidak menjaga kondisi kesehatan
  • Melakukan tindak kecurangan

1. Hanya Mengandalkan SNMPTN Semata

Sudah menjadi sebuah rahasia umum apabila terdapat beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Mulai dari jalur undangan (SNMPTN), SBMPTN, dan seleksi mandiri. Masuk melalui jalur SNMPTN sudah pasti keinginan bagi semua lulusan SMA.

Sayangnya, hal tersebut justru membuat banyak orang hanya mengandalkan SNMPTN saja dan melupakan jalur lainnya yang akan menanti manakala terjadi gagal masuk jalur undangan. Inilah hal yang harus kamu antisipasi sebelum SBMPTN.

Baca  10 Bimbel SBMPTN Online Terbaik Gratis & Murah 2022

2. Kurang Belajar Materi SBMPTN

Guru, staf sekolah, bahkan senior sekolah pastinya pernah membuat pengakuan bahwasanya ujian nasional terasa lebih mudah apabila dibandingkan dengan SBMPTN. Lantas mengapa ujian yang lebih sulit tersebut disepelekan?

Kebanyakan orang cenderung menganggap bahwa SBMPTN terasa mudah dan akhirnya membuang kesempatan serta waktu yang diberikan untuk belajar. Alhasil, banyak pendaftar gagal pada saat pengumuman seleksi bersama masuk PTN tersebut.

3. Tidak Update Informasi Pendaftaran

Kurangnya update informasi seputar pendaftaran serta serba-serbi tata tertibnya dapat menjadi penyebab gagal seleksi bersama PTN. Hal tersebut sangatlah penting mengingat pelaksanaan tes masuk secara resmi harus dilakukan sesuai prosedur.

Kelalaian tersebut akan berdampak pada hilangnya konsentrasi serta penambahan beban pikiran yang akhirnya berujung gagal saat pengerjaan. Silahkan lakukan pendataan jauh hari melalui informasi SBMPTN di beberapa website resmi.

4. Ketatnya Persaingan Masuk Jurusan

Semakin menarik sebuah jurusan perkuliahan, maka akan semakin banyak juga pendaftar dari seantero Nusantara. Hal ini akan berdampak pada ketatnya persaingan dalam memperebutkan kursi perkuliahan melalui jalur SBMPTN.

Bisa jadi kalahnya persaingan dari segi nilai merupakan penyebab gagal seleksi mahasiswa universitas. Apabila kamu ingin lolos pada jurusan favorit, maka mau tidak mau kerja keras, tekun, dan rajinlah dalam mempelajari materi SBMPTN.

5. Tidak Menjaga Kondisi Kesehatan

SBMPTN tidak hanya sekedar kemampuan akademis peserta, tetapi juga kesehatan tubuh pada saat pengerjaan soal. Banyak orang cenderung memaksakan diri belajar dengan sistem kebut semalam hingga lupa beristirahat.

Alangkah baiknya kamu mengatur jam belajar serta sebisa mungkin sempatkan waktu untuk beristirahat secara ideal. Kondisi istirahat cukup dapat membantu kamu lebih segar serta lebih mudah memahami materi. Alhasil, kamu tidak akan gagal saat seleksi.

6. Melakukan Tindak Kecurangan

Apabila dilihat dari beberapa alasan sebelumnya, maka inilah alasan gagal paling fatal sejauh ini. Semua orang punya cara yang adil dengan doa dan usaha demi bisa mendaftarkan diri ke universitas impian. Namun tindakan kecurangan tidak akan ditoleransi.

Baca  120 Jurusan di UNAND 2022 : D3, S1, S2, S3, Profesi & Akreditasinya

Hindari dan tahan diri kamu membawa selembar kertas “Contekan” serta melakukan berbagai tindakan kecurangan lain selama mengerjakan soal. Percaya pada kemampuan diri sendiri serta hargai mereka yang sudah berusaha semaksimal mungkin demi momen SBMPTN.

Solusi Atas Gagal SBMPTN

Gagal ketika melakukan ujian bersama masuk PTN bukanlah akhir dari segalanya. Kesempatan masih terbuka lebar asalkan kamu menyadari segala kesalahan selama menjelang hingga pelaksanaan SBMPTN.Lantas langkah apa yang harus dilakukan pasca kegagalan SBMPTN?

Berikut beberapa solusi jika gagal ujian bersama masuk PTN.

  • Segera cari informasi seleksi mandiri atau ujian masuk yang diselenggarakan oleh universitas.
  • Belajar lebih giat, serta seimbang antara pemahaman materi dan latihan soal.
  • Mulai menjaga pola hidup agar lebih sehat.
  • Pahami segala aturan dan tata tertib ujian mandiri.
  • Berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau orang terdekat.
  • Berdoa setelah semua usaha sudah dilakukan.

Cara Sukses Mengerjakan SBMPTN Tanpa Gagal

Sebelum kamu mengalami masalah serupa dalam SBMPTN, maka lakukan tindakan antisipasi. Jangan sampai kesempatan di depan mata hilang karena gagal tes masuk universitas.

Agar kamu memiliki peluang besar sekaligus sukses, berikut tips anti gagal SBMPTN dari penulis.

  • Filter jurusan sesuai jumlah peminat.
  • Pastikan ketiga jurusan sesuai minat bakat.
  • Rajin membaca materi serta melakukan Try Out.
  • Membuat kelompok belajar serius.
  • Atur jam belajar per harinya.
  • Mencari referensi tes masuk universitas di internet.
  • Jagalah ketelitian serta fokus saat mengerjakan.

Akhir Kata

Pada akhirnya gagal SBMPTN bukanlah sebuah alasan untuk merasa putus asa. Hidup harus terus berjalan dan kamu masih punya banyak kesempatan lain untuk mencoba masuk universitas yang diidamkan.

Lakukan persiapan jauh hari dengan belajar baik secara offline maupun online. Kami sudah pernah membahas tentang Bimbel SBMPTN Online Terbaik untuk membantu kamu lulus tes masuk.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.