Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

4 Ragam Bahasa Indonesia : Definisi, Macam-macam, & Contoh

ragam bahasa indonesia 1

Ragam Bahasa Indonesia – Ketika kita membaca banyak jenis tulisan, baik itu cerpen, artikel, makalah, berita, dan lain-lainya tentu terdapat perbedaan bentuk bahasa. Hal itu yang dinamakan sebagai variasi bahasa atau ragam bahasa. Nah, di kesempatan kali ini, Kursiguru akan membahas mengenai ragam bahasa Indonesia.

Perbedaan penggunaan bahasa bisa kita ketahui mulai dari pemilihan diksi, kalimat, paragraf, dan alur peristiwa. Beberapa perbedaan tersebut yang sering dilakukan oleh penulis. Selain itu, dari perbedaan tersebut menjadi ketahuan pembaca.

Sebelumnya, Kursiguru juga telah membahas mengenai sejarah, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia. Artikel tersebut bisa digunakan sebagai referensi belajar. Bagi teman-teman Kursiguru yang belum membaca bisa langsung membukanya.

Pembahasan kita kali ini mulai dari definisi, macam-macam, dan contoh kalimat beberapa ragam bahasa Indonesia. Di akhir artikel juga akan disedikan buku rekomendasi tentang ragam bahasa. Untuk lebih jelasnya bisa langsung kita bahas.

Apa Itu Ragam Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ragam bahasa diartikan sebagai variasi bahasa menurut penggunaannya, topik bicara, hubungan bicara, dan tema pembicaraan. Selain itu, menurut Abdul Chaer, seorang ahli bahasa mengatakan bahwa ragam bahasa ialah variasi bahasa berdasarkan di mana bahasa itu digunakan, untuk keperluan apa atau di bidang apa.

Dari pendapat di atas, maka bisa kita simpulkan bahwa ragam bahasa adalah variasi bahasa berdasarkan penggunaannya dan keperluannya.

promo

Macam-macam Ragam Bahasa Indonesia

Adapun dalam ragam bahasa Indonesia memiliki macam-macam variasinya. Beberapa yang sudah dirangkum oleh Kursiguru terdapat empat ragam bahasa mulai dari ragam bahasa ilmiah, ragama bahasa semi ilmiah, ragam bahasa populer, dan ragam bahasa non ilmiah. Berikut penjelasan dari masing-masing ragam bahasa tersebut.

Baca  10 Contoh Teks Doa Hari Pahlawan 2022 PDF

Ragam Bahasa Ilmiah

Variasi pertama adalah ragam bahasa ilmiah. Ragam bahasa ini digunakan dalam kepentingan ilmiah, seperti, seminar dan karya tulis ilmiah. Ragam bahasa Ilmiah disusun sesuai dengan metode ilmiah yang tepat. Bahasa yang digunakannya pun menggunakan bahasa baku.

Terdapat karakteristik dalam ragam bahasa ilmiah, meliputi cendika, lugas dan jelas, bersifat formal dan objektif, ringkas dan padat, sesuai struktur yang berlaku, serta mengungkapkan hasil berpikir logis.

Ragam Bahasa Semi Ilmiah

Variasi kedua adalah ragam bahasa semi ilmiah. Ragam yang kedua ini diungkapkan dengan cara komunikatif dan mudah dimengerti oleh semua orang. Tulisan yang menggunakan ragam bahasa semi ilmiah ini tidak harus dari hasil penelitian ilmiah.

Adapun karakteristik dari ragam bahasa semi ilmiah yaitu bersifat opini, diperuntukan untuk orang awam, gaya bahasa populer, mudah dicerna, dan mengenalkan ilmu atau temuan baru.

Ragam Bahasa Populer

Variasi ketiga adalah ragam bahasa populer. Ragam bahasa ini sering kali digunakan dalam kepentingan jurnalistik. Seperti dalam teks berita, iklan, opini, dan feature. Ragam bahasa populer pun memiliki karakteristik yang berbeda dari ragam bahasa lainnya. Karakteristiknya meliputi, bersifat fakta, sederhana, komunikatif, ringkas, dan memiliki keterbatan ruang dalam media cetak serta keterbatasan waktu dalam media online.

Ragam Bahasa Non Ilmiah

Variasi terakhir yaitu ragam bahasa non ilmiah. Ragam bahasa satu ini digunakan dalam dunia sastra. Seperti halnya dalam teks cerpen, puisi, novel, dan teks drama. Semua jenis karya sastra menggunakan ragam bahasa non ilmiah.

Adapun dalam penulisannya memuat karakteristik yang meliputi menggunakan kata-kata konotatif, bahasa yang estetis atau indah, bersifat emotif, dan memuat imajinatif.

Contoh Kalimat Ragam Bahasa Indonesia

Nah, dari pembahasan di atas tentunya teman-teman sudah sedikit memahami ragam bahasa serta macam-macamnya. Agar lebih memahami bentuk ragam bahasa dalam bahasa Indonesia, Kursiguru akan membagikan contoh kalimat dari keempat ragam bahasa di atas. Berikut beberapa contohnya.

Baca  8 Buku Materi Kelas 4 Semester 2 Tematik K13 : Siswa & Guru 2022

Contoh Tulisan Ilmiah

Berdasarkan seluruh analisis citra perempuan dalam novel Aib dan Nasib karya Minanto, pengarang mencitrakan mengenai diri tokoh perempuan melalui empat aspek, yaitu aspek fisik, psikologis, keluarga, dan masyarakat.

Contoh Tulisan Artikel Populer

Budaya memiliki nilai lebih untuk diolah dan diekspresikan ke dalam karya sastra. Acap kali seorang penulis menjadikan kebudayaan menjadi bahan ide dalam karyanya. Sebut saja Ahmad Tohari, sosok penulis novel Ronggeng Dukuh Paruk. Dengan kemampuan mengolah dan mengeksplorasi, ia dapat mengenalkan kebudayaan ronggeng dan dukuh paruk ke kancah Internasional.

Contoh Tulisan Berita

Tarakan – Telah dilakukan operasi tangkap tangan oleh KPK terhadap kepala desa berinisial BC. Dalam keterangannya telah diungkap BC melalukan korupsi sebesar Rp. 12 Milyar.

Contoh Tulisan Sastra

Hujan mengguyur pantai, sore ini.
Seorang penyair berteduh
sembari menunggu kopi dikempuh
hujan selalu hadir tepat waktu

Download Buku Tentang Ragam Bahasa Indonesia

Banyaknya penjelasan di atas telah menjadi pemahaman kita mengenai ragam bahasa Indonesia. Untuk menambah materi artikel ini, Kursiguru akan membagikan buku tentang pembahasan kita ini. Buku ini berbentuk file PDF, jadi kamu bisa mendownloadnya dengan sangat mudah dan bisa disimpat di laptopmu.

Download Buku Tentang Ragam Bahasa Indonesia

Akhir Kata

Kurang lebih pembahasan keseluruhan artikel mengenai ragam bahasa Indonesia yang bisa Kursiguru berika. Semoga adanya artikel ini bisa memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan khususnya bahasa Indonesia. Nantikan artikel selanjutnya dari Kursiguru.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *