Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Diksi Adalah Pilihan Kata : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh

Diksi Adalah

Diksi Adalah – Ketika seorang penulis menulis sebuah karya tulisan, tentunya bakal memilih kata paling tepat dan selaras. Karena untuk menyampaikan ide maupun gagasan bisa tersampaikan dengan baik ke pembaca. Pilihan kata tersebut dikatakan sebagai diksi.

Nah, di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak teman-teman semua untuk membahasa mengenai diksi. Materi ini tentunya sangat penting dipahami oleh kita semua. Mengingat masih banyak orang salah memilih kata yang mengakibatkan gagasan tidak tersampaikan dengan baik.

Tidak lama ini, Kursiguru juga menulis materi bahasa Indonesia mengenai contoh kalimat majemuk campuran. Apabila teman-teman belum ikut membahasnya kemarin, silakan langsung saja untuk membuka dan membaca artikel tersebut.

Pembahasan artikel ini tidak hanya membahas mengenai pengertian diksi. Namun juga akan dibahas ciri-ciri, jenis-jenis, serta pembahasan contoh pemilihan kata dalam kalimat bahasa Indonesia. Selain itu, di akhir artikel ini juga akan disediakan buku materi mengenai pemilihan kata. Mari kita bahas satu persatu.

Apa Itu Diksi

Seperti apa yang sudah dibahas diawal, diksi merupakan pilihan kata paling tepat dan selaras untuk mengungkapkan ide dan gagasan. Dari arti tersebut, dapat dimaksudkan bahwa setiap orang yang menulis sebuah teks harus bisa memilih dan menentukan kata dengan baik. Agar pesan bisa tersampaikan ke pembaca.

Pemilihan kata sering kali digunakan oleh para penulis atau penyair pada umumnya. Hal ini untuk bisa membuat kesan estetik dalam karyanya.

Baca  5 Contoh Soal PTS Kelas 7 Semester 1 Bahasa Jawa & Jawaban

Ciri-ciri Diksi

Adapun dari diksi sendiri terdapat ciri-ciri. Ada tiga ciri yang perlu kita ketahui yaitu ungkapan gagasan, pembeda suasana, dan perbendaharaan kata yang jelas. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Ungkapan Gagasan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemilihan kata digunakan sebagai ungkapan gagasan. Ungkapan ini dirasakan sendiri oleh penulis.

Pembeda Suasana

Selain digunakan sebagai ungkapan gagasan, pemilihan kata juga digunakan sebagai pembeda suasana. Maksudnya, setiap kata yang dipilih oleh penulis bisa memberi suasana pembeda dari tulisan-tulisan lainnya.

Perbendaharaan Kata yang Jelas

Terakhir, pemilihan kata perlu jelas. Maksudnya kata yang dipilih harus terdapat dalam perbendaharaan kata dalam kehidupan masyarakat. Atau lazim digunakan oleh masyarakat.

Jenis-jenis Diksi

Selain ciri-ciri, pemilihan kata pun memiliki jenis-jenis. Ada dua jenis yang perlu kita ketahui dan pahami yaitu pemilihan kata bersumber makna dan bersumber leksikal. Berikut penjelasan dari masing-masing jenis tersebut.

Diksi Bersumber Makna

Menurut Chaer, pemilihan diksi harus bersumber dari dua makna yaitu makna konotatif dan makna denotatif. Sumber makna tersebut harus disesuaikan dengan ada atau tidaknya rasa pada setiap kata.

Diksi Bersumber Leksikal

Leksikal itu sendiri diartikan sebagai bahasa yang berkaitan dengan kata, leksem, dan kosakata. Ada macam-macam diksi bersumber leksikal antara lain, sinonim, antonim, homonim, homofon, homograf, polisemi, hipernim, dan hiponim.

Kumpulan Contoh Diksi dalam Kalimat

Nah, setelah mengetahui arti pemilihan kata, ciri-ciri, dan jenis-jenis pemilihan kata, selanjutnya kita mencoba membahas contoh pemilihan dalam sebuah kalimat. Di bawah ini, Kursiguru telah menulis beberapa contoh kalimat dengan pemilihan kata paling tepat dan benar. Simak contohnya berikut.

  • Air matanya mengalir tanpa henti bagaikan aliran air sungai
  • Pencuri tersebut dihujani bogem mentah para warga.
  • Air hujan itu seraya memeluknya.
  • Dirimu akan kuabadikan dalam puisiku.
  • Kaki telanjang ini telah banyak menemani kehidupanku.
  • Waktu telah menggeroti kisah kita berdua.
  • Kehidupan selanjutnya adalah keabadian.
  • Para elit politik menunggangi para pendemo.
  • Mimpi ini telah dirindukan kekasih.
  • Para arsitek telah menyulap monas menjadi megah.
  • Di antara duduk ini, aku menemukan catatan-catatan Tuhan.
  • Para suporter telah gugur di tengah lapangan Kanjuruhan.
  • Api ini telah menyelimuti dari gigil.
Baca  Materi Seni Budaya Kelas X/10 SMA/SMK : Konsep Seni [2022]

Download Buku Materi Mengenai Diksi

Tentunya dari semua pembahasan di atas, kita sudah betul-betul paham tentang pemilihan kata. Seperti dibahas di atas, Kursiguru telah menyediakan sebuah buku materi, khusus tentang pemilihan kata. Buku ini bisa kamu miliki dengan cara mendownload.

Download Buku Materi Mengenai Diksi

Akhir Kata

Kurang lebih itu pembahasan mengenai diksi adalah dari Kursiguru. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menambah pengetahuan tentang bahasa Indonesia. Selalu baca artikel Kursiguru seputar dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Kuncie.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *