Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Kalimat Sumbang Adalah Hal yang Janggal : Contoh & Ulasan

Kalimat Sumbang Adalah

Kalimat Sumbang Adalah – Sering kali kita menjumpai kalimat tidak sesuai dengan topik permasahan. Hal tersebut menjadikan pembaca merasa bingung atau tidak berminat untuk melanjutkan membaca. Maka dari itu kita harus mempelajari kalimat baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia.

Sebuah kalimat janggal, keliru, salah, dan bertolak belakang dari pembahasan dikatakan sebagai kalimat sumbang. Kalimat tersebut merupakan salah satu jenis kalimat yang ada di materi bahasa Indonesia. Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mempelajari kalimat tidak padu.

Sebelum terbitnya artikel ini, Kursiguru juga telah membahas fungsi bahasa Indonesia. Sekilas artikel tersebut membahas mengenai asal-usul, kedudukan, dan fungsi bahasa Indonesia. Bagi kalimat yang belum membaca bisa membuka artikel tersebut untuk dijadikan sebagai referensi.

Di bawah ini, kita akan membahas mengenai kalimat sumbang. Pembahasan meliputi dari pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat tidak padu. Tidak hanya itu, di akhir artikel ini juga akan disediakan buku rekomendasi untuk mempelajari kalimat dalam bahasa Indonesia. Mari kita bahas satu per satu tentang kalimat tidak padu.

Pengertian Kalimat Sumbang

Perlu dipahami, bahwa kalimat sumbang adalah termasuk jenis kalimat dalam bahasa Indonesia yang memiliki sifat tidak sesuai dengan topik permasalahan yang dibahas. Kalimat sumbang sering juga dikatakan sebagai kalimat tidak padu. Adanya kalimat tidak padu sendiri karena unsur kesengajaan seorang penulis.

Ciri-ciri Kalimat Sumbang

Menemukan kalimat tidak sesuai dengan topik pembicaraan amatlah tidak sulit. Kalian harus membaca tulisan hingga selesai. Selain itu kita juga harus mengetahui ciri-ciri dari kalimat sumbang. Berikut ciri-ciri dari kalimat tidak padu.

tisu murah

Keluar dari Topik Pembicaraan/Permasalahan

Topik pembicaraan menjadi sesuatu hal penting dalam sebuah tulisan. Banyak sekali topik pembicaraan bisa diangkat dalam tulisan anda. Adanya topik menarik agar tulisan kita bisa diminati oleh pembaca. Namun, untuk menyelaraskan sebuah topik pembicaraan atau permasalahan tentunya tidak mudah. Perlu konsentrasi tinggi dalam menulis kalimat demi kalimat.

Baca  65 Contoh Kalimat Simpleks : Pengertian dan Ciri-cirinya

Tidak ada Hubungan Antara Kalimat Sesudahnya/sebelumnya

Kalimat merupakan susunan dari beberapa kata-kata yang disusun secara teratur. Kalimat menjadi satuan pembentuk dalam sebuah paragraf disusun secara sistematis dan logis. Setiap kalimat harus memiliki satu kesatuan yang mendukung setiap permasalahan atau pembicaraan yang akan diangkat.

Kumpulan Contoh Kalimat-kalimat Sumbang

Contoh Kalimat Sumbang 1

(1) Pagi ini, semua siswa akan mengadakan ujian eskalasi kelas. (2) Ryan sudah belajar dengan giat sampai suntuk malam untuk dapat mengikuti ujian, pagi ini. (3) Dia pun sudah mempersiapkan seluruh perlengkapan ujian. (4) Dalam kesehariannya Ryan memiliki hobby bermain bola.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 4.

Contoh Kalimat Sumbang 2

(1) Puput adalah buah hati satu-satunya keluarga Pak Andi. (2) Dia amat disayang dan dimanja oleh Ayahnya sampai-sampai membuatnya menjadi anak pemalas. (3) Puput terlambat berangkat ke sekolah, pagi ini. (4) Ayahnya sekarang menginginkan Puput menjadi anak yang mandiri.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 3.

Contoh Kalimat Sumbang 3

(1) Motor Ayah mogok pagi ini, sehingga Ayah harus berangkat ke kantor dengan temannya. (2) Ibu mengantar Ryan ke sekolah. (3) Karena terburu-buru, dompet Ayah ketinggalan.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 2.

Contoh Kalimat Sumbang 4

(1) Dini paling gemar memasak. (2) Walaupun ia masih berumur 10 tahun, namun ia paling jago dalam membuat kue. (3) Angel malas mengerjakan tugasnya. (4) Ia memang sudah melihat ibunya memasak di dapur.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 3.

Contoh Kalimat Sumbang 5

(1) Bulan telah muncul sejak sore tadi, namun Ryan belum pulang juga. (2) Sop buatan Ibu sepertinya tidak kurang garam. (3) Padahal sore ini dia harus mengikuti les privat musik.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 2.

Contoh Kalimat Sumbang 6

(1) Celana yang diberikan oleh Ibu paling pas. (2) Ayu paling suka dengan celana pemberian itu. (3) Ibu pergi ke pasar dengan kakak. (4) Aku sering menggunakan celana itu untuk pergi bermain dengan teman-teman.

Baca  50 Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 1 : Jawaban

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 3.

Contoh Kalimat Sumbang 7

(1) Libur semester sebentar lagi. (2) Ryan bakal mudik ke rumah nenek. (3) Perjalanan bus ditunda sampai jam 9 malah nanti. (4) Ia paling gembira mudik ke rumah nenek karena suasanya di pedesaan yang asri.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 3.

Contoh Kalimat Sumbang 8

(1) Ryan adalah anak yang pintar di sekolah. (2) Di SMP tempat bersekolah, ia berhasil menjadi siswa yang mendapat hasil ujian ANBK tertinggi. (3) Tidak hanya itu, nilainya pun menjadi yang tertinggi se-Indonesia. (4) Nilai Bahasa Indonesia dan Matematika sukses ia peroleh secara baik. (5) Ryan sangat suka bermain bola.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 5.

Contoh Kalimat Sumbang 9

(1) Hutan rindang menjadikan keasrian di desa Tanjung. (2) Pemandangan pesawahan menghiasi desa. (3) Ryan sering bermain bola di lapangan. (4) Masyarakat desa paling gembira akan hasil panen berlimpah.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 3.

Contoh Kalimat Sumbang 10

(1) kebugaran tubuh diperoleh dengan pola olahraga yang giat. (2) Olahraga yang sering akan membuat tubuh menjadi sehat. (3) Sebab olahraga merupakan kegiatan yang bisa memperlancar metabolisme di dalam tubuh. (4) Aini hari ini akan mengikuti pelajaran olahraga di sekolah. (5) Oleh karena itu, olahraga sangat dianjurkan untuk semua kalangan.

Kalimat tidak sesuai terdapat pada kalimat nomor 4.

Download Buku Tentang Kalimat-kalimat Sumbang

Tentu kalian sudah paham tentang kalimat-kalimat sumbang. Sudah dipaparkan semua sekaligus dengan pembahasan kalimat. Agar lebih paham mengenai kalimat, Kursiguru telah menyediakan buku rekomendasi untuk mempelajari kalimat. File di bawah ini format PDF. Silakan bagi kalian yang ingin mempelajari kalimat bisa mendownloadnya.

Download Buku Tentang Kalimat

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang kalimat-kalimat sumbang yang bisa Kursiguru berika. Semoga dari adanya artikel ini bisa memberi manfaat dan pengetahun tentang kalimat dalam bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan selanjutnya mengenai lingkaran materi dalam bahasa Indonesia dari Kursiguru.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.