Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Kalimat Tidak Padu Adalah Tidak Ada Korelasi : Contoh & Ulasan

Kalimat Tidak Baku Adalah

Kalimat Tidak Baku Adalah – Ketika kamu mendapati sebuah kalimat yang tidak nyambung dengan kalimat lainnya dalam sebuah paragraf tentunya kamu merasa sungkan. Merasa tidak ingin melanjutkan membaca. Kalimat seperti itu dinamakan sebagai kalimat tidak padu.

Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian semua untuk ikut mempelajari kalimat tidak padu. Materi tersebut masuk dalam salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Sering kali kita temukan di banyak tulisan.

Sebelumnya, Kursiguru juga telah menulis artikel tentang kalimat sumbang. Tentunya artikel tersebut sama pentingnya dengan artikel kita ini. Nah, bagi kamu yang sedang mempelajari materi tentang kalimat, artikel tersebut sangatlah pas untuk menjadi bahan referensi.

Pada artikel ini akan dibahas mulai dari definisi, ciri-ciri, dan contoh kalimat tidak padu. Tidak hanya itu, Kursiguru guru akan membagikan sebuah buku rekomendasi tentang kalimat. Tanpa lama-lama, mari kita bahas satu per satu materi kita hari ini.

Pengertian Kalimat Tidak Baku

Unsur pembentuk dalam sebuah kalimat terdiri dari kata, frasa, dan klausa. Dari ketiga unsur tersebut tentunya harus disusun secara baik. Hal itu agar kalimat dapat memberikan informasi yang diinginkan oleh pembaca. Apabila disusun secara tidak baik, maka akan menimbulkan ketidakpaduan antar kalimat. Itulah yang dinamakan sebagai kalimat tidak padu.

Sering kali kita menemukan banyak kalimat tidak padu. Hal itu dikarenakan adanya unsur kesengajaan dari penulis. Tidak jarang penulis memasukan kata, frasa, atau klausa tidak padu pada kalimat.

tisu murah
Baca  61 Contoh Kalimat Tidak Baku : Pengertian, Ciri, dan Contoh

Ciri-ciri Kalimat Tidak Baku

Adapun dalam kalimat tidak padu memiliki ciri-ciri. Melalui ciri-ciri ini kita bisa mengetahui adanya kalimat tidak padu dalam sebuah paragraf. Berikut ciri-cirinya yang telah dirangkum oleh Kursiguru.

Tidak Ada Hubungan dengan Kalimat Lainnya

Menyusun setiap kalimat dalam sebuah paragraf tentunya tidak mudah. Hal itu dikarenakan antar kalimat harus saling bersinambungan. Instilahnya harus nyambung. Ketika kalimat satu dengan kalimat lainya saling nyambung maka pembaca akan berminat membaca tulisan kita.

Bertentangan dengan Ide Pokok

Dalam menyusun kalimat tentunya harus berlandaskan dengan ide pokok. Ide pokok dalam sebuah tulisan sangatlah penting. Diibaratkan sebagai jantung di sebuah tulisan. Apabila kalimat bertentangan dengan ide pokok, maka tulisan akan tidak hidup.

Keluar Dari Gagasan Utama

Selain ide pokok, gagasan utama juga sangat penting dalam sebuah teks atau paragraf. Hal ini harus tersusunnya kalimat-kalimat yang sesuai. Gagasan utama sendiri adalah sebuah pernyataan yang menjadi poin penting sebuah paragraf.

Kumpulan Contoh Kalimat Tidak Padu

Contoh Kalimat Tidak Padu 1

(1) Bulan ini, Andi mulai masuk sekolah baru. (2) Andi kini bersekolah di salah satu sekolah favorit di Purwokerto. (3) Purwokerto adalah salah satu kota pariwisata di wilayah Jawa Tengah.  (4) Andi mendapati di kelas 10 A.  (5) Dia masuk ke sekolah favorit menggunakan jalur prestasi.

Kalimat yang tidak ada hubungan antara kalimat lainnya adalah nomor 3.

Contoh Kalimat Tidak Padu 2

(1) Ahmad Tohari merupakan seorang penulis novel terbaik Indonesia. (2) Penulis kelahiran Banyumas ini telah menulis novel sejak masih sekolah. (3) Buku novel terbaiknya berjudul Ronggeng Dukuh Paruk. (4) Gaya Bahasa novel karya Tohari begitu disukai masyarakat karena menggambarkan kisah di pedesaan. (5) Paragraf adalah susunan kalimat-kalimat.

Baca  5 Materi PJOK Kelas 10 Semester 2 K13 Revisi & Download PDF 2022

Kalimat yang tidak ada hubungan antara kalimat lainnya adalah nomor 5.

Contoh Kalimat Tidak Padu 3

(1) Lagu-lagu Denny Caknan sangat disukai oleh masyarakat. (2) Liriknya yang menggunakan Bahasa daerah menjadi alas an utama. (3) Saat ini, Denny Caknan memiliki studio musik pribadi. (4) Selain itu, gamelan adalah alat musik daerah.

Kalimat yang tidak ada hubungan antara kalimat lainnya adalah nomor 4.

Contoh 4

(1) Sudah 3 tahun ayah bekerja di perusahaan. (2) Semua pengalaman telah Ia peroleh dengan kerja keras. (3) Bekerja di luar provinsi hingga jauh dari keluarga sudah dialami. (4) Sayangnya, Ayah harus berhenti bekerja karena harus mengurus Ibunya. (5) Ayah memiliki mobil mersi.

Kalimat yang tidak ada hubungan antara kalimat lainnya adalah nomor 5.

Contoh 5

(1) Tidak ada yang mengira, Andi bisa menulis sebuah novel. (2) Puisi adalah salah satu jenis dari karya sastra. (3) Padahal, sejak sekolah ia tidak terlihat menyukai buku khusunya novel. (4) Setelah menulis novel, ternyata Andi diam-diam sudah menulis di buku catatannya.

Kalimat yang tidak ada hubungan antara kalimat lainnya adalah nomor 2.

Download Buku Tentang Kalimat Tidak Padu

Dari banyaknya ulasan di atas mengenai kalimat tidak padu, tentunya kamu sudah paham pembahasan materi tersebut. Untuk meningkatkan pemahaman mengenai materi tersebut, Kursiguru akan memberikan sebuah buku rekomendasi tentang kalimat. Bentuk buku ini memiliki format file PDF. Silakan bagi kamu yang membutuhkan buku ini bisa mendownload secara mudah.

Download Buku Tentang Kalimat 1

Download Buku Tentang Kalimat 2

Akhir Kata

Demikian pembahasan materi tentang kalimat tidak padu bersama Kursiguru. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan bahasa Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menyusun kalimat dan paragraf dengan baik dan benar.

Sumber Gambar : Kumparan.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.