Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Contoh Paragraf Pembuka : Penghubung dan Penutup

Contoh Paragraf Pembuka

Contoh Paragraf Pembuka – Membahas kembali materi dalam ilmu tata bahasa Indonesia. Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mempelajari contoh paragraf pembuka. Tema artikel ini pastinya penting dibahas, karena salah satu memulai menulis sebuah tulisan diawali dengan paragraf pembuka.

Materi contoh paragraf pembuka ini bisa kamu gunakan sebagai referensi di jenjang pendidikan manapun. Materi ini tentunya telah dirangkum oleh penulis dari berbagai referensi seperti buku, jurnal, internet, dan lain-lain. Jadi, artikel ini sudah pasti sangat berguna untuk dipelajari.

Secara umum, materi contoh kalimat paragraf pembuka merupakan materi yang dipelajari di semua materi bahasa Indonesia. Karena, di setiap materi terdapat keterampilan berbahasa Indonesia yaitu menulis. Baik itu menulis teks berita, teks eksplanasi, teks anekdot, teks laporan, atau lain sebagainya.

Melalui artikel ini, diharapkan bisa melatih kamu dalam membuat sebuah paragraf pembuka. Lalu apa pengertian, fungsi, dan contoh sebuah paragraf pembuka. Silakan simak pembahasan artikel ini sampai selesai.

Pengertian Paragraf Pembuka

Pembahasan pertama yaitu kita harus memahami lebih dulu apa itu paragraf pembuka. Menurut Ramlan (2010: 23), paragraf pembuka merupakan sekelompok kalimat yang berada di awal sebuah tulisan atau karangan. Baik itu dalam buku, jurnal, skripsi, tesis, atau disertasi. Paragraf pembuka diharapkan bisa ditulis secara sistematis dan logis terkait permasalahan yang akan diangkat. Biasanya, di dalam paragraf pembuka terdapat gagasan pokok dari keseluruhan tulisan.

Fungsi Paragraf Pembuka

Setelah kita mengetahui pengertian paragraf pembuka, kita beralih membahas fungsi dari penulisan paragraf. Tentunya dalam penulisan setiap paragraf, baik itu pembuka, isi, dan penutup memiliki fungsi. Fungsi penulisan paragraf sendiri ada tiga. Berikut ulasan dari masing-masing fungsi.

tisu murah

Membuka Pokok Pembahasan Karangan

Fungsi pertama yang perlu kita ketahui adalah sebagai pembuku dari pokok bahasan sebuah karangan. Melalui paragraf pembuka, penulis diupayakan bisa menyampaikan pokok bahasan yang akan dikemukakan dalam sebuah karangan.

Menarik Perhatian dan Minat Pembaca

Selain diupayakan menyampaikan pokok bahasan, penulis juga harus bisa menyusun kalimat per kalimat dengan baik. Sehingga pembaca bisa lebih memerhatikan dan berminat membaca karangan sampai akhir. Perlunya banyak pengetahuan fungsi kedua ini.

Baca  50 Contoh Soal PTS Matematika Kelas 4 Semester 1 : Jawaban

Menyampaikan Gambaran Isi Karangan

Fungsi terakhir yaitu menyampaikan gambaran isi karangan. Maksud dari fungsi tersebut adalah penulis harus bisa memberikan gambar isi karangan dengan sedemikian rupa. Apabila pembaca mengetahui gambaran isi karang, pembaca akan bisa memilih karangan tersebut penting untuk dibaca atau tidak.

Kumpulan Contoh Paragraf Pembuka

Selanjutnya kita mencoba membuat contoh paragraf. Setidaknya Kursiguru akan memberikan contoh paragraf, setelah itu kalian mencoba menulis sendiri di kertas sebagai latihan menulis. Beberapa bentuk karangan akan menjadi contoh dari paragraf pembuka.

Contoh Tentang Pendidikan

Di tengah pandemi, kegiatan belajar mengajar tentu memiliki kendala tersendiri. Kendala antara pendidikan selama pandemi di desa dan kota tentu berbeda. Narasi yang selalu hadir di sekitar kegiatan belajar di kota selama pandemi corona adalah perihal kuota. Hal itu, tidak berlaku bagi kegiatan belajar mengajar selama pandemi di pelosok terpencil negeri. Pasalnya, kondisi di sebuah desa yang terpencil tidak memungkinkan untuk belajar secara online atau daring. Ketidakadaan sinyal internet dan masih minimnya kepemilikan gawai membuat pembelajaran secara daring tidak mungkin terlaksana.

Contoh Tentang Kesehatan

Sejak tahun 2019 hingga saat ini, dunia telah diguncang oleh wabah Coronavirus 2019 (Covid-19). Menurut World Health Organitazation (WHO), sampai saat ini terkonfirmasi 200 Negara di Dunia terpapar wabah Covid-19, termasuk Indonesia. Menurut P. Ayu Suci & Gunawan (2020), hampir seluruh aspek kehidupan terkena dampak dari wabah ini, tidak terkecuali di sektor pendidikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah meracik segala kebijakan agar pembelajaran tetap dilaksanakan di masa pandemi.

Contoh Tentang Lingkungan

Lingkungan adalah sebuah tempat yang ditinggali oleh makhluk hidup. Lingkungan memiliki macam-macam bentuk seperti lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, lingkungan kesehatan, dan lain-lain.

Contoh Tentang Covid-19

Pandemi virus corona masih menjadi momok di seluruh belahan, tanpa kecuali Indonesia. Menyitir pernyataan Presiden Joko Widodo di akun instagramnya, pandemi virus corona di Indonesia sudah berjalan selama kurang lebih satu tahun. Pandemi ini berdampak pada kegiatan masyarakat yang sudah terencana, berakhir menjadi wacana.

Contoh dalam Esai

Belakangan ini ramai diperbincangkan sebuah era baru yaitu era disrupsi. Disrupsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dimaknai sebagai sebuah hal yang tercabut dari akarnya. Jika dikaitkan dengan kehidupan bermasyarakat, disrupsi dapat dipahami sebagai perubahan yang fundamental atau mendasar.

Contoh dalam Skripsi

Era globalisasi dibagi menjadi tiga tahapan yaitu globalisasi 1.0, globalisasi 2.0, dan globalisasi 3.0. Pada saat ini kita memasuki era globalisasi 3.0. Di mana kehidupan masyarakat sekarang dikelilingi oleh tekhnologi digital. Semua masyarakat saling terhubung dengan adanya internet, apalagi munculnya email dan sosial media yang menjadi daya tarik masyarakat.

Contoh dalam Tesis

Isu diskriminasi terhadap perempuan sampai sekarang masih ada. Salah satu perbuatan diskriminasi terhadap perempuan yaitu ketidakadilan gender. Salah satu bukti nyata dari adanya diskriminasi perempuan yang bermuara pada ketidakadilan gender tercermin dalam UU di Indonesia tentang perkawinan. Kholis, dkk (2017: 210) beranggapan bahwa pasal 4 UU No.

Contoh dalam Jurnal

Pada aktivas masyarakat, perempuan terkadang dianggap sebagai tokoh berpengaruh dan kadang dianggap nomor satu dibanding laki-laki. Keberadaan perempuan dianggap sebagai tokoh penting, di saat ia mampu berperan pada pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh laki-laki. Namun dalam kebanyakan hal, perempuan sering diposisikan sebagai tokoh di balik tokoh laki-laki jika ia hanya melakukan pekerjaan seperti mengurus rumah tangga, memasak, dan mengurus anak.

Contoh dalam Karangan Buku

Membaca kumpulan cerpen Perempuan Patah Hati yang Kembali Menemukan Cinta Melalui Mimpi Karya Eka Kurniawan, saya kira kumpulan cerpen ini mengangkat tema dengan mengalirnya perkembangan jaman saat ini. Karena dari seluruh kumpulan cerpen tersebut yang saya baca menganut aliran romantisme atau cerpen yang mengutamakan perasaan, pikiran, dan tindakan spontanitas.

Contoh dalam Novel

Ia berjalan menyusuri jalanan kota. Mengetuk pintu demi pintu toko-toko yang berderet sepanjang kota P. Sungguh berharap menemukan lelaki yang pernah meninggalkannya, untuk memetik merah mawar dari bibir lelaki itu.

Download Rekomendasi Buku Contoh Paragraf Pembuka

Sudah paham dan bisa menulis paragraf pembuka yaa. Di bawah ini, kamu sudah menyediakan buku materi mengenai materi paragraf pembuka. Tentunya lebih lengkap dari artikel ini. Silakan download file PDF di bawah ini secara gratis.

Baca  72 Contoh Kritik dan Saran dalam Bahasa Indonesia

Download Buku Materi Tentang Paragraf

Akhir Kata

Sekiranya itu pembahasan kita kali ini tentang contoh paragraf pembuka disertai buku materi unduhannya. Semoga adanya artikel ini, karangan-karangan tulisanmu menjadi lebih baik untuk dibaca oleh pembaca. Nantikan pembahasan lainnya dari Kursiguru.

Sumber Gambar : Qubisa.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.