Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Fungsi Bahasa Indonesia : Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi

Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi Bahasa Indonesia – Setiap negara tentunya memiliki bahasa persatuan. Demikian juga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Salah satu fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi antar suku masyarakat di Indonesia. Karena kita ketahui Indonesia memiliki banyak pulau, suku, budaya, dan berbagai bahasa daerah.

Setiap rakyat Indonesia harus bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hal itu untuk memudahkan komunikasi antar suku yang berbeda. Selain harus bisa menggunakan, masyarakat pun harus paham fungsi dari bahasa Indonesia itu sendiri.

Fungsi bahasa Indonesia dipandang dari dua kedudukan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Kedudukan bahasa nasional memiliki fungsi sebagai identitas nasional, lambang kebanggaan, alat komunikasi antar masyarakat, dan antar budaya. Sedangkan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara memiliki peran sebagai bahasa resmi pemerintahaan, bahasa pengantar, alat komunikasi tingkat nasional, dan alat mengembangkan budaya, pengetahuan, serta teknologi.

Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kamu membahas fungsi dari bahasa kita sendiri. Agar kita bisa mendalami bahasa kita sendiri dan bisa membangkitkan jiwa nasionalisme. Berikut pembahasan mengenai fungsi bahasa Indonesia secara lengkap.

Sejarah Bahasa Indonesia

Sebelum kita membahas peran dari bahasa Indonesia, kita lebih dulu mengetahui asal-usul bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sendiri berasal dari bahasa melayu. Mengapa bahasa Melayu? Ya, karena bahasa Melayu pada saat itu sudah sering digunakan sebagai bahasa perantara atau disebut lingua franca di daerah Asia Tenggara. Selain itu, mayoritas suku di Indonesia sepakat memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Baca  7 Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 : Semester 1 & 2 PDF

Secara sah, bahasa Indonesia lahir dari peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Lahirnya bahasa Indonesia juga adanya perjuangan dari kaum nasionalis yang berjuang demi mencapai negara yang berdaulat dan merdeka.

tisu murah

Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf pertama, bahasa Indonesia memiliki dua kedudukan yaitu sebagai bahasa nasional dan bahasa kenegaraan. Adapun penjelasan dari kedua kedudukan bahasa Indonesia, di bawah ini.

Bahasa Nasional

Kedudukan bahasa Indonesia yang pertama adalah sebagai bahasa nasional. Maksud dari bahasa nasional adalah pencerminan dari nilai-nilai sosio kultural budaya di Indonesia. Karena sebagai nasional, kita pun harus merawat bahasa Indonesia agar tetap menjadi identitas bangsa.

Bahasa Negara

Kedudukan kedua adalah sebagai bahasa negara. Artinya bahwa bahasa Indonesia harus digunakan di berbagai aktivitas masyarakat Indonesia. Apapun aktivitas itu seperti upacara bendera di sekolah, berkomunikasi di sekolah, penyusunan tugas akhir, dan lain sebagainya.

Fungsi Bahasa Indonesia

Dari dua kedudukan di atas, terdapat beberapa fungsi bahasa Indonesia. Kursiguru telah merangkum dari berbagai referensi, bahwa bahasa Indonesia memiliki 8 fungsi. Berikut ulasan dari semua peran bahasa Indonesia.

Lambang Kebanggaan Negara

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki bahasa nasional. Selain memiliki bahasa nasional, Indonesia juga memiliki ratusan bahasa daerah. Itulah yang menjadi lambang kebanggaan negara Indonesia, dan dari itulah kita harus memiliki rasa bangga sebagai masyarakat Indonesia.

Lambang Identitas Negara

Selain menjadi lambang kebanggaan negara, bahasa Indonesia juga sebagai lambang identitas negara. Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari identitas sebuah negara ini. Kita sebagai rakyat harus percaya diri menggunakan bahasa Indonesia tanpa campuran dari bahasa asing.

Alat Komunikasi Antar Masyarakat

Salah satu peran utama dari bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi manusia. Hal tersebut diambil dari pengertian bahasa adalah sistem komunikasi yang diungkapkan secara lisan maupun tertulis.

Baca  Materi UTBK Soshum 2022 : TPS & TKA Download PDF

Alat Perhubungan Antar Daerah

Indonesia merupakan bangsa yang memiliki ribuan pulau. Di setiap pulaunya memiliki ratusan bahasa daerah. Dari hal itu, bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai alat perhubungan antardaerah untuk memudahkan berkomunikasi.

Alat Pengembang Budaya, Pengetahun, dan Teknologi

Peran bahasa Indonesia selanjutnya adalah sebagai pengembang kebudayaan, pengetahuan, dan teknologi yang ada di Indonesia. Melalui bahasa, masyarakat diharapkan bisa membina seluruh lingkup kehidupan yang sedang berlangsung di Indonesia.

Bahasa Resmi Pemerintahan

Maksud dari peran bahasa Indonesia sebagai bahasa pemerintahan adalah pejabat-pejabat di Indonesia diharapkan mengutamakan bahasa Indonesia di agenda-agenda resmi pemerintah. Seperti halnya agenda rapat, pembahasan undang-undang, melayani rakyat, dan lain sebagainya.

Bahasa dalam Pendidikan

Pendidikan adalah satu tempat terbaik dalam mengembangkan bahasa Indonesia ke masyarakat. Mulai dari sekolah dasar hingga di perguruan tinggi, bahasa Indonesia harus disalurkan dengan baik ke generasi bangsa Indonesia.

Alat Komunikasi Tingkat Nasional

Peran terakhir yaitu bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi tingkat nasional. Maksud dari peras tersebut adalah bahasa Indonesia bisa digunakan sebagai kepentingan pembangunan dan segala bentuk kerjasama tingkat nasional.

Download Buku Rekomendasi Bahasa Indonesia

Nah, sudah tahu ya tentang asal usul, kedudukan, dan peran dari bahasa Indonesia. Di paragraf ini, Kursiguru akan membagikan buku rekomendasi buku untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih dalam. Bentuk file di bawah ini adalah PDF. Tanpa panjang lebar, silakan download file di bawah ini dengan mudah.

Download Buku Rekomendasi Bahasa Indonesia 1

Download Buku Rekomendasi Bahasa Indonesia 2

Akhir Kata

Itulah ulasan pembahasan mengenai fungsi bahasa Indonesia dari Kursiguru. Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita harus bangga memiliki bahasa persatuan. Dengan bangga memiliki maka akan tercipta wujud cinta kita pada negara Indonesia. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita tentang bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan lainnya dari Kursiguru.

Sumber Gambar : Kompas.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.