Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

11 Contoh Kata Pengantar Makalah Berbabagai Tema PDF

Contoh Kata Pengantar Makalah

Contoh Kata Pengantar Makalah – Tidak bosan-bosannya penulis mengajak kamu untuk mempelajari materi bahasa Indonesia. Di kesempatan ini, Kursiguru akan memberikan materi tentang contoh kata pengantar makalah. Tentunya materi ini penting untuk dipelajari, mengingat mahasiswa selalu diberi tugas menulis makalah.

Makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah. Tulisan ilmiah ini biasanya ditulis oleh para akademis, salah satunya mahasiswa. Penulisan makalah ditujukan sebagai sumber referensi untuk belajar bagi para pembaca. Baik itu teori maupun penelitian.

Sebelumnya, Kursiguru sudah membahas mengenai kalimat pernyataan. Di mana kalimat pernyataan juga ditulis dalam makalah. Selain dari kata pengantar dalam makalah. Bagi kamu ingin mempelajari kalimat pernyataan bisa membuka artikel tersebut.

Pembahasan artikel ini kita tidak hanya mengenai contoh kata pengantar, namun juga mempelajari apa itu kata pengantar dan makalah serta ciri-ciri dari kata pengantar itu sendiri. Selain itu, di akhir artikel ini juga akan membagikan buku rekomendasi tentang kata. Baca artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan salah satu bagian dari karya tulis ilmiah salah satunya makalah. Pada umumnya bagian tersebut merupakan bagian awal untuk membuka sebuah karya tulis. Seperti halnya berisi ulasan singkat tentang karya tulis, ucapan syukur, dan ucapan terima kasih kepada beberapa pihak.

Baca  20 Contoh Makna Struktural : Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Fungsi dari adanya kata pengantar adalah memberikan gambaran tentang isi karya tulis. Hal itu dilakukan untuk menarik minat pembaca agar mau membaca karya tulis sampai selesai.

tisu murah

Ciri-ciri Kata Pengantar

Adapun dari penulisan kata pengantar dalam makalah terdapat ciri-ciri. Beberapa ciri ini digunakan untuk mengetahui struktur dari kata pengantar. Berikut beberapa ciri dalam sebuah kata pengantar makalah.

Berisi Ucapan Rasa Syukur

Ciri pertama dari kata pengantar terdapat ucapan rasa syukur penulis makalah. Bagian pertama ini ditulis untuk membuka sebuah tulisan. Rasa syukur ini diungkapkan oleh penulis kepada tuhan yang telah memberikan kelancaran dalam penyusunan makalah.

Berisi Gambaran Singkat Makalah

Ciri kedua adalah berisi gambaran singkat makalah. Bagian ini berisi penulisan judul makalah dan ringkasan singkat dari makalah. Seperti tujuan atau manfaat dari penyusunan makalah.

Berisi Ucapan Terima kasih

Ciri ketiga adalah terdapat ucapan terima kasih. Bagian ini berisi sebuah ungkapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah. Seperti hal dosen pembimbing, dosen, kaprodi, dekan, rektor, hingga kedua orangtua.

Hanya Memuat Seratus Kata

Selain ketiga ciri di atas, kata pengantar juga harus ditulis seratus sampai seratus lima putuh kata. Tidak boleh dari itu. Hal itu dilakukan agar dalam kata pengantar tidak bertele-tele. Hanya memuat satu lembar kertas saja.

Cara Menyusun Kata Pengantar

Nah, setelah mengetahui pengertian dan ciri-ciri kata pengantar, selanjutnya kita membahas cara-cara menyusun kata pengantar. Hal ini perlu diperhatikan agar kamu bisa betul menyusun sebuah karya tulis dengan baik dan benar. Berikut cara-cara menyusun kata pengantar.

Membuka dengan Salam

Cara pertama yaitu membuka dengan salam, salam ini berupa ucapan rasa syukur kepada sang pencipta. Seperti contoh berikut, Puji syukur penulis haturkan kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah mmeberikan kelancaran dalam penyusunan makalah ini.

Menulis Gambaran Singkat Karya Tulis

Cara kedua yaitu tulis gambaran singkat karya tulis. Cara ini tentunya memerlukan pemahaman betul atas penulisan makalah. Maka dari itu, kamu harus membaca dan memahami isi dari makalah. Penulisan gambaran singkat dibuka dengan penulisan judul.

Baca  4 Ragam Bahasa Indonesia : Definisi, Macam-macam, & Contoh

Menutup dengan Ucapan Terima Kasih

Cara terakhir yaitu dengan menutup kata pengantar dengan ucapan terima kasih. Ucapan terima kasih ini memerlukan ketahuan kamu tentang nama para jajaran di kampus. Cara ini ditulis agar memberikan apresiasi kepada pihak kampus.

Kumpulan Contoh Kata Pengantar Makalah

Selanjutnyam Kursiguru akan memberikan beberapa contoh kata pengantar dari sebuah karya tulis ilmiah makalah. Contoh-contoh di bawah ini telah ditulis sesuai dengan aturan dalam bahasa Indonesia. Simak contoh berikut dengan seksama.

Contoh Kata Pengantar 1

contoh kata pengantar 1

Contoh Kata Pengantar 2

contoh kata pengantar 2

Contoh Kata Pengantar 3

contoh kata pengantar 3

Contoh Kata Pengantar 4

contoh kata pengantar 4

Contoh Kata Pengantar 5

contoh kata pengantar 5

Download Buku Panduan Penulisan Kata Pengantar

Setelah memahami keseluruhan tentang kata pengantar dalam makalah di atas, selanjutnya Kursiguru akan membagikan sebuah buku panduan penulisan karya tulis ilmiah yang salah satunya berisi tentang penulisan kata pengantar. Buku ini berbentuk PDF. Jadi kamu bisa menyimpan file ini sebagai pegangan referensi.

Download Buku Panduan Penulisan Kata Pengantar

Akhir Kata

Kurang lebih dari pembahasan di atas mengenai kata pengantar dalam makalah, kita sudah memahami dan bisa menyusun kata pengantar dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat memberikan sumbangsih pengetahuan untuk kamu. Nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Suara.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.