Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 15 Contoh Soal Tekanan Zat Padat : Rumus & Cara Mengerjakan [2021]

Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Contoh Soal Tekanan Zat Padat sebagai materi fisika kelas 8 SMP akan kursiguru uraikan di artikel kali ini. Dimana prinsip dasar tekanan zat padat berfokus pada gaya (force) serta luasan permukaan (area) yang diberi tekanan.

Jika kamu sudah pernah mencoba duduk di kursi paku seperti pada gambar di atas, pastinya kamu merasakan keanehan. Dimana secara logika, jika menduduki kursi berpaku maka paku tersebut akan menusuk ke tubuh, tapi kenyataannya tidak.

Seperti halnya materi pelajaran fisika mengenai gerak yang mempunyai contoh kejadian nyara, prinsip tekanan zat padat juga punya contoh, salah satunya yaitu kursi berpaku. Agar kamu memahami sepenuhnya mengenai prinsip hingga cara menyelelesaikan contoh soal tekanan zat padat, simaklah terus artikel kursiguru ini hingga selesai.

Prinsip Dasar Tekanan Zat Padat

Seringkali guru di SMP memberikan contoh peristiwa tekanan zat padat menggunakan sebatang korek api serta spidol yang ditekan menggunakan jari. Ketika korek/spidol tersebut ditekan, maka jari akan merasakan reaksi tekanan balik. Jika diamati secara seksama, maka akan terasa bahwa jari merasakan tekanan lebih besar saat melakukan tekanan ke korek.

Hal itu terjadi karena prinsip dasar tekanan zat padat adalah:

  • Tekanan ke benda dan tekanan balik ke besarnya adalah sama.
  • Makin kecil luas permukaan, makin besar tekanan zat padat.
  • Makin besar luas permukaan, makin kecil tekanan zat padat.
Baca  11 Contoh Soal Relasi dan Fungsi Matematika Kelas 8 & Jawaban PDF

Rumus Tekanan Zat Padat

Teori fisika mengenai tekanan zat padat secara garis besar menyatakan bahwa besarnya tekanan sebuah benda padat nilainya merupakan perbandingan tekanan terhadap luas area benda. Dimana teori tekanan zat padat tersebut dapat dituliskan dalam bentuk persamaan matematika sehingga menjadi rumus seperti berikut:

Rumus Tekanan Zat Padat

Contoh Penerapan Tekanan Zat Padat

Benda Bidang Miring

Tekanan zat padat di benda bidang miring seperti pisau, paku, kapak serta anak panah sangatlah mudah diamati, karena permukaan bagian bidang miring barang-barang tersebut sangatlah kecil sehingga tekanan zat padannya sangatlah besar.

Jika ingin membuktikannya, cobalah untuk memotong buah menggunakan punggung pisau (bagian tak tajam). Kemudian bandingkan dengan saat memotong dengan bagian miringnya, pasti akan terasa perbedaan mencolok.

Selaput Kaki Unggas

Pada hewan unggas jenis bebek, angsa, dan lainnya, memiliki selaput diantara jari kakinya. Dimana dengan adanya selaput pada bagian kaki unggas tersebut (memperbesar area permukaan) akan memperkecil tekanan zat padatnya, sehingga ketika berjalan di area berlumpur tidak akan terpelosok masuk.

Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Soal Cerita Tekanan Zat Padat (1)

Suatu hari Sanji sedang menguji kemampuan tendangannya. Sanji melakukan tendangan ke sebuah box kosong dengan gaya sebesar 200 Newton. Jika luas telapak kaki besarnya adalah 100 cm², hitung tekanan yang diberikan Sanji terhadap box tersebut.

Jawaban Soal Cerita Tekanan Zat Padat 1

Soal Cerita Tekanan Zat Padat (2)

Karena membutuhkan kayu untuk memperbaiki rumahnya, Franky membeli puluhan potongan kayu. Potongan kayu tersebut disusun di atas tanah sehingga berbentuk balok dengan ukuran panjang 5 m, lebar 2 m,  tinggi 1 m serta berat totalnya 200 kg. Hitunglah tekanan zat padat dari susunan kayu milik Franky!

Jawaban Soal Cerita Tekanan Zat Padat 2

Download Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Karena penulis mengerti bahwa contoh soal di atas belum cukup untuk mempelajari ilmu tekanan kali ini, maka penulis akan memberikan kumpulan contoh soal lain agar kamu bisa mencoba mengerjakan secara mandiri. Silakan langsung download file berisi soal tekanan zat padat melalui link berikut ini.

Baca  √ 20 Contoh Soal Gerak Parabola & Pembahasannya [Download] 2021

Download Gratis Contoh Soal Tekanan Zat Padat

Itulah uraian lengkap dari kursiguru seputar contoh soal tekanan zat padat yang merupakan bagian dari materi pelajaran fisika kelas 8 SMP. Semoga bisa membantumu memahami prinsip dasar dan cara mengerjakan soalnya, sehingga mampu memudahkanmu ketika menghadapi tes/ujian di sekolah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *