Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 20 Contoh Soal Gerak Parabola & Pembahasannya [Download] 2021

Contoh Soal Gerak Parabola

Contoh Soal Gerak Parabola merupakan gambaran soal yang akan kamu temui ketika mempelajari materi pelajaran fisika di kelas 10. Dimana gerak parabola mempunyai sebutan lain yaitu gerak peluru (projectile motion). Dinamakan demikian karena pada kejadian di dunia nyata memang gerakannya sama seperti sebuah proyektil peluru yang ditembakkan.

Jika sudah mulai mempelajari soal gerak di mapel fisika SMA, pastinya kamu juga telah mempelajari jenis gerak lain seperti gerak lurus beraturan (GLB) serta gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Nah untuk projectile motion atau gerak parabola sendiri merupakan gabungan/kombinasi dari kedua gerak tersebut.

Di mapel fisika sendiri, gerak parabola digambarkan dalam grafik dua dimensi (2D) dengan menggunakan dasar komponen diagram kartesian yaitu sisi horizontal (x), sisi vertikal (y), dan sudut elevasi (θ). Nah, karena ada komponen berupa sudut sudah bisa dipastikan bahwa soal gerak parabola berhubungan langsung dengan ilmu trigonometri (sin, cos, tan).

Mempelajari ilmu eksak seperti gerak parabola (parabolic motion) tidak mungkin bisa dilakukan tanpa bantuan contoh soal-soal. Karena itu di sini kursiguru akan memberikan materi gerak parabola beserta contoh soalnya. Tenang saja, pada contoh soal dari kursiguru di bawah juga ada pembahasannya.

Contoh Soal Gerak Parabola dan Pembahasannya

Seputar Gerak Parabola (Parabolic Motion)

Seperti penjelasan kursiguru di atas, gerak parabola mempunyai 2 (dua) komponen gerak, yaitu GLB dan GLBB. Konsep GLB pada gerak parabola diperhatikan karena gerak parabola mempunyai nilai kecepatan tertentu sehingga membuat sebuah benda bergerak di lintasan horizontal atau sumbu x (kartesian). Sedangkan untuk konsep GLBB di gerak parabola sendiri diperhatikan karena bendanya mengalami gerak pada sumbu y (kartesian) dengan arah naik dan juga turun.

Perhatikan baik-baik pada konsep sumbu vertikal gerak parabola, karena ada saatnya kondisinya naik serta kondisi turun. Apa sebabnya terjadi hal tersebut? Ya, gravitasi bumi adalah penyebab dari gerak vertikal parabola. Dimana ketika sebuah peluru ditembakkan maka awalnya akan melambat atau terkena perlambatan terus menerus hingga mencapai titik puncak. Setelah berada pada titik puncak barulah gravitasi memberikan efek percepatan hingga sampai di tanah.

Rumus Gerak Parabola

Berikut ini akan kursiguru tampilkan mengenai beberapa rumus dasar dari materi gerak parabola.

Rumus Dasar Gerak Parabola

Contoh & Pembahasan Soal Gerak Parabola

Umumnya ketika menghadapi contoh soal terkait dengan gravitasi, maka nilai (g) yang akan digunakan adalah 9,8m/s². Tapi tak jarang juga di dalam soal atau seorang guru memberikan arahan untuk menggunakan nilai (g) sebesar 10m/s²  ketika mengerjakan soal jenis gerak parabola ini. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja kamu simak contoh soal di bawah ini.

Seorang panglima angkatan laut bernama Borsalino menembakkan sebuah proyektil peluru dengan kondisi awalnya pada sudut 30° serta kecepatan awal 200m/s. Hitunglah jarak terjauh, titik tertinggi, serta posisi dan kecepatan pada saat tiga detik setelah Borsalino menembakannya.

Jawaban Gerak Parabola 1Jawaban Gerak Parabola 2

Download File Contoh Soal Gerak Parabola PDF

Setelah melihat contoh pengerjaan soal dari kursiguru di atas, ada baiknya kamu mencoba mengerjakan soal parabolic motion secara mandiri. Sebagai bahan belajar mandiri, langsung saja kamu unduh/download file soal gerak parabola di bawah ini. Dimana file pdf di bawah bisa langsung di download sama seperti file CONTOH SOAL ELASTISITAS. Perlu diketahui bahwa dalam penyusunan artikel ini, kursiguru mendapatkan materi dan contoh soal dari buku, internet serta pengetahuan pribadi penulis.

Download Contoh Soal Gerak Parabola PDF

Demikian pembahasan seputar contoh soal gerak parabola dari kursiguru, semoga memberimu ilmu yang berguna baik di sekolah serta di luar lingkup sekolah. Sebagai pengingat, jika kamu juga seorang guru, silakan saja jika ingin menggunakan file di atas sebagai materi bahan ajar di kelas fisikamu.

 

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.