Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Contoh Soal Gaya Lorentz Fisika Kelas 12 & Jawabannya

Contoh Soal Gaya Lorentz

Contoh Soal Gaya Lorentz – menjelaskan mengenai contoh persoalan terkait materi fisika yaitu gaya magnetik atau lebih dikenal sebagai gaya Lorentz. Dimana gaya Lorentz memiliki keterkaitan erat dengan arus listrik serta medan magnet.

Advertisements

Sudah diketahui oleh seluruh siswa SMA dan MA jurusan IPA bahwa di dalam mata pelajaran fisika terdapat banyak peristiwa tentang alam semesta yang perlu dipelajari agar memudahkan hidup manusia. Salah satu diantara berbagai kejadian itu terjadi pada medan magnet serta arus listrik.

Sejak pemahaman manusia seputar penggunaan energi listrik meningkat, banyak peristiwa unik baru ditemukan. Satu diantaranya adalah ketika sebuah medan magnet berdekatan dengan penghantar beraliran listrik sehingga timbul gaya magnetik pada kawat yakni gaya Lorentz.

Advertisements

Pada kesempatan ini, Kursiguru hendak memberikan bahasan mengenai contoh soal gaya Lorentz serta rangkuman materi dan jawaban setiap soalnya. Ulasan lengkap terkait soal gaya magnetik Lorentz bisa kamu simak langsung pada uraian berikut ini.

Gambaran Materi Gaya Lorentz

Seperti sudah disinggung di atas bahwa selain contoh soalnya, penulis akan menjelaskan tentang gambaran materi gaya Lorentz. Dimana telah dibahas sebelumnya pada Contoh Soal Medan Listrik bahwa adanya muatan listrik mampu menimbulkan medan magnet disekitar penghantar.

Baca  √ 7 Contoh Soal Hukum Pascal dan Pembahasannya PDF [2021]

Artinya ketika penghantar beraliran listrik berada disekitar medan magnet maka akan muncul gaya tarik menarik atau tolak menolak. Gaya yang muncul karena adanya arus listrik dalam penghantar dengan medan magnet disekitarnya itu disebut sebagai Gaya Lorentz (gaya magnetik).

Contoh Percobaan Gaya Lorentz

Untuk memudahkan penjelasan terkait gaya Lorentz, simaklah gambar percobaan gaya Lorentz pada kawat AB yang dialirkan arus dari A ke titik B berikut.

Contoh Percobaan Gaya Lorentz

Dari gambar di atas bisa diketahui bahwa saat arus listrik mengalir dari titik A ke B melewati medan magnet membuat kawat mengalami gaya dorong tolak menolak sehingga terjadi lengkung ke arah atas. Sementara, besar gaya Lorentz dipengaruhi oleh beberapa nilai seperti (B), (i), (l) serta (θ) dengan ketentuan berikut.

  • Ketika induksi atau kuat medan magnet (B) bertambah maka gaya Lorentz makin besar.
  • Ketika kuat arus listrik (i) bertambah maka gaya Lorentz makin besar.
  • Ketika panjang kawat (l) bertambah maka gaya Lorentz makin besar.
  • Ketika sudut (θ) antara (i) & (B) bertambah maka gaya Lorentz makin besar.

Untuk lebih mudahnya, pemahaman besarnya nilai gaya Lorentz (FL) akan selalu berbanding lurus terhadap besar nilai (B), (i), (l) & (θ).

Jenis Gaya Lorentz

Perlu diketahui juga bahwa gaya Lorentz tak hanya terjadi pada kejadian seperti di atas, sehingga gaya Lorentz dapat dikategorikan dalam beberapa jenis. Berikut adalah gambaran umum mengenai 3 (tiga) jenis kondisi gaya Lorentz.

  1. Gaya Lorentz seutas kawat ditengah medan magnet.
  2. Gaya Lorentz diantara dua buah penghantar sejajar beraliran listrik.
  3. Gaya Lorentz pada muatan listrik ditengah medan magnetik.

Rumus Soal Gaya Lorentz

Berikutnya penulis hendak memberikan gambaran terkait rumus mengerjakan soal-soal gaya Lorentz. Dimana soal gaya Lorentz bisa dikerjakan melalui beberapa rumus sesuai gambar di bawah.

Baca  √ 5 Contoh Soal Biaya Overhead Pabrik 2021 : Rumus, Jawaban & PDF
Rumus Gaya Lorentz

Contoh Soal Gaya Lorentz

Setelah kamu memahami uraian tentang materi gaya Lorentz di atas, berikutnya silakan simaklah beberapa contoh soal gaya Lorentz beserta jawabannya berikut agar pemahaman cara mengerjakan soal gaya Lorentz semakin baik.

Advertisements

Contoh Soal Gaya Lorentz 1 – 10

Contoh Soal Gaya Lorentz 1 - 10

Jawaban Soal Gaya Lorentz (1)

Jawaban Contoh Soal Gaya Lorentz 1

Jawaban Soal Gaya Lorentz (2)

Jawaban Contoh Soal Gaya Lorentz 2

Jawaban Soal Gaya Lorentz (3)

Jawaban Contoh Soal Gaya Lorentz 3

Jawaban Soal Gaya Lorentz (4)

Jawaban Contoh Soal Gaya Lorentz 4
image 12

Jawaban Soal Gaya Lorentz (5)

image 13

Jawaban Soal Gaya Lorentz (6)

image 14

Jawaban Soal Gaya Lorentz (7)

image 15

Jawaban Soal Gaya Lorentz (8)

image 16

Jawaban Soal Gaya Lorentz (9)

image 17
image 18

Jawaban Soal Gaya Lorentz (10)

Jawaban Contoh Soal Gaya Lorentz 10

Download Soal Latihan Gaya Lorentz Kelas 12

Sebelum menutup bahasan terkait soal gaya Lorentz kelas 12 SMA MA kali ini, penulis juga hendak membagikan file berisi kumpulan contoh soal gaya Lorentz. Dimana file PDF contoh soal gaya Lorentz kelas 12 SMA/MA bisa kamu download langsung melalui tombol unduh.

Akhir Kata

Sekian ulasan Kursiguru seputar contoh soal fisika kelas 12 terkait materi gaya magnetik atau gaya Lorentz. Semoga setelah membaca pembahasan soal gaya magnetik di atas kamu menjadi semakin mahir dalam mengerjakan soal gaya Lorentz di sekolah.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *