Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 4 Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas : Pembahasan & Jawabannya [2021]

Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas

Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas merupakan materi mata pelajaran fisika kelas 10 jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Di mana gerak jatuh bebas (GJB) mempelajari fenomena alam tentang cara kerja gravitasi serta pengaruhnya terhadap seluruh benda.

Gravitasi bumi, pada awal penemuannya, berhasil menggebrak dunia terutama bagi sebagian besar ilmuwan fisika. Pasalnya orang di zaman itu mempercayai teori Archimedes, bahwa faktor penentu kecepatan jatuh benda hanyalah massa benda tersebut.

Pasca ditemukan, teori milik Isaac Newton tersebut memberikan pencerahan terhadap ilmu gerak, karena mampu menjelaskan bagaimana sebenarnya kondisi sebuah objek ketika dijatuhkan dari ketinggian. Ketika suatu objek jatuh, maka secara alamiah akan memiliki komponen gravitasi, kecepatan, serta waktu.

Meskipun begitu, komponen gerak jatuh bebas lain seperti gesekan terhadap udara tetap tidak dijelaskan. Hal itu dikarenakan oleh sulitnya mengukur variabel gesekan tersebut. Namun teorema gerak jatuh bebas milik Newton tetap digunakan karena variabel gesekan dianggap cukup kecil.

Sebelum menuju ke pembahasan contoh soal gerak jatuh bebas, kamu harus mengetahui materi dasarnya terlebih dahulu. Penjelasan materi gerak jatuh bebas bisa kamu simak di uraian kursiguru berikut ini.

Dasar Teori Gerak Jatuh Bebas (GJB)

Seperti uraian singkat di atas, karena gerak jatuh bebas berasal dari ketinggian, maka dapat dipastikan mempunyai komponen tinggi, kecepatan, serta waktu. Dimana kecepatannya diambil dari besarnya gravitasi bumi, yaitu 9, 8 atau 10 m/s².

Mengapa ada 2 (dua) jenis nilai seperti itu? Asal-usulnya adalah pembulatan untuk memudahkan perhitungan. Meskipun teori dasarnya mengungkapkan besaran gravitasi (g) adalah 9,81 m/s², namun sebagian guru lebih memilih membulatkannya agar proses pengajaran lebih mudah dilakukan.

Komponen ketinggian di gerak jatuh bebas berdasarkan pada jarak tingginya titik jatuh dari permukaan tanah dalam satuan meter (m). Sedangkan untuk satuan waktu, tentu saja GJB menggunakan detik atau sekon (s).

Tips:

  • Jika sebuah soal gerak jatuh bebas tidak menerangkan besarnya gravitasi, gunakanlah nilai 10 m/s² saja agar lebih mudah menghitungnya.
  • Umumnya besar kecepatan saat benda dijatuhkan (V0) adalah 0.

Persamaan Gerak Jatuh Bebas (GJB)

Persamaan atau rumus gerak jatuh bebas terbagi dalam beberapa jenis, dimana setiap jenisnya saling berhubungan. Jadi ketika mengerjakan contoh soal GJB, pahamilah terlebih dahulu tentang pertanyaannya. Kemudian pilihlah persamaan paling sesuai.

Persamaan Gerak Jatuh Bebas

Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB)

Contoh Gerak Jatuh Bebas (1)

Dari puncak bangunan Enies Loby, Chopper menjatuhkan sebuah bola meriam. Apabila tinggi bangunannya adalah 500 meter, berapakah kecepatan bola meriam tersebut ketika menyentuh permukaan tanah? (Contoh soal ini merupakan modifikasi soal UN fisika).

Jawaban GJB 1

Contoh Gerak Jatuh Bebas (2)

Sebuah jeruk di kebun milik Nami terlepas dari tangkainya sehingga jatuh ke tanah dalam waktu 5 detik. Hitunglah kecepatan jeruk Nami pada saat 2 detik jika g = 9,8 m/s²!

Jawaban GJB 2

Contoh Gerak Jatuh Bebas (3)

Ketika berlari mengejar musuh, Zoro secara tak sengaja menjatuhkan pedangnya. Jika pedang Zoro jatuh dari ketinggian 80 meter, hitung lamanya waktu pedang tersebut hingga mencapai tanah!

Jawaban GJB 3

Contoh Gerak Jatuh Bebas (4)

Trafalgar Law menjatuhkan sebongkah batu dari ketinggian 50 meter. Hitung posisi bongkahan batu Law setelah jatuh selama 3 detik!

Jawaban GJB 4

Download Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB)

Sebelum mengakhiri pembahasan mengenai gerak jatuh bebas, kursiguru akan memberikan kumpulan contoh soal GJB yang bisa didownload secara langsung. Silakan download file contoh soal gerak jatuh bebas melalui link berikut ini.

Download Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas (GJB)

Demikian uraian lengkap dari kursiguru seputar gerak jatuh bebas yang merupakan materi mapel fisika kelas 10. Jika kamu masih punya pertanyaan terkait gerak jatuh bebas, silakan tanyakan melalui kolom komentar kursiguru di bagian bawah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.