Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Contoh Soal GGL Induksi Semua Kelas : Pengertian, Materi & Rumus

Contoh Soal GGL Induksi

Contoh Soal GGL Induksi – merupakan penggambaran kejadian nyata dari munculnya tegangan listrik karena proses induksi. Dimana peristiwa itu diajarkan kepada para siswa melalui mapel fisika di jenjang SMA.

GGL induksi adalah salah satu fenomena baru yang kemunculannya mulai diketahui manusia setelah mampu mempelajari tentang listrik. Fenomena itu ditemukan oleh bapak listrik dunia yaitu Michael Faraday.

Karena sekarang ini listrik sudah menjadi kebutuhan hampir seluruh masyarakat dunia, maka ilmu itu menjadi penting untuk dipelajari. Oleh sebab itu, di Indonesia, materi GGL induksi sudah mulai diperkenalkan sejak siswa memasuki jenjang pendidikan SMA.

Agar mampu memahami GGL induksi secara menyeluruh, kamu perlu mengetahui pengertian serta cara mengerjakan soal-soalnya. Karenanya kursiguru akan membagikan materi beserta contoh soal dan jawaban seputar GGL induksi tersebut.

Pengertian GGL Induksi

Sesuai namanya, gaya gerak listrik (GGL) induksi muncul karena adanya induksi elektromagnetik di sekitar penghantar. Saat GGL induksi muncul, pada kawat akan ada beda potensial serta aliran arus listrik. GGL induksi sendiri akan muncul jika dan hanya jika fluks magnet di sekitarnya mengalami perubahan seiring waktu.

Artinya apabila kamu melakukan percobaan menggunakan sebuah kawat tembaga, magnet batangan, dan Galvanometer, maka magnet itu harus secara terus menerus digerakkan agar muncul GGL induksi. Disaat magnet berhenti bergerak, maka GGL induksi juga akan hilang.

Berdasar penelitian para ilmuwan fisika, beberapa faktor mempengaruhi GGL induksi, diantaranya adalah:

  • Kecepatan perubahan medan magnet.
  • Jumlah belitan kawat penghantar.
  • Besaran fluks magnet & kerapatannya.
  • Luas penampang kawat pengantar.

Rumus GGL Induksi

Persamaan dari GGL induksi dituliskan secara matematis Michael Faraday, sehingga bentuknya menjadi:

Rumus GGL Induksi

Dimana:
ε = GGL induksi (Volt).
Φ = Fluks magnet (Wb).
N = Banyaknya jumlah belitan kawat.
A = Luas penampang dari kawat penghantar (m2)
B = Kerapatan fluks (Wb/m2 atau T).

Tanda negatif dalam rumus di atas hanya melambangkan arah induksinya.

Nilai GGL Induksi

Salah satu penerus dari penelitian Michael Faraday terkait GGL induksi, adalah seorang ilmuwan Italia bernama Heinrich Lenz, penemu hukum terkait GGL induksi yaitu Hukum Lenz.

Lenz mengemukakan sebuah teori bahwa jika kawat lurus ditarik melewati medan magnet homogen, maka pada kawat itu akan muncul GGL induksi. Bersamaan dengan munculnya GGL induksi tersebut, akan muncul pula arus induksi.

Apabila hukum Lenz ditulis dalam sebuah persamaan matematika, maka bentuknya akan menjadi:

Hukum Lenz Contoh Soal GGL Induksi

Dimana:
ε = Nilai GGL induksi (Volt).
B = Kerapatan fluks (T).
l = Panjang penghantar (m).
v = Kecepatan gerakan/tarikan (m/s).
θ = Sudut perpotongan tarikan dengan medan magnet.

Arah GGL Induksi

Sehubungan dengan arah GGL induksi dalam hukum Lenz di atas adalah faktor tarikan serta arus induksi. Dimana arah tarikan kawat berbanding terbalik dengan arus induksinya.

Besarnya arus induksi itu dipengaruhi nilai GGL induksi serta resistansi kawat dengan korelasi sebagai berikut.

Arus Induksi GGL Contoh Soal

Dimana:
i = Arus induksi (Ampere).
ε = Nilai GGL induksi (Volt).
R = Resistansi/tahanan (Ohm atau Ω).

Contoh Soal GGL Induksi

Untuk melengkapi proses belajarmu, berikut kursiguru sajikan beberapa contoh soal GGL induksi beserta cara pengerjaan & jawabannya.

Contoh GGL Induksi (1)

Soal:

Sebuah belitan kawat berjumlah 1000 lilitan, mengalami perubahan fluks sebesar 10-4 Weber dalam waktu 0,1 detik. Berapa GGL induksi pada belitan itu?

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal GGL Induksi 1

Contoh GGL Induksi (2)

Soal:

Pada sebuah praktikum fisika dilakukan pengamatan pada sepotong penghantar. Penghantar itu ditarik dalam dua buah medan magnet dengan perubahan fluks sebesar 4 Wb/s dan 6 Wb/s, berapa perbandingan GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal GGL Induksi 2

Contoh GGL Induksi (3)

Soal:

Jika sebuah kumparan 35 lilitan mengalami perubahan fluks sebesar 0,06 Wb setiap 0,25 sekon, berapa nilai GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 3

Contoh GGL Induksi (4)

Soal:

Apabila sebuah lilitan tembaga memiliki 250 belitan dan luas penampang 40 cm2 mengalami GGL induksi sebesar -5 volt, carilah besar kerapatan fluks disekitarnya!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 4

Contoh GGL Induksi (5)

Soal:

Sebuah magnet (batang) dijauhkan dari kumparan berisi 500 lilitan. Jika nilai fluks magnetiknya turun dari 8 × 10-3 Wb menjadi 3 × 10-3 Wb dalam waktu 0,025 sekon, berapa GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 5

Contoh GGL Induksi (6)

Soal:

Tentukan besar arus induksi untuk sebuah kawat sepanjang 80 cm yang memotong medan magnet 1 T secara tegak lurus (90°), jika kecepatan gerak sebesar 5 m/s dan tahanannya bernilai 2 Ohm.

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 6

Contoh GGL Induksi (7)

Soal:

Penghantar RS mempunyai panjang 40 cm memotong medan magnet 5 T secara tegak lurus. Apabila kecepatan gerak RS sebesar 5 m/s, hitung GGL induksi penghantar itu!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 7

Contoh GGL Induksi (8)

Soal:

Generator perusahaan listrik Enel menghasilkan GGL induksi sebesar 200 Volt. Kemudian generator itu diubah jumlah belitannya menjadi hanya 50% nilai awal, namun kerapatan fluksnya dinaikkan sebesar 4 kali lipat, berapa besar GGL induksi barunya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 8

Contoh GGL Induksi (9)

Soal:

Kawat tembaga AB sepanjang 20 cm mempunyai hambatan sebesar 5 Ohm, memotong medan magnet sebesar 5T sehingga timbul arus induksi sebesar 2 Ampere. Berapakah nilai kecepatannya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 9

Contoh GGL Induksi (10)

Soal:

Dua buah generator X dan Z mempunyai jumlah lilitan masing masing sebanyak 1200 dan 6000. Jika generator X memiliki induksi magnetik sebesar 0,05 T sedangkan generator Z besarnya hanya 0,03 T, berapa perbandingan GGL induksi kedua generator itu?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 10

Contoh GGL Induksi (11)

Soal:

Penghantar ST mempunyai panjang 50 cm memotong medan magnet 0,4 T secara tegak lurus. Apabila kecepatan gerak RS sebesar 7,5 m/s, hitung GGL induksi penghantar itu!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 11

Contoh GGL Induksi (12)

Soal:

Pengamatan pada sepotong penghantar sepanjang 90 cm ditarik secepat 3 m/s dalam medan magnetik sebesar 0,5 Wb/s, berapa GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 12

Contoh GGL Induksi (13)

Soal:

Sebuah kawat sepanjang 30 cm memotong medan magnet 2 T secara tegak lurus (90°), jika kecepatan gerak sebesar 9 m/s dan tahanannya bernilai 6 Ohm.

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 13

Contoh GGL Induksi (14)

Soal:

Carilah besar hambatan pada sebuah kawat sepanjang 30 cm yang arus induksinya sebesar 0,3 A dalam medan magnetik kerapatan fluks 3 T serta kecepatan tarik sebesar 2 m/s!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 14

Contoh GGL Induksi (15)

Soal:

Sebatang magnet didekatkan terhadap kumparan berisi 100 lilitan. Jika nilai fluksnya naik dari 2 × 10-3 Wb menjadi 3 × 10-3 Wb dalam 0,1 sekon, berapa GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 15

Contoh GGL Induksi (16)

Soal:

Hitunglah arus induksi penghantar yang GGL induksinya sebesar 10 V dan tahanannya 5 Ohm!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 16

Contoh GGL Induksi (17)

Soal:

Hitunglah arus induksi penghantar yang GGL induksinya sebesar 5 V dan tahanannya 10 Ohm!

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 17

Contoh GGL Induksi (18)

Soal:

Sebuah belitan memiliki jumlah total 5000 lilitan, mengalami perubahan fluks sebesar 0,00024 Weber dalam waktu 0,1 detik. Berapakah besar GGL induksinya?

Jawaban:

Jawaban Soal Gaya Gerak Listrik 18

Contoh GGL Induksi (19)

Soal:

Penghantar VX mempunyai panjang 1,5 m memotong medan magnetik sebesar 0,3 T secara tegak lurus. Apabila kecepatan gerak RS sebesar 5 m/s, hitung GGL induksinya!

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal GGL Induksi 19

Contoh GGL Induksi (20)

Soal:

Apabila sebuah lilitan tembaga memiliki 400 belitan dan luas penampang 20 cm2 mengalami GGL induksi sebesar -8 volt, carilah besar kerapatan fluks disekitarnya!

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal GGL Induksi 20

Download Contoh Soal dan Materi GGL Induksi PDF Word

Agar kamu bisa mempelajari materi dan contoh soal GGL induksi dengan lebih mudah, di sini kursiguru juga akan membagikan file yang bisa didownload secara langsung.

Download Contoh Soal GGL Induksi

Download Materi GGL Induksi

Akhir Kata

Itulah uraian kursiguru tentang materi fisika gerak gaya listrik melalui cara induksi atau GGL induksi. Jika kamu ada pertanyaan seputar GGL induksi silakan ajukan melalui kolom komentar di bagian bawah artikel kursiguru ini. Selamat belajar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *