Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 11 Contoh Soal Tekanan Hidrostatis : Rumus & Perhitungannya [2021]

contoh soal tekanan hidrostatis

Contoh Soal Tekanan Hidrostatis akan disajikan secara detail pada artikel ini. Tidak hanya berupa contoh soal, pembahasa dalam setiap soalnya juga akan disajikan. Sebelum beralih pada contoh soal tekanan hidrostatis, kita membahas lebih dulu mengenai apa itu tekanan dan tekanan hidrostatis. Mari simak langsung ulasan di bawah ini.

Kamu pernah berenang? jika pernah, kamu pasti pernah merasakan kepala sakit, kepala berat, dan terasa pengang. Apalagi jika kita berenang lebih dalam. Hal itu kenapa? Kalau kita ambil teori di dalam ilmu fisika, itu dikarenakan adanya tekanan hidrostatis lebih besar dibanding tekanan di atasnya.

Contoh lain, dalam bidang alat pertahanan di sebuah negara salah satunya adalah kapal selam yang memakai tekan hidrostatis. Di saat kapal selam berada di permukaan laut kemudian menuju ke dasar laut, maka pengendali selam perlu menaikkan tekanan hidrostatisnya dengan cara memasukkan air laur ke dalam kapal.

Begitu pun sebaliknya jika kapal selam di saat berada di dasar laut kemudian menuju ke permukaan laut, maka pengendali menurunkan tekanan hidrostatisnya dengan mengeluarkan air laut yang sudah ada di dalam kapal. Lalu apa sebenarnya tekanan hidrostatis itu?.

Dasar Teori Tekanan Hidrostatis

Pengertian Tekanan Hidrostatis

Di dalam ilmu fisika, tekanan hidrostatis dapat diartikan sebagai sebuah tekanan yang diakibatkan oleh gaya pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan pada kedalaman tertentu. Setiap jenis zat cair memberi pengaruh berupa tekanan terhadap benda didalamnya yang besarnya tergantung dari posisi kedalaman benda tersebut. Begitu pun, benda yang ada dalam air akan mendapatkan tekanan tertentu.

Baca  √ 4 Contoh Soal Gerak Jatuh Bebas : Pembahasan & Jawabannya [2021]

Dari pengertian di atas, itulah alasan mengapa ketika kita sedang berada di dasar air, kepala kita akan mengalami sakit dibanding jika kita hanya berada di permukaan air. Ketika kita berada di dasar air, kita akan mendapatkan tekanan dari air kolam renang. Tekanan tersebut yang dinamakan tekanan hidrostatis.

Rumus Tekanan Hidrostatis

Cukup jelas ya dari ulasan di atas. Sekarang Kursiguru akan mengajak kamu untuk mengetahui rumus tekanan hidrostatis. Terdapat satuan internasional (SI) untuk tekanan yang disebut pascal (Pa). Nama tekanan tersebut dicetuskan oleh ilmuan Prancis, yaitu Blaise Pascal.  Sebuah gaya F bekerja tegak lurus dan merata di sebuah permukaan bidang seluas A, maka tekanan tersebut secara matematis akan dinyatakan dalam rumus atau persamaan di bawah ini.

P = F/A

Keterangan:

P : tekanan (N/m2 atau Pa)

F : gaya tekan (N)

A : luas bidang tekan (m2)

Hukum Pokok Tekanan Hidrostatis

Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang berlaku pada zat cair yang besarnya dipengaruhi oleh kedalamannya. Sesuai dengan hukum pokok hidrostatiska yang berbunyi bahwa titik-titik pada ke dalam yang sama akan memiliki tekanan yang sama pula. Prinsip tersebut dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

 

hukum pokok hidrastatika

Contoh Perhitungan Soal Tekanan Hidrostatis

Sebuah kapal selam berada pada kedalaman 40 meter di bawah permukaan laut. Jika massa jenis air laut 1,0 g/cm3 dan percepatan g=10 m/s2, maka hitunglah tekanan hidrostatis yang dialami kapan selam tersebut.

Diketahui :

h = 50 m

p = 1,0 g/cm3 = 1.000 kg/m3

g = 10 m/s²

Pembahasan :

Perhitungan Soal Tekanan Hidrostatis

Jadi ketika kapal selam mencapai kedalam di 50 m dari permukaan air laut, maka penyelam tersebut mengalami tekanan hidrostatis sebesar 5,0 105Pa.

Setelah memahami apa itu tekanan hidrostatis, rumus, dan hukum tekanan hidrostatis, maka Kursiguru akan membagikan contoh soal berbetuk file. File ini bisa kamu download dengan mudah dan tentunya gratis.

Baca  √ 40 Contoh Soal Induksi Magnetik & Pembahasannya Download [2021]

Download Contoh Soal Tekanan Hidrostatis

Demikian ulasan mengenai contoh soal tekanan hidrostatis yang bisa Kursiguru berikan. Semoga ulasan tersebut memberikan pengetahuan bagi kamu dan dapat memperlancar proses belajar kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini pada temanmu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *