Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Contoh Soal Dimensi Lengkap : Pengertian, Materi & Jawaban

Contoh Soal Dimensi

Contoh Soal Dimensi – Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan membahas contoh soal dimensi serta pengertian, materi, dan rumusnya. Adanya artikel ini, semoga kamu terbantu untuk bisa mengerjakan contoh soal mengenai dimensi.

Perlu diketahui bahwa materi dimensi merupakan salah satu topik materi dari mata pelajaran fisika SMA kelas X. Standar kompetensi yang harus dicapai pada materi dimensi adalah menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi.

Dalam ilmu fisika, ilmuwan mengkategorikan besaran dimensi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu dimensi pokok serta dimensi turunan. Dimana keduanya dapat digunakan secara bersamaaan maupun terpisah.

Agar kamu bisa mengerjakan soal fisika terkait dimensi, artinya harus memahami dasar ilmu tersebut. Untuk itu kursiguru akan menjabarkan pengertian, materi, serta perhitungan contoh soal dimensi.

Pengertian Dimensi

Dimensi dalam fisika adalah gambaran atau suatu besaran menggunakan simbol atau lambang khusus. Dimana terdapat tujuh dimensi pokok pada sistem internasional (SI). Ketujuhnya menjadi komponen penyusun besaran turunan.

Pada penggunaannya, dimensi dituliskan sesederhana mungkin. Dimensi ditulis dengan tanda pangkat positif untuk perkalian. Sedangkan untuk perhitungan pembagian ditulis dengan tanda pangkat negatif.

Materi Dimensi

Dimensi terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu dimensi besaran pokok (utama) dan dimensi besaran turunan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua dimensi tersebut.

Dimensi Pokok

Dimensi pokok/utama merupakan penggambaran dari besaran pokok yang ada di alam, yaitu panjang, massa, waktu, arus listrik, suhu, intensitas cahaya, serta jumlah banyaknya zat.

Ke tujuh dimensi besaran pokok dapat ditabulasikan sebagai berikut.

Tabel besaran pokok SI dan dimensi masing masing
Dimensi utama wajib dituliskan secara lengkap bersamaan dengan tanda kurungnya.

Sebenarnya masih ada dua besaran pokok lain, yaitu sudut bidang datar serta sudut bidang ruang. Namun keduanya tidak memiliki dimensi.

Dimensi Turunan

Seperti halnya hubungan percepatan dengan kecepatan, dimensi turunan memiliki penulisan yang sangat bergantung pada dimensi pokok. Semakin jauh dimensi diturunkan, maka makin banyak dimensi pokok dimasukkan.

Namun bukan berarti dimensi turunan akan terdiri dari seluruh dimensi utama. Karena bisa saja dimensi turunan terdiri dari dimensi utama yang dikalikan. Salah satu besaran turunan adalah tekanan zat padat.

Sebagai contoh, luas dan volume merupakan turunan panjang. Dimana luas merupakan perkalian antara 2 (dua) besaran panjang, sedangkan volume adalah perkalian 3 (tiga) besaran panjang. Jadi jika dituliskan dimensinya, luas = L2 dan volume = L3.

Penulisan dimensi turunan hanya perlu memuat isi dimensi pokoknya saja (tanpa tanda kurung), lalu disertai dengan banyaknya besaran digunakan (pangkat). Agar lebih mudah memahaminya, cobalah simak contoh soal dimensi berikut ini.

Contoh Soal Dimensi Beserta Jawaban

1. Contoh Soal Pertama

Soal :

Tuliskan dimensi dari kecepatan (Speed)!

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Dimensi 1

2. Contoh Soal Kedua

Soal :

Tentukan dimensi percepatan (Acceleration)!

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Dimensi 2

3. Contoh Soal Ketiga

Soal :

Tuliskan dimensi gaya (Force)!

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Dimensi 3

4. Contoh Soal Keempat

Soal :

Tuliskan dimensi tekanan (Pressure)!

Jawaban :

4

5. Contoh Soal Kelima

Soal :

Apa saja dimensi penyusun gravitasi bumi? Tuliskan secara lengkap!

Jawaban :

Jawaban Soal 5

6. Contoh Soal Keenam

Soal :

Tentukanlah dimensi dari energi kinetik!

Jawaban :

6

7. Contoh Soal Ketujuh

Soal :

Berat termasuk dalam besaran turunan, tulislah dimensinya!

Jawaban :

7

8. Contoh Soal Kedelapan

Soal :

Tulis secara lengkap komponen dimensi usaha!

Jawaban :

8

9. Contoh Soal Kesembilan

Soal :

Sebagai salah satu turunan dari massa, tentukan dimensi massa jenis!

Jawaban :

9

10. Contoh Soal Kesepuluh

Soal :

Tentukan dimensi dari berat jenis!

Jawaban :

10

11. Contoh Soal Kesebelas

Soal :

Tentukan dimensi kecepatan angular!

Jawaban :

11

12. Contoh Soal Keduabelas

Soal :

Tunjukkan bahwa usaha dan energi memiliki dimensi yang sama!

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Dimensi 12

13. Contoh Soal Ketigabelas

Soal :

Tulis secara lengkap dimensi konstanta gravitasi Newton!

Jawaban :

13

14. Contoh Soal Keempatbelas

Soal :

Tulis dimensi momentum!

Jawaban :

14

15. Contoh Soal Kelimabelas

Soal :

Mengapa energi potensial & energi kinetik bisa dikatakan setara?

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Dimensi 15

Download Materi dan Soal Dimensi

Untuk melengkapi bahan belajarmu terkait topik besaran, satuan, dan dimensi, berikut kursiguru lampirkan file materi serta contoh soal dimensi lainnya. Silakan download file di bawah secara langsung, karena tidak ada biaya jika kamu mendownloadnya.

Akhir Kata

Tanpa mengetahui besaran, satuan, serta dimensi akan terasa sulit jika harus menganalisis kesetaraan suatu persamaan dengan persamaan lain. Oleh karena itu, jika kamu ingin memahami ilmu fisika secara mendalam, pastikan bahwa penjelasan kursiguru di atas sudah masuk dalam memorimu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.