Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Contoh Soal Garis Bilangan Kelas 6 SD (Jawaban & Pembahasan)

Contoh Soal Garis Bilangan Kelas 6 SD

Contoh Soal Garis Bilangan Kelas 6 SD – Pada kelas 6 SD, peserta didik nantinya akan diajarkan materi mengenai garis bilangan di dalam mata pelajaran Matematika. Dimana garis bilangan tersebut terdiri atas bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif serta bilangan nol (0).

Biasanya penggunaan bilangan bulat negatif yaitu untuk menuliskan benda di bawah permukaan air laut ataupun suhu di bawah 0 derajat. Dimana letak bilangan bulat pada garis bilangan yaitu bilangan positif berada di sebelah kanan sedangkan bilangan negatif berada di bagian kiri.

Di dalam materi Matematika kelas 6 SD bab 1, para peserta didik diharapkan mampu membandingkan, mengurutkan, menjumlahkan, mengalikan serta membagi bilangan bulat pada garis bilangan. Tentunya materi garis bilangan kelas 6 SD tersebut sudah mengukuti kebijakan Kemendikbud terhadap Kurikulum 2013.

Maka dari itu, agar peserta didik mampu menguasai materi garis bilangan pada mata pelajaran Matematika, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa contoh soalnya. Nah, pada kesempatan kali ini Kursiguru akan membagikan contoh soal garis bilangan kelas 6 SD dilengkapi jawaban dan pembahasannya.

Materi Garis Bilangan Kelas 6 SD

Sebelum pembahasan utama mengenai contoh soal garis bilangan kelas 6 SD berlanjut, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu sedikit ringkasan materinya. Dimana Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Matematika kelas 6 SD mencakup materi mengenai penjelasan bilangan bulat termasuk menggunakan garis bilangan.

Garis bilangan sendiri merupakan sebuah gambar garis lurus yang setiap titiknya melambangkan suatu bilangan. Bilangan bulat ini nantinya ditunjukkan dengan simbol ataupun titik-titik tertentu yang jaraknya sama di sepanjang garis tersebut. Berikut adalah penjelasan masing-masing bilangan bulat di dalam garis, baik itu bilangan positif, negatif ataupun nol.

Bilangan Bulat Positif

Seperti dijelaskan sebelumnya, bilangan bulat positif merupakan sebuah bilangan asli yang memiliki nilai positif serta dimulai dari bilangan satu ke atas dan seterusnya. Contoh bilangan bulat positif di dalam garis bilangan yaitu mulai dari 1, 2, 3, 4, 5 dan seterusnya.

Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat negatif sebenarnya kebalikan dari bilangan positif, yaitu bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah dan seterusnya. Contoh dari bilangan negatif di dalam garis bilangan yaitu -1, -2, -3, -4, -5 dan seterusnya.

Bilangan Nol

Sementara bilangan nol ialah bilangan di dalam garis bilangan yang bukan termasuk bilangan positif ataupun bilangan negatif. Bilangan nol (0) ini terletak ditengah-tengah antara bilangan positif dan negatif, contohnya -1, 0 , 1.

Contoh Soal Garis Bilangan Kelas 6 SD

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai materi garis bilangan mata pelajaran Matematika pada kelas 6 SD, baik itu bilangan positif, negatif ataupun bilangan nol. Selanjutnya di bawah ini juga akan diberikan beberapa contoh soal yang akan keluar nantinya pada bab garis bilangan tingkat 6 SD.

Dimana contoh soal tersebut biasanya berisi penilaian dewan guru terhadap pemahaman siswa dalam menyebutkan, membandingkan, mengurutkan, menjumlahkan, mengalikan serta membagi bilangan bulat pada garis bilangan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik contoh soal garis bilangan kelas 6 SD berikut ini.

Contoh Soal 1

Contoh Soal 1 Garis Bilangan

Contoh Soal 2

Contoh Soal 2 Garis Bilangan

Contoh Soal 3

Contoh Soal 3 Garis Bilangan

Contoh Soal 4

Contoh Soal 4 Garis Bilangan

Contoh Soal 5

Contoh Soal 5 2

Contoh Soal 6

Contoh Soal 6 2

Contoh Soal 7

Contoh Soal 7 2

Contoh Soal 8

Contoh Soal 8 2

Contoh Soal 9

Contoh Soal 9 1

Contoh Soal 10

Contoh Soal 10 1

Download Contoh Soal Garis Bilangan

Seperti halnya CONTOH SOAL BAHASA INDONESIA 6 SD, pada pembahasan contoh soal garis bilangan ini juga akan disediakan link download file atau dokumennya. Jadi, jika masih kurang paham mengenai beberapa contoh soal di atas, maka kamu bisa memahaminya sendiri melalui file tersebut.

Pastinya file contoh soal dalam format PDF ini bisa kamu unduh secara gratis, naik itu di smartphone, laptop ataupun komputer asalkan memiliki koneksi jaringan internet yang stabil dan lancar.Di bawah ini adalah link download contoh soal-soal garis bilangan pada kelas 5 SD.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa materi garis bilangan di dalam mata pelajaran Matematika kelas 6 SD berisikan 3 komponen utama, yaitu bilangan positif, negatif serta bilangan nol. Sementara untuk contoh soal yang akan diujikan nantinya oleh para dewan guru sebenarnya mencakup beberapa hal, mulai dari penjumlahan, perkalian serta pembagian garis bilangan.

Itulah sekiranya informasi dari Kursiguru seputar contoh soal garis bilangan kelas 6 SD dilengkapi dengan kunci jawaban beserta pembahasannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran ketika hendak menghadapi Penilaian Harian ataupun Penilaian Tengah Semester di kelas 6 SD.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *