Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Contoh Soal Penurunan Titik Beku : Rumus, Jawaban & Pembahasan

Contoh Soal Penurunan Titik Beku

Contoh Soal Penurunan Titik Beku – membahas mengenai perhitungan suatu proses kimia terkait zat berbentuk larutan. Dimana reaksi penurunan titik beku tersebut terjadi pada saat suatu larutan saat ditambahkan senyawa lain.

Jika dilihat dari sudut pandang ilmu kimia, larutan mempunyai berbagai sifat baik dalam bentuk sifat kimia ataupun sifat fisis. Dimana salah satu materi sifat fisis tersebut dipelajari di saat seorang siswa SMA ataupun MA menginjak kelas 12 yakni sifat koligatif.

Sifat koligatif sendiri merupakan sebuah sifat larutan kimia yang berubah secara fisis akibat partikel zat terlarut di dalam sebuah pelarut pada kondisi tertentu. Sifat koligatif terbagi menjadi 4 (empat) kondisi, dimana salah satunya adalah penurunan titik beku.

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan membahas secara khusus mengenai penurunan titik beku (ΔTf) beserta contoh soalnya. Dimana Penurunan titik beku sendiri bisa dihitung apabila data molalitas larutan dan koefisien penurunan titik beku sudah diketahui.

Pengertian Penurunan Titik Beku

Sebelum membahas seputar contoh soalnya, penulis akan menjelaskan terlebih dahulu tentang materi dasar terkait penurunan titik beku. Untuk mempersingkat waktu silakan simak langsung pembahasan tentang penurunan titik beku berikut.

Titik Beku

Bahasan pertama adalah mengenai titik beku, dimana titik beku atau freezing temperature (Tf) adalah nilai suhu ketika cairan serta zat padat berada pada kondisi tekanan uap yang sama. Sebagai salah satu contoh adalah titik beku air, yaitu 0°C (nol derajat Celsius).

Apabila titik beku didapatkan saat zat cair serta zat padat berada dalam kondisi setimbang (1 atm atau 760 mmHg) maka akan disebut dengan istilah titik beku normal. Berikut adalah gambaran kondisi titik beku (Kf) untuk beberapa jenis pelarut.

Beberapa Contoh Tetapan Titik Beku Molal

Penurunan Titik Beku

Saat ada sebuah senyawa terlarut dimasukkan ke dalam pelarut sehingga menyebabkan penurunan tekanan uap jenuh larutan ke titik tertentu. Ketika tekanan uap jenuh itu mengalami penurunan, secara otomatis akan terjadi penurunan titik beku menjadi di bawah titik beku normalnya.

Rumus Penurunan Titik Beku

Agar dapat menghitung penurunan titik beku tentunya kamu memerlukan persamaan atau rumus perhitungannya. Oleh karena itu, di sini penulis akan membagikan rumus penurunan titik beku seperti pada gambar berikut ini.

Rumus Penurunan Titik Beku Larutan

Contoh Soal Penurunan Titik Beku

Setelah mengetahui dasar materi beserta rumusnya, silakan simak langsung contoh soal turunnya titik beku dari Kursiguru berikut. Dimana tiap contoh soal penurunan titik beku di bawah masing-masing disertai jawaban serta pembahasan.

Contoh Soal (1)

Frozon mempunyai beberapa jenis larutan yakni:
– glukosa 0,05M
– glukosa 0,10M
– sukrosa 0,10M
– sukrosa 0,15M
– urea 0,15M
Jelaskan solution milik Frozon mana yang mempunyai titik beku paling tinggi!

Jawaban :

Jawaban Soal Tf 2

Contoh Soal (2)

Jika Andrew mempunyai larutan ethanol (solution) dengan massa sebesar 30% di dalam air, maka berapakah nilai molalitasnya? (Mr = 46 gram/mol)

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Penurunan Titik Beku

Contoh Soal (3)

Dr. Brooks melarutkan 18 gram glukosa (C6H12O6) ke dalam 500 gram air. Jika kalor beku molal air Kf= 1,8/mol (Ar:C=12 g/mol, H=1 g/mol, O=16 g/mol), maka titik bekunya berada pada suhu berapa?

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Penurunan Titik Beku 3

Contoh Soal (4)

Singsing memiliki 300 gram air, dimana didalamnya terlarut terdapat 40 gram zat X. Jika larutan tersebut membeku pada suhu -3,1°C. Apabila Kf air = 1,86°C, maka Mr zat X tersebut mempunyai nilai sebesar?

Jawaban :

Jawaban Soal Tf 4

Contoh Soal (5)

Dr. Vegapunk mempunyai larutan yang terdiri dari 12 gram zat X (non elektrolit) serta 20 gram air. Jika Mr zat X adalah 223, maka akan terjadi penurunan titik beku sebesar? (Kf = 1,86°C)

Jawaban :

Jawaban Soal Tf 5

Itulah beberapa contoh soal terkait salah satu komponen sifat koligatif kimia yakni penurunan titik beku. Dimana 10 contoh soal penurunan titik beku lainnya bisa disimak pada file PDF di bawah.

Selain itu, penurunan titik beku tersebut akan berpatokan pada titik beku normal pada kondisi setimbang. Jadi agar lebih memahami penurunan titik beku, sebaiknya kamu pelajari juga Contoh Soal Kesetimbangan Kimia.

Download Contoh Soal Penurunan Titik Beku

Untuk melengkapi bahasan di atas, di sini Kursiguru juga hendak membagikan file kumpulan soal terkait penurunan titik beku. Silakan download langsung file PDF soal penurunan titik beku di bawah tanpa perlu ragu karena penulis sediakan secara gratis.

Perlu diketahui pula bahwa untuk jenjang SMA atau sederajat, soal-soal penurunan titik beku biasanya fokus kepada jenis larutan non elektrolit. Sementara terkait penurunan titik beku larutan elektrolit akan dibahas pada jenjang perguruan tinggi.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar materi penurunan titik beku kimia kelas 12 beserta rumus, contoh soal serta jawaban dan pembahasannya. Semoga dapat membantu proses belajar ataupun persiapan ujian semua siswa SMA serta MA.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *