Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Struktur Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

struktur teks anekdot

Struktur Teks Anekdot – Sering kali dalam kehidupan sehari-hari kita menemukan kejadian-kejadian lucu. Baik itu kelucuan verbal maupun non verbal. Dari kejadian lucu tersebut biasanya ditulis dalam sebuah tulisan yaitu teks anekdot. Salah satu jenis teks ini juga menjadi materi bagi para siswa.

Para siswa pun harus memahami materi ini. Mulai dari definisi, ciri-ciri, dan contoh teks anekdot. Maka dari itu, Kursiguru kali ini akan membantumu agar bisa memahami apa itu teks anekdot. Materi ini akan dibahas secara runtut dan jelas.

Sebelumnya Kursiguru telah menulis tentang contoh kata dasar dalam sebuah kalimat. Apabila kamu belum membacanya bisa langsung membukanya. Materi tersebut bisa digunakan juga untuk menyusun teks anekdot.

Selain membahas definisi, ciri-ciri, struktur, dan contoh teks anekdot, penulis juga akan membagikan sebuah buku tentang teks anekdot. Buku bisa kamu download di akhir artikel ini. Bagaiman pembahasan artikel kali ini, mari kita bahas satu per satu.

Pengertian Teks Anekdot

Dalam bahasa Indonesia, teks anekdot diartikan sebagai teks yang menceritakan hal-hal lucu. Cerita yang dihadirkan pun berkaitan dengan kejadian di sekitar kita. Seperti tentang ekonomi, jual beli, masyarakat, dan lain sebagainya dijadikan sebagai tema cerita dalam teks anekdot.

Walaupun memiliki sifat lucu, namun teks anekdot memberikan kesan kritik terhadap sesuatu yang sedang terjadi. Misalnya tentang kebijakan-kebijakan pemerintah yang merugikan rakyat dijadikan teks anekdot. Hal itu untuk menarik perhatian para pembaca.

tisu murah
Baca  3 Materi Matematika Kelas 9 Semester 1 Kurikulum K13 Download PDF

Ciri-ciri Teks Anekdot

Adapun dari teks anekdot memiliki ciri-ciri sebagai pembeda dengan teks lainnya. Terdapat empat ciri yang perlu kita ketahui. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Menghibur/Menggelitik

Teks anekdot sendiri memiliki sifat yang menghibur dan menggelitik. Hal ini diciptakan agar pembaca minat dengan sebuah tulisan dan mau membaca sampai selesai.

Memiliki Sifat Menyindir

Selain itu, teks anekdot juga memiliki sifat menyindir peristiwa atau orang lain. Ciri ini menjadi ciri pembeda dari jenis teks lainnya.

Memiliki Tujuan Mengkritik

Selain menyindir, jenis teks ini juga memiliki tujuan mengkritik sebuah sistem. Banyak sekali orang menulis teks ini untuk kepentingan pribadi. Apalagi dengan adanya media sosial saat ini yang gampang sekali orang membacanya.

Tokoh yang Digunakan Hewan atau Manusia

Ciri terakhir yaitu tokoh-tokoh di dalam teks anekdot menggunakan karakter hewan atau manusia. Hal ini dilakukan agar tidak langsung menunjukkan tokoh yang dikritiknya.

Struktur Teks Anekdot

Selain ciri-ciri di atas, kita juga harus memahami struktur penulisan teks anekdot. Agar kita bisa menulis teks dengan baik dan benar. Berikut struktur teks anekdot.

Abstrak

Bagian pertama adalah abstrak. Bagian ini memuat gambaran awal dalam teks anekdot. Tujuan dari bagian ini untuk memberi pemahaman awal bagi pembaca.

Orientasi

Bagian kedua adalah orientasi. Di bagian ini memuat awal peristiwa. Sama halnya dengan latar belakang di teks-teks yang lainnya.

Krisis

Bagian ketiga adalah krisis. Di bagian ini menceritakan inti permasalahan yang diangkat. Setelah pembaca membaca bagian awal, kemudian pembaca dapat mengetahui inti permasalahan.

Reaksi

Setelah permasalahan, struktur keempat memuat reaksi. Di bagian ini digunakan sebagai pelengkap cerita. Cerita bisa berupa solusi atau saran dari permasalahan yang diceritakan.

Baca  2 Buku Materi Sosiologi Kelas 10 Semester 2 Kurikulum K13 PDF

Koda

Setelah semuanya ditulis, maka bagian terakhir terdapat koda. Bagian ini sebagai penutup dalam sebuat teks anekdot. Penulisan bisa berupa kesan dan pesan dari penulis.

Contoh Teks Anekdot

Setelah mengetahui tentang teks anekdot, mulai dari pengertian, ciri-ciri, dan struktur, kita beralih ke contoh teks anekdot. Contoh ini telah penulis susun sebagai latihan kamu menyusun teks sendiri di rumah. Mari kita simak beberapa contoh teks anekdot di bawah ini.

Contoh Teks Anekdot 1

Contoh Teks Anekdot 1

Contoh Teks Anekdot 2

Contoh Teks Anekdot 2

Contoh Teks Anekdot 3

Contoh Teks Anekdot 3

Download Buku Tentang Teks Anekdot

Tentunya dari semua penjelasan di atas, kamu sudah memahami secara betul-betul mengenai struktur teks anekdot. Untuk menambah pengetahuan tentang artikel ini, Kursiguru telah menyediakan buku PDF tentang teks anekdot. Kamu bisa mendownload buku ini dengan sangat mudah.

Download Buku Tentang Teks Anekdot

Akhir Kata

Akhirnya dari pembahasan artikel ini kita sudah memahami mengenai struktur teks anekdot. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan ilmu bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru tentang seputar dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Ngakonline.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.