Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

43 Contoh Kalimat Pernyataan : Pengertian, Ciri-ciri, & Contohnya

Contoh Kalimat Pernyataan

Contoh Kalimat Pernyataan – Kembali lagi membahas materi dalam bahasa Indonesia. Kali ini, Kursiguru akan membahas mengenai contoh kalimat pernyataan. Materi ini tentunya penting untuk kita pelajari agar tahu perbedaan dari jenis kalimat lainnya serta juga bisa menulis sebuah kalimat pernyataan.

Kalimat pernyataan bisa kita temukan di semua tulisan baik itu fiksi maupun nonfiksi. Karena pada dasarnya sebuah tulisan memiliki sifat memberi informasi. Sifat itulah yang dimiliki oleh kalimat pernyataan.

Sebelumnya, kita telah membahas kalimat tidak langsung. Dalam kalimat tersebut pun juga mengandung dalam kalimat pernyataan. Karena memberikan informasi kepada orang yang diajak bicara. Bagi kamu yang ingin mempelajari tentang kalimat tidak langsung bisa langsung membukanya.

Pembahasan artikel ini seperti biasa membahas pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat pernyataan. Di akhir artikel juga akan dibagikan buku tentang kalimat. Mari kita bahas materi tentang kalimat pernyataan berikut dengan seksama.

Pengertian Kalimat Pernyataan

Kalimat pernyataan merupakan salah satu jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Kalimat ini diartikan sebagai kalimat yang memberikan informasi kepada orang lain mengenai sesuatu yang telah terjadi. Informasi yang diberikan bisa berupa fakta maupun opini. Apabila berupa opini biasanya dalam teks fiksi. Bentuknya sebuah cerita atau imajinatif.

Selain kita temukan dalam teks-teks bahasa Indonesia, kita juga bisa menemukan kalimat pernyataan dalam matematika. Hal itu digunakan untuk memberikan informasi berupa hasil atau jawaban. Seperti halnya pada contoh berikut, Hewan b adalah jenis hewan berkaki empat.

tisu murah

Ciri-ciri Kalimat Pernyataan

Adapun kalimat pernyataan memiliki beberapa ciri yang membedakan dari jenis kalimat lainnya. Ciri-cirinya meliputi bersifat fakta maupun opini, menggunakan tanda titik, dan diucapkan dengan nada datar. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Baca  10 Contoh Paragraf Pembuka : Penghubung dan Penutup

Bersifat Fakta Maupun Opini

Telah dibahas di paragraf awal, bahwa kalimat pernyataan memiliki sifat fakta maupun opini. Fakta sendiri memiliki arti sebagai kejadian yang sebenarnya atau kejadian yang telah terjadi. Sedangkan opini merupakan hal belum terjadi atau pendapat dari orang lain yang belum tahu kepastiannya.

Menggunakan Tanda Titik (.)

Kita tahu bahwa sebuah teks dikatakan kalimat diakhiri dengan tanda titik. Demikian juga pada kalimat pernyataan. Di setiap akhir kalimat ditutup dengan tanda titik. Ciri ini juga dimiliki oleh jenis kalimat lainnya. Apapun kalimatnya pasti diakhiri dengan tanda titik.

Diucapkan dengan Nada Datar

Ciri pembeda lainnya adalah diucapkan dengan nada yang datar. Hal ini dikarenakan kalimat pernyataan tidak mengharapkan respon dari pembaca atau pendengar. Jadi hanya perlu memberi intonasi yang datar. Berbeda dengan kalimat perintah yang harus meninggikan suara ketika diucapkan.

Contoh Kalimat Pernyataan

Nah, setelah memahami kalimat pernyataan dari definisi dan ciri-ciri di atas, kita saatnya mencoba menulis contoh kalimat pernyataan. Beberapa contoh di bawah ini merupakan kalimat yang berasal dari berbagai tema. Baik itu matematika, biologi, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain.

Contoh Kalimat Pernyataan Kehidupan Sehari-hari

  • Minggu lalu, udara di kota B terasa dingin sekali.
  • Siang tadi, awan hitam telah menutup kota ini.
  • Setelah bel istirahat berbunyi, kami selalu duduk-duduk di depan kelas.
  • Setiap hari minggu, Ayah selalu membaca koran di ruang tamu.
  • Sering kali ibu yang memasak nasi di siang hari.
  • Di hari ulang tahun Ibu, kakak akan membuat kue paling enak.
  • Saat Ayah berangkat kerja, adik masih tertidur.
  • Sore ini, pasti paman sedang minum kopi di depan rumah.
  • Ibu saya berasal dari provinsi Jawa Tengah.
Baca  65 Contoh Kalimat Simpleks : Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Kalimat Pernyataan Matematika

  • Hewan x adalah hewan berkaki dua.
  • Hasil dari soal perhitungan itu adalah 10.
  • Ayah memiliki mobil 5, kemudian dijual 2.
  • Saya memiliki uang Rp. 2500.
  • Seorang pedangan memiliki 500 buah semangka, seharinya laku 100.
  • Jumlah keseluruhan adalah sepuluh.

Contoh Kalimat Pernyataan Umum

  • Setelah belajar bahasa Indonesia, adik jadi gemar membaca.
  • Setelah tiba, rumah Andi sangat mewah.
  • Semenjak ia rajian belajar, nilai selalu tinggi.
  • Novel ini sangat menarik.
  • Nenek sudah berumur 75 tahun.
  • Setelah bercerita, Ayah Andi adalah seorang pengusaha.

Download Buku Tentang Kalimat

Tentunya dari seluruh pembahasan di atas, kita setidaknya sudah paham mengenai kalimat pernyataan. Untuk menambah pemahaman kita tentang kalimat, Kursiguru telah menyediakan buku rekomendasi tentang kalimat. Buku ini bisa kamu miliki dan gunakan di lain waktu. Format buku ini adalah PDF. Silakan langsung saja download file buku di bawah ini.

Download Buku Tentang Kalimat

Akhir Kata

Kurang lebih akhirnya kita telah memahami secara betul tentang kalimat pernyataan yang disertai pula dengan contohnya. Harapan dari Kursiguru, artikel ini dapat memberikan sumbangsih pengetahun bagi para peserta didik di Indonesia. Selalu nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Farmaku.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.