Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

150 Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat : Lengkap & Terstuktur

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat – Dalam tatanan ilmu bahasa Indonesia memiliki aturan-aturan dalam menyusun sebuah kalimat. Salah satunya adalah kalimat majemuk bertingkat. Nah, di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengulas mengenai contoh kalimat majemuk bertingkat.

Tema artikel ini tentunya sangat penting, mengingat bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia.

Berkaitan dengan bahasa Indonesia, penulis juga sudah menulis beberapa tema tentang bahasa Indonesia. Salah satunya adalah materi bahasa Indonesia kelas 12. Artikel tersebut masih adalah kaitannya dengan kalimat majemuk bertingkat, karena di dalamnya mempelajari tentang kalimat. Silakan bagi kamu yang kelas 12 bisa membuka artikel tersebut.

Kalimat majemuk bertingkat adalah sebuah materi dari salah satu keterampilan berbahasa yaitu menulis. Bagaimana kita bisa menyusun kalimat dengan benar dan bisa enak ketika dibaca oleh pembaca. Mari kita bahasa tentang contoh kalimat majemuk bertingkat.

Apa Itu Kalimat Majemuk Bertingkat

Sebelum berbicara contoh dari kalimat majemuk, kita lebih dulu memahami apa itu kalimat majemuk bertingkat. Kalimat majemuk bertingkat merupakan sebuah susunan dua kalimat tunggal maupun lebih yang memiliki unsur induk kalimat dan anak kalimat. Induk kalimat merupakan maksud dari apa yang ditulis. Sedangkan dengan anak kalimat merupakan kalimat penunjang dari inti kalimat. Anak kalimat sendiri memiliki sifat tidak bisa berdiri sendiri.

Jenis-jenis Kalimat Majemuk Bertingkat

Setelah kita mengetahui pengertian kalimat majemuk bertingkat, kita beralih kepada jenis-jenis kalimat majemuk bertingkat. Terdapat 12 jenis dalam kalimat majemuk bertingkat. Berikut penjelasan dari satu per satu jenis-jenisnya.

tisu murah

Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Waktu

Kalimat majemuk bertingkat waktu merupakan kalimat yang menandakan waktu. Keterangan waktu bisa di kalimat satu dan bisa di kalimat kedua. Biasanya terdapat keterangan kata ketika, setelah, sebelum, sewaktu, makala, dan sejak. Berikut contoh kalimat majemuk bertingkat keterangan waktu.

Contoh:
Dia menjadi juara kelas, sejak ia mengikuti tambahan bimbingan belajar.
Suasana seminar menjadi riuh, ketika Pak Bupati hadir.
Ayah berjanji akan membelikan hp, ketika nanti sudah gajian.

Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Tujuan

Hubungan tujuan dalam kalimat majemuk bertingkat merupakan kalimat yang memiliki keterangan tujuan. Biasanya untuk mengutarakan tujuan dengan kata hubung supaya, guna, agar, dan untuk. Berikut contoh penulisan kalimatnya.

Contoh:
Ibu menggunakan kain, agar tidak panas memegang panci.
Adik selalu berolahraga sore, guna menjaga stamina tubuh.
Sales memasang banner di warung-warung untuk meningkatkan penjualan.

Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Syarat

Hubungan syarat merupakan kalimat yang mempunyai keterangan syarat. Biasanya dalam kalimatnya ditandai dengan kata seperti jika, apabila, andaikan, kalau, dan andaikata. Berikut contoh penulis dalam kalimat.

Contoh:
Apabila kamu ingin naik kelas, maka kamu harus belajar lebih giat.
Covid-19 bisa berakhir, kalau kamu bisa menjaga kebugaran tubuh.
Jika kamu ingin lolos jadi PNS, kamu harus mengikuti latihan-latihan soal.

Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Perumpamaan

Jenis hubungan perumpamaan merupakan kalimat yang memiliki keterangan perumpamaan atau perhubungan dengan kalimat yang lainnya. Contoh kalimatnya biasa ditulis dengan kata hubung seperti daripada, seperti, ibarat, laksana, dan bagaikan. Berikut contoh penulisan pada kalimat.

Contoh:
Sekolah itu dibangun lebih besar, daripada gedung sekolah sebelumnya.
Karyanya diciptakan seperti aslinya.
Mendengar keriuhan kejuaraan asean games laksana kobaran api

Kalimat Majemuk Bertingkat Hubungan Sebab akibat

Kalimat majemuk bertingkat hubungan sebab akibat merupakan kalimat yang berisi keterangan sebab atau akibat. Kalimat itu bisa kita tulis menggunakan bantuan kata seperti oleh karena itu dan sehingga.

Contoh:
Andin tidak naik kelas, sebab tidak pernah mendengarkan ibu guru saat menjelaskan materi.
Pagi itu masyarakat mendengar dentuman bom, sehingga orang-orang ketakutan.
Andin sering bermain game online, sehingga tidak naik kelas.

Hubungan Pertentangan

Kalimat majemuk bertingkat hubungan pertentangan ditandai adanya keterangan pertentangan. Katerangan ini bisa ditulis menggunakan beberapa kata seperti, faktanya, padahal, dan kenyataannya. Berikut contoh penulisannya.

Contoh:
Bupati itu terlihat hidup sederhana, padahal ia memiliki banyak harta.
Jokowi menyatakan menggunakan masker, padahal banyak pejabat banyak tidak menggunakan masker.
Budi membolos sekolah hari ini, kenyataanya dia sedang bermain badminton.

Hubungan Cara

Jenis lainnya adalah kalimat majemuk bertingkat keterangan cara. Kalimat keterangan cara ini biasa ditulis menggunakan kata dengan dan dalam. Berikut contoh penulisan dalam kalimat.

Andi mengendarai sepeda dengan pelan, supaya tidak terjatuh.
Masyarakat memakai masker dalam rangka mengurangi angka kematian covid-19.

Hubungan Penjelas

Jenis hubungan penjelas ditandai dengan adanya kata seperti, bahwa dan bahkan. Berikut contoh penulisan dalam kalimat.

Contoh:
Musim penghujan tahun ini lebih panjang, bahkan terpanjang dalam sejarah.
Kepala sekolah memberi informasi bahwa besok masuk semester genap

Hubungan Pengandaian

Jenis kalimat majemuk bertingkat terakhir yaitu hubungan pengandaian. Jenis ini dapat ditandai dengan adanya kata seperti, seakan-akan dan seolah-olah. Berikut penulisan dalam kalimat yang benar.

Contoh:
Siswa tersebut mengangguk-angguk, seolah-olah maksud dengan penjelasan dari guru.
Sejak angka kematin yang meningkat di pandemi, seakan-akan memberi kenangan yang tidak bisa dilupakan.

Download Buku Rekomendasi Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat

Tentunya sudah padam ya, dengan penjelasan mengenai contoh kalimat majemuk bertingkat. Sudah bisa juga bagaimana meletakkan jenis-jenis kalimat bertingkat pada kalimat. Di bawah ini, Kursiguru juga telah menyediakan buku rekomendasi untuk latihan penulisan kalimat majemuk bertingkat. Silakan download file di bawah ini dengan benar ya.

Baca  15 Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 Semester 2 K13 & Jawabannya PDF

Download Buku Bahasa Indonesia

Akhir Kata

Sekian pembahasan di kesempatan kali ini mengenai contoh kalimat majemuk bertingkat beserta contoh penulisan dalam kalimat. Semoga artikel dari Kursiguru ini memberikan gambaran kamu yang sedang mempelajari kalimat.

Sumber Gambar : Pikiranrakyat.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.