Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

100 Contoh Kalimat Majemuk Setara : Lengkap Beserta Polanya

contoh kalimat majemuk setara

Contoh Kalimat Majemuk Setara – Kembali mengulas materi mengenai kalimat. Kali ini, Kursiguru megajak kalian untuk memahami contoh kalimat majemuk setara. Pembahasan artikel ini mulai dari pengertian, contoh kalimat, dan download buku rekomendasi untuk materi kalimat majemuk setara.

Tema materi tentang kalimat tentunya sangat penting kita pelajari. Apalagi bagi kamu yang sedang menyusun tugas akhir atau skripsi. Mengingat kalimat harus ditulis dengan benar sesuai kaidah kebahasaan bahasa Indonesia, agar pembaca dapat memahami maksud dan tujuan dari tulisan kita.

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai contoh kalimat majemuk bertingkat. Nah, bagi kamu yang belum membacanya bisa langsung membukanya. Agar lebih lengkap pemahaman tentang kalimat majemuk.

Sama halnya dengan kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk setara adalah sebuah materi dari salah satu keterampilan berbahasa Indonesia yaitu menulis. Mari simak secara seksama artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Kalimat Majemuk Setara

Perlu dipahami lebih dulu, bahwa kalimat majemuk setara merupakan gabungan dari beberapa kalimat yang memiliki unsur atau kedudukan yang sama. Jenis kalimat ini juga memiliki 2 kalimat yaitu induk kalimat dan anak kalimat. Dua kalimat tersebut yang nantinya digabungkan menjadi satu dengan tambahan kata hubung.

Jenis dan Contoh Kalimat Majemuk Setara

Setelah kita memahami apa itu kalimat majemuk setara, selanjutnya kita mencari tahu jenis-jenisnya beserta contoh penulisan dalam kalimat. Berikut pembahasannya tentang contoh kalimat mejemuk setara.

tisu murah

Kalimat Majemuk Setara Penggabungan

Jenis pertama adalah kalimat majemuk setara penggabungan. Jenis ini merupakan gabungan antara dua kalimat yang memiliki suasana yang sama. Biasanya dalam penulisannya ditambahkan kata seperti, dan, sebelum, ketika, dan kemudian. Berikut pola penulisannya.

Contoh:
Ayah pergi bekerja dan Ibu mengantar adik ke sekolah.
Kakak menjuari kejuaraan futsal dan sekaligus menjadi pemain terbaik.
Suasana seminar nasional riuh ketika Gubernuh Ganjar Pranowo hadir.
Bus Sinar Jaya sudah menunggu di terminal sebelum rombongan studi tour tiba.
Ibu membaca surat dari ayah kemudian menangis.

Kalimat Majemuk Setara Pertentangan

Jenis kalimat majemuk setara yang kedua adalah pertentangan. Di mana jenis ini ditandai dengan adanya penggabungan antara dua kalimat dan disisipi kata seperti, tetapi, melainkan, sedangkan, dan namun. Berikut pola penulisan dalam kalimat.

Contoh:
Siswa itu tidak pintar dalam pelajaran matematika, tetapi gambarnya indah sekali.
Kepala sekolah sudah memberi surat peringatan berkali-kali, namun sama sekali tidak dihiraukan oleh siswa.
Pejabat itu bukan penguasa, namun pelayanan dari masyarakat
Ayah lebih suka musik rock, sedangkan kakak lebih suka musik pop

Kalimat Majemuk Setara Memilih

Ketiga adalah jenis kalimat majemuk setara memilih. Penulisan pola dalam kalimat biasanya ditandai dengan kata atau. Berikut penulisan dalam sebuah kalimat.

Contoh:
Kakak mau dibelikan sepatu futsal atau kaos kaki baru?
Setelah nanti adik sukses, mau memberi mobil dulu atau rumah dulu?

Keterangan Penguatan

Kalimat majemuk setara penguatan merupakan gabungan antara dua kalimat dalam situasi sama. Biasanya ditandai oleh beberapa kata seperti, terlebih lagi dan bahkan. Berikut pola penulisan dalam kalimat.

Contoh:
Sekolah itu menjadi sekolah favorit, terlebih lagi mempunya banyak prestasi dalam bidang akademik.
Ayah adalah seseorang yang baik, bahkan selalu memberi hadiah saat ulang tahun adik.

Keterangan Waktu

Jenis terakhir yaitu kalimat majemuk setara waktu atau urutan waktu. Biasanya penulisan dalam kalimat terdapat kata seperti, kemudian, setelah itu, dan lalu. Berikut pola penulisan dalam kalimatnya.

Contoh:
Ayah menjemput adik pulang sekolah, kemudian mampir membeli makanan.
Ayah menjemput kakak pulang sekolah, setelah itu pergi berangkat kerja lagi.
Guru menjelaskan materi, lalu memberikan tugas latihan mengerjakan soal.

Download Buku Materi Kalimat Majemuk Setara

Pembahasan contoh kalimat majemuk setara di atas masih banyak lagi. Kamu bisa melatih dengan cara sering menulis banyak materi dari buku. Nah, kali ini Kursiguru membagikan buku rekomendasi yang bisa dijadikan sebagai latihan kamu mempelajari kalimat majemuk setara. Buku di bawah ini berbentuk PDF yang bisa kamu download dengan sangat mudah.

Baca  65 Contoh Kalimat Simpleks : Pengertian dan Ciri-cirinya

Download Buku Materi Kalimat Majemuk Setara

Akhir Kata

Setelah pembahasan yang sangat lengkap mengenai contoh kalimat majemuk setara, kita akhirnya sudah bisa menyusun kalimat dengan bantuan kata-kata keterangan. Semoga dari artikel ini bisa membantu kamu dalam membuat sebuah kalimat dalam tulisan apa pun. Nantikan pembahasan berikutnya mengenai dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Inews.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.