Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

85 Contoh Kata Dasar : Pengertian dan Ciri-cirinya

contoh kata dasar

Contoh Kata Dasar – Menyambung lagi materi yang ada di dalam bahasa Indonesia. Di kesempatan kali ini Kursiguru akan membahas mengenai materi contoh kata dasar. Tentunya materi ini sangat penting dipelajari, mengingat kata dasar selalu digunakan untuk mengisi kalimat atau paragraf.

Sebenarnya untuk mempelajari kata dasar tidak terlalu sulit. Hanya saja kita sering-sering membaca sebuah bacaan atau tulisan. Hal itu untuk memperbanyak kosakata di dalam otak kita. Setelah kita banyak mengetahui kata dasar, maka kita bisa lebih mudah menyusun sebuah kalimat atau paragraf.

Di minggu yang lalu, Kursiguru telah menulis tentang contoh kosakata percakapan. Artikel tersebut masih ada kaitannya dengan artikel ini. Jadi kamu bisa membuka artikel tersebut sebagai bahan belajar setelah membaca artikel ini

Pembahasan kita kali ini tidak hanya membuat contoh kata dasar dalam sebuah kalimat. Namun juga mempelajari definisi dan ciri-ciri kata dasar. Selain itu, seperti biasa penulis akan membagikan buku mengenai kata. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas artikel ini sampai selesai.

Pengertian Kata Dasar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dasar dapat diartikan sebagai kumpulan kata yang menjadi dasar dari bentukan kata lebih besar. Artinya kata dasar tersebut bisa memiliki makna yang lain ketika mendapatkan imbuhan. Seperti kata dasar sapu menjadi menyapu, atau bisa menjadi disapu. Setiap kata tersebut memiliki makna yang berbeda namun tetap kata dasarnya adalah sapu. Itulah yang dinamakan dengan kata dasar.

Baca  32 Contoh Kalimat Sanggahan : Definsi, Ciri-ciri, & Contohnya

Ciri-ciri Kata Dasar

Adapun dari kata dasar sendiri memiliki ciri-ciri. Bagian ini perlu kita ketahui dan pahami sehingga bisa membedakan dengan jenis kata lainnya. Terdapat empat ciri, berikut penjelasannya dari masing-masing ciri tersebut.

tisu murah

Kata Dasar Sebagai Satuan Terkecil dalam Bahasa Indonesia

Kata dasar sendiri merupakan satuan terkecil dalam ilmu bahasa Indonesia. Setelah kata terdapat klausa, kalimat, dan paragraf.

Kata Dasar Sebagai Bentuk Tunggal

Ciri yang kedua adalah sebagai bentuk tunggal. Artikel dapat berdiri sendiri tanpa diberi imbuhan. Kata dasar masih bisa digunakan dalam sebuah kalimat.

Kata Dasar Dapat Diberi Imbuhan

Ciri ketiga adalah dapat diberi imbuhan. Selain memiliki sifat berdiri sendiri, kata dasar juga dapat diberi imbuhan. Seperti halnya diberi imbuhan, me-, di-, ke-, dan lain sebagainya.

Kata Dasar Dapat Membentuk Kalimat

Ciri terakhir adalah dapat membentuk kalimat. Seperti pembahasan sebelumnya, kata dasar tanpa diberi imbuhan dapat membentuk kalimat. Hal itu hanya disesuaikan dengan konteks kalimat. Tergantung si penulis itu sendiri.

Kumpulan Contoh Kata Dasar dalam Kalimat Bahasa Indonesia

Nah, setelah memahami definisi dan ciri-ciri kata dasar di atas, kita mencoba membuat kalimat dalam bahasa Indonesia yang disisipi kata dasar. Tanpa diberi imbuhan. Apakah bisa? mari kita simak contoh di bawah ini.

  • Andi sedang minum es campur.
  • Ayah pergi ke kantor menggunakan mobil.
  • Kakak lari terbirit-terbirit setekah anjing itu mengejarnya.
  • Adik makan ayam goreng bersama Ibu.
  • Ayah bakal pulang kerja, sore ini.
  • Ibu duduk termenung di ruang tamu.
  • Toko itu buka pukul 10.00 pagi.
  • Ayah pikir teman kerjanya sangat loyal.
  • Kambing itu mati karena keracunan.
  • Ibu guru jatuh dari motor setelah sampai di sekolah.
  • Ibu kerja di rumah tetangga.
  • Baju seragam itu memiliki warna merah.
  • Proses jual kemarin dilakukan secara terang-terangan.
  • Warung itu sudah buka di pagi hari.
  • Aparat itu asal pukul kepada pendemo.
  • Paman sudah hutang lebih dari 1 juta.
  • Andi maju ke depan kelas setelah ditunjuk ibu guru.
  • Kakek sekarang tinggal bersama anak pertamanya.
  • Adik bangun pukul 8 pagi.
  • Bayu meminta maaf kepada Sapri setelah mengejeknya berulang kali.
Baca  150 Contoh Soal Tes Perangkat Desa Kunci Jawaban PDF

Download Buku Tentang Kata

Sesuai dengan pembahasan di awal, penulis akan membagikan buku materi tentang kata dasar. Buku ini memiliki format PDF. Jadi kamu bisa mendownload file buku ini dengan sangat mudah dan tanpa ada biaya sepersen pun. Silakan langsung download buku di bawah ini sebagai pegangan kamu untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih dalam.

Download Buku Tentang Kata

Akhir Kata

Kurang lebih pembahasan kita kali ini mengenai contoh kata dasar. Kursiguru berharap artikel ini dapat memberikan pencerahan bagi para peserta didik yang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru seputar dunia pendidikan di Indonesia.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.