Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

50+ Contoh Kalimat Tidak Langsung : Pengertian, Ciri, & Contoh

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Contoh Kalimat Tidak Langsung – Tidak jarang kita menemukan kalimat-kalimat percakapan dalam sebuah teks atau tulisan. Hal itu dikarenakan supaya teks memiliki nilai fakta. Kalimat tersebut dikatakan sebagai kalimat tidak langsung.

Di artikel ini, Kursiguru akan mencoba membahas sebuah materi tentang kalimat tidak langsung. Pembahasan ini tentunya sangat penting guna kita bisa menyusun kalimat dengan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan Indonesia.

Tema kali ini tidak kalah penting dengan tema kalimat klasifikasi. Mengingat kalimat tidak langsung masih dalam ranah jenis-jenis kalimat. Bagi kamu yang sedang mempelajari tentang kalimat, artikel ini bisa digunakan sebagai pegangan referensi belajar.

Pembahasan artikel tidak jauh dari artikel sebelumnya yaitu pengertian, ciri-ciri, dan contoh kalimat tidak langsung dalam sebuah teks. Tidak hanya itu, Kursiguru juga akan mencantumkan link buku PDF tentang kalimat. Berikut penjelasan dari Kursiguru mengenai kalimat tidak langsung.

Pengertian Kalimat Tidak Langsung

Berdasarkan percakapan, kalimat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu kalimat langsung dan tidak langsung. Kalimat tidak langsung sendiri adalah sebuah kalimat yang diambil dari sebuah percakapan orang lain kemudian ditulis dalam teks.

Kalimat tersebut bisa kita temukan di banyak jenis tulisan. Seperti halnya di teks berita, teks eksposisi, teks sastra, novel, cerpen, dan lain sebagainya.

tisu murah

Ciri-ciri Kalimat Tidak Langsung

Adapun ciri-ciri dari kalimat tidak langsung ada tiga. Ketiga ciri ini untuk memudahkan kita menentukan kalimat tersebut. Berikut penjelasan dari ketiga ciri tersebut.

Baca  6 Materi Biologi Kelas 11 Semester 2 K13 & Download PDF

Tanpa Penulisan Tanda Petik Dua

Berbeda dengan kalimat langsung, kalimat tidak langsung tidak ditulis dengan tanda petik dua (“). Hal ini dikarenakan kalimat memiliki sifat tidak langsung. Artinya tidak langsung yaitu tidak pada waktu yang tepat.

Merubah Kata Ganti Orang

Ciri kedua yaitu adalah adanya perubahan kata ganti orang. Hal ini dilakukan agar kalimat lebih variatif atau tidak monoton.

Intonasi yang Digunakan Mendatar dan Menurun

Ciri terakhir yaitu intonasi dalam membaca kalimat tidak langsung adalah datar dan turun. Karena dalam kalimatnya tidak terdapat tanda seru atau tanya. Tidak seperti kalimat langsung yang biasanya menggunakan tanda seru atau tanya.

Contoh Kalimat Tidak Langsung

Setelah kita mempelajari banyak tentang kalimat tidak langsung, kita akan mencoba menulis kalimat tersebut. Penulisan ini diharapkan bisa melatih kita dalam menyusun kalimat dalam bahasa Indonesia. Berikut kumpulan contoh kalimat tidak langsung yang sudah dirangkum oleh Kursiguru.

Contoh Kalimat Tidak Langsung 1

Sebanyak sepuluh ruko di pasar dilalap si jago merah. Dalam kejadian, tidak ada korban jiwa. Kepala Kepolisian menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas kejadian tersebut.

Contoh Kalimat Tidak Langsung 2

Pertandingan sepakbola antara tuan rumah Indonesia dengan Vietnam berakhir kemenangan untuk Indonesia. Pelatih Indonesia mengatakan akan ada formasi terbaru dalam pertandingan final beradapan dengan Thailand.

Contoh Kalimat Tidak Langsung 3

Walaupun kasus Covid-19 menurun secara dratis, namun Presiden Joko Widodo menginginkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan diri dan orang lain.

Contoh Kalimat Tidak Langsung Lainnya

  • Angga bertanya mengenai pelajaran Bahasa Indonesia kepada Ryan.
  • Kepala sekolah menugaskan semua guru untuk mengikuti upacara 17 Agustus.
  • Kakak mengatakan bahwa adik dicari oleh Ayah, untuk membantunya mencuci sepeda motor.
  • Ibu menyampaikan kepada Ryan agar segera menyelesaikan PRnya.
  • Ayah memintaku untuk membeli garam dan cabai di pasar.
  • Hanin berbicara dengan keras, bahwa ia akan menjadi juara 1 memasak.
  • Andi mengatakan kepada Bapak Guru, bahwa Supri bolos karen sakit.
  • Aini bertanya ke Ryan sudah mengerjakan PR atau belum.
  • Kakak berkata pada Ayah supaya membelikan sepatu baru.
  • Salma mengatakan tidak berangkat les sore ini, sebab ia aka nada urusan keluarga.
  • Perawat itu memberikan nasehat ke Saya agar tidak berolahraga lebih dulu.
  • Ibu guru memberi tugas untuk mencari perbedaan kalimat utama dan penjelas.
  • Andri menyuruhku untuk mengambil bola di rumahnya.
  • Ayah memberi peringatan ke Sule agar tidak main jauh-jauh lain.
  • Presiden menegaskan kepada masyarakatnya untuk menjaga kekebalan tubuh.
Baca  4 Buku Materi Ekonomi Kelas 11 Semester 1 Kurikulum K13 PDF

Download Buku Kalimat Tidak Langsung

Selain contoh kalimat di atas, Kursiguru telah menyediakan buku tentang kalimat tidak langsung. Buku ini juga berisi kumpulan contoh kalimat tidak langsung. Selain itu, juga berisi materi lainnya, Berikut link buku tentang kalimat dalam format PDF.

Download Buku Tentang Kalimat

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai materi contoh kalimat tidak langsung bersama Kursiguru. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa menjadi bahan referensi untuk belajar. Kalian juga bisa menggunakan kumpulan contoh di atas untuk pengajaran di sekolahan.

Sumber Gambar : Kompas.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.