Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

35 Contoh Kalimat Ambigu : Pengertian, Ciri, Jenis, & Buku Materi

Contoh Kalimat Ambigu

Contoh Kalimat Ambigu – Sering kali kita masih menjumpai kalimat-kalimat dalam sebuah teks yang membingungkan. Hal itu membuat kita merasa tidak bisa menerima informasi dengan baik. Kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia disebut kalimat ambigu.

Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk membahas mengenai contoh kalimat ambigu dalam bahasa Indonesia. Materi ini perlu kita pelajari supaya kita tidak mengulangi adanya kalimat ambigu dalam sebuah teks bahasa Indonesia.

Berkaitan materi tentang kalimat, penulis telah menulis banyak jenis kalimat. Salah satunya adalah contoh kalimat tidak baku. Di mana materi tersebut berisi kumpulan contoh dari kalimat tidak baku yang sering muncul dalam tulisan-tulisan.

Bagi kalian yang belum tahu mengenai kalimat ambigu, artikel ini akan membantu kamu dalam memahami penjelasan mengenai jenis kalimat tersebut. Pembahasan artikel ini akan membahas meliputi definisi, ciri-ciri, jenis-jenis, serta contoh kalimat ambigu.

Apa Itu Kalimat Ambigu

Kalimat ambigu dapat diartikan sebagai suatu kalimat yang memiliki lebih dari satu makna. Dari kalimat tersebut tercipta dikarenakan penggunaan kata keterangan lebih dari satu. Di dalam bahasa Inggris, ambigu diambil dari kata ambiguity. Artinya sebuah kalimat yang bisa diartikan lebih dari satu arti.

Tanpa orang sadari, penggunaan kalimat ini masih sering dilakukan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Terkadang, seseorang tidak meletakkan tanda baca dalam sebuah kalimat yang di situ aka menimbulkan makna ganda.

Baca  10 Contoh Paragraf Pembuka : Penghubung dan Penutup

Ciri-Ciri Kalimat Ambigu

Adapun dari kalimat ambigu memiliki ciri-ciri sebagai tanda bahwa adanya penulisan atau pengucapan kalimat tersebut. Berikut beberapa ciri kalimat ambiguitas yang perlu kita ketahui.

Memiliki Makna Ganda

Dalam kesalahan menyusun kalimat, maka akan menimbulkan makna ganda. Adanya lebih dari satu makna tersebut diakibatkan karena tidak menyertakan tanda baca seperti koma. Contohnya pada kalimat berikut, Adik mencuci baju kakak saya tidur pulas. Harusnya, kalimat tersebut diberi tanda koma yang menjadi, Adik mencuci baju kakak, saya tidur pulas.

Membuat Pembaca Bingung

Dari adanya makna ganda di atas, maka secara tidak langsung membuat pembaca bingung. Kebingungan ini akan membuat pembaca menilai tulisan tidak baik untuk dibaca.

Membuat Kesalahpahaman Pembaca

Selain itu, kalimat ambigu juga akan membuat kesalahpahahaman seorang pembaca atau pendengar. Kesalahpahaman ini akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Jenis-Jenis Kalimat Ambigu

Dalam contoh kalimat ambigu terdapat pula jenis-jenisnya. Ada 3 jenis kalimat ambigu yang perlu kita ketahui dan pahami. Dari ketiga tersebut ada kalimat ambigu fonetik, leksikal, dan gramatikal. Berikut penjelasannya.

Kalimat Ambigu Fonetik

Fonetik dalam bahasa Indonesia sendiri merupakan ilmu bahasa yang mempelajari bunyi. Ketika manusia berbicara, maka akan mengerluarkan bunyi atau suara. Terkadang dari perbedaan bunyi bicara setiap orang akan membuat kesalahpahaman orang lain. Seperti nada bicara orang batak yang keras. Orang Jawa menganggap orang tersebut sedang marah. Padahal tidak.

Kalimat Ambigu Leksikal

Leksikal dalam bahasa Indonesia merupakan ilmu dalam bahasa yang mempelajari makna kata. Terdapat beberapa kata yang memiliki penulisan sama namun maknanya berbeda. Hal ini terkadang akan menimbulkan kebingungan pembaca. Dalam hal ini, kita perlu memilih kata dengan tepat.

Baca  Materi Matematika Kelas 1 SD K13 : Semua Semester & Download PDF

Kalimat Ambigu Gramatikal

Gramatikal dalam bahasa Indonesia merupakan ilmu bahasa yang mempelajari struktur dan tata bahasa Indonesia. Penggunaan gramatikal bertujuan untuk membuat pengguaan kata dan kalimat dengan tepat. Namun, sering kali seseorang masih dalam menyusun kalimat dengan baik dan benar. Sehingga menimbulkan kesalahpahaman pembaca.

Kumpulan Contoh Kalimat Ambigu

Setelah mengetahui selak beluk dari materi gramatikal di atas, kita coba membaca kumpulan contoh kalimat ambigu yang sudah disediakan oleh Kursiguru. Contoh-contoh kalimat di bawah bisa digunakan sebagai rujukan agar kita tidak membuat kalimat ambigu di tulisan-tulisan kita.

  • Ayah membaca koran Saya pulang bermain.
  • Skripsi mahasiswa sudah dibungkus oleh kampus.
  • Saya merasa geli ketika melihat dia.
  • Ayah anak pergi berlibur.
  • Andi termakan omongan sendiri.
  • Ayu memiliki kecantikan tiada tara.
  • Pamannya telah menggodok anaknya sehingga menjadi anak yang kuat.
  • Mahasiswa baru itu masih bau kencur.
  • Kita akan menemui senja.
  • Roti Ibu tertelan kucing di rumahnya.

Download Buku Materi Mengenai Contoh Kalimat Ambigu

Selain contoh kalimat di atas, penulis juga telah menyediakan buku materi mengenai kalimat ambigu. Buku di bawah ini berbentuk file PDF. Jadi, kamu bisa menyimpan bukunya dimemori handphonemu. Silakan klik link di bawah ini supaya bisa mendapatkan file buku materinya.

Download Buku Materi Mengenai Contoh Kalimat Ambigu

Akhir Kata

Sekiranya itu pembahasan kita mengenai contoh kalimat ambigu bersama Kursiguru. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat kamu tidak melakukan kesalahan dalam menulis kalimat bahasa Indonesia. Kamu bisa membagikan materi ini ke teman-temanmu.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *