Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Kalimat Klasifikasi Adalah Penjelasan Objek : Definisi & Contoh

Kalimat Klasifikasi Adalah

Kalimat Klasifikasi Adalah – Ketika menulis, berbicara, atau mendengarkan sebuah percakapan sering kali kita temukan penjelasan sebuah subjek maupun objek. Hal tersebut dikarenakan dalam bahasa Indonesia harus ada yang perlu disampaikan dengan runtut dan jelas. Itulah yang dinamakan dengan kalimat klasifikasi.

Di artikel ini, kita akan kembali membahas materi bahasa Indonesia yaitu kalimat klasifikasi. Kursiguru akan mengajak kamu mempelajari apa itu kalimat klasifikasi, ciri-ciri, serta contoh kalimat yang biasa ditemukan pada sebuah teks.

Sebelum artikel ini dimuat, Kursiguru telah membagikan artikel contoh kalimat sumbang. Tema artikel tersebut juga masih dalam ranah materi kalimat dalam bahasa Indonesia. Bagi kamu belum membaca serta mempelajari materi tersebut, silakan bisa membuka artikelnya.

Artikel ini tentunya sangat penting untuk kita pelajari. Apalagi jika ada tugas dari guru di sekolah untuk menjelaskan sesuatu hal, maka kamu akan bisa menjelaskan dengan baik dan benar. Mari kita bahas secara runtut mengenai materi kita hari ini.

Apa Itu Kalimat Klasifikasi

Mengerti serta memahami definisi sebelum lari ke pembahasan lainnya adalah hal penting, begitu pula dengan kita mengetahui definisi dari tema pembahasa kita ini. Definisi kalimat klasifikasi adalah sebuah kalimat yang menjelaskan atau mengklasifikasi suatu hal yang hendak dibicarakan.

Kalimat tersebut bisa kita temukan di banyak karya tulis. Seperti artikel, tugas akhir, skripsi, tesis, disertasi, dan lain sebagainya. Tidak hanya di karya tulis, kita juga bisa menyimak atau mendengarkan dari sebuah percakapan orang lain.

tisu murah
Baca  8 Buku Materi Kelas 6 Semester 2 Tematik : Siswa & Guru 2022

Ciri-ciri Kalimat Klasifikasi

Adapun kalimat klasifikasi sendiri memiliki ciri-ciri. Hal itu berguna untuk membedakan antara jenis kalimat lainnya. Untuk mengetahui seperti apa dari ciri-ciri tersebut, mari kita bahas satu per satu.

Adanya Pengklasifikasian

Pertama, kalimat klasifikasi ditandai dengan adanya susunan kata bersifat mengklasifikasi, menggolongkan, serta membedakan suatu hal dengan kategori-kategori tertentu. Pengklasifikasian bisa meliputi ciri, karakter, atau indikator dari suatu objek tertentu.

Memiliki Sifat Informatif

Kedua, kalimat klasifikasi ditandai dengan adanya sifat memberikan informasi. Informasi-informasi yang diberikan tentunya harus bersumber dari sumber terpecaya atau bersifat fakta.

Menjelaskan Acuan Objek

Ketiga, menjelaskan suatu objek dari suatu keadaan, data, maupun fakta sesuai dengan urutan yang jelas. Di dalam paragraf pun harus memuat kalimat penjelas agar pembaca paham isi dari sebuah tulisan. Kalimat penjelas bisa ditemukan di awal paragraf atau di akhir paragraf.

Contoh Kalimat Klasifikasi

Sudah paham apa itu kalimat klasifikasi dan ciri-cirinya yaa. Nah, kali ini Kursiguru akan membagikan kumpulan contoh kalimat. Berikut contoh-contohnya.

  1. Kursi memiliki jenis berdasarkan bahan yaitu kayu dan besi.
  2. Vaksin Covid-19 memiliki beberapa jenis yaitu sinovac, Astrazeneca, Moderna, serta Pfizer.
  3. Jenis hewan berdasarkan makanannya terdiri dari hewan karnivora, omnivora, serta herbivora.
  4. Narkoba memiliki beberapa jenis yaitu morfin, ganja, heroin, kokain, serta opium.
  5. Iklan memiliki beberapa jenis berdasarkan isinya yaitu pengumuman, iklan niaga, penawaran, iklan pelayanan, dan iklan penawaran.
  6. Sampah dibedakan menjadi 2 jenis yaitu sampah basah (organik) dan sampai padat (anorganik).
  7. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri, antara lain makan, metabolisme, tumbuh, beradaptasi, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, serta berilitabilitas.
  8. Adapun ciri-ciri ikan yang bisa kita ketahui adalah memiliki sirip tunggal, memiliki tulang sejati/rawan, berpasangan, serta memiliki sisik.
  9. Pemain sayap dalam sepakbola dibedakan menjadi sayap kanan dan kiri.
  10. Media sosial yang sering digunakan masyarakat Indonesia, antara lainnya tik-tok, facebook, instagram, serta twitter.
  11. Indonesia memiliki 2 jenis musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan.
  12. Bahan makan dapat digolongkan berdasarkan fungsi yaitu makanan pokok dan tambahan.
  13. Berdasarkan jumlah, pemain badminton dapat dibedakan menjadi 3 yaitu tunggal, ganda, dan ganda campuran.
  14. Berdasarkan posisi, pemain basket dibedakan menjadi 3 posisi yaitu forward, defence, serta playmaker.
  15. Berdasarkan posisi, pemain futsal dibedakan menjadi 4 posisi yaitu kiper, anchor, flank, serta pivot.
  16. Keamanan internet dapat diklasifikasikan menjadi 4 yaitu interception, interruption, modification, serta fabrication.
  17. Manusia memiliki beberapa 4 golongan darah yaitu golongan darah A, B, AB, dan O.
  18. Manusia adalah makhluk hidup yang mampu beradaptasi di segala cuaca.
  19. Paragraf terdiri dari kalimat utama, kalimat penjelas, dan kalimat penutup.
Baca  5 Materi Matematika Kelas 8 Semester 2 K13 & Download PDF

Download Buku Tentang Kalimat Klasifikasi

Setelah membaca banyak hal tentang materi dari pembahasan bersama Kuriguru ini disertai contoh kalimatnya, Kursiguru akan membagikan buku berisi materi tentang kalimat. Salah satunya materi kita hari ini. Format file ini adalah PDF. Kalian bisa mendownload secara mudah dengan tanpa biaya sepersen pun.

Download Buku Tentang Kalimat Klasifikasi

Akhir Kata

Demikian ulasan dan pembelajaran mengenai kalimat klasifikasi bersama Kursiguru. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan tambahan wawasan mengenai tata bahasa Indonesia khususnya tentang kalimat. Nantikan ulasan lainnya dari Kursiguru di seputar dunia pendidikan.

Sumber Gambar: Kompas.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.