Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

35 Contoh Kalimat Majemuk Campuran : Lengkap Dengan Pola

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Contoh Kalimat Majemuk Campuran – Kita kembali lagi membahas materi di dalam bahasa Indonesia. Di kesempatan ini, kursiguru akan mengajak kamu semuanya untuk mengupas tentang contoh kalimat majemuk.

Menurut Kusmayadi, kalimat majemuk dibagi menjadi tiga jenis, antara lain kalimat majemuk setara, majemuk rapatan, majemuk bertingkat, dan majemuk campuran. Nah, di artikel ini, akan dibahas mengenai kalimat majemuk campuran.

Sebelumnya, Kursiguru telah menulis artikel tentang contoh kalimat majemuk setara. Tentunya artikel tersebut ada kaitannya dengan materi ini. Apabila kamu sedang mencarinya, silakan langsung saja membukannya.

Kalimat majemuk campuran merupakan materi yang diajarkan di jenjang SMA. Tentunya artikel ini sangat penting digunakan dalam menambah materi kamu. Bagi kamu sedang belajar tentang materi ini, silakan baca artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran merupakan salah satu jenis kalimat majemuk yang memiliki kedudukan di sebagian klausa serta di bagian lainnya bertingkat. Selain itu, pembentukan pola kalimatnya dihasilkan dari penggabungan dan perluasan.

Seperti contoh berikut, Ayah sedang bekerja dan Ibu memasak ketika adik tertidur. Apabila kalimat tersebut kita analisis, maka terdapat pola Ayah sebagai subjek (S), sedang bekerja sebagai predikat (P), Ibu sebagai subjek (S), memasak sebagai presikat (P), ketika adik tertidur sebagai keterangan (K) dan (S-P).

Baca  3 Materi PKN Kelas 11 Semester 2 Kurikulum K13 & Download Buku PDF

Dari contoh kalimat di atas, maka disimpulkan kalimat tersebut memiliki campuran dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.

Ciri-ciri Kalimat Majemuk Campuran

Adapun dari kalimat majemuk percampuan sendiri memiliki ciri-ciri. Terdapat tiga ciri sebagai pembeda dengan kalimat majemuk lainnya. Berikut penjelasan dari ketiga ciri tersebut.

Terdapat Minimal Tiga Klausa

Klausa merupakan pola gabungan subjek dan predikat. Dalam kalimat majemuk percampuan sendiri setidaknya memiliki minimal tiga klausa dalam satu kalimat.

Memiliki Induk Kalimat dan Anak Kalimat

Induk kalimat merupakan inti dari sebuah kalimat bertingkat, sedangkan anak kalimat merupakan pelengkap dari sebuah inti kalimat. Letak induk kalimat di akhir, sedang anak kalimat pasti berada di awal kalimat. Dalam kalimat majemuk campuran harus terdapat dua jenis kalimat tersebut.

Terdapat Minimal Dua Konjungsi

Konjungsi berfungsi sebagai penjelas makna dan tujuan dari sebuah perstiwa atau tindakan. Kata hubung ini bisa biasanya terdapat di tengah sebuah kalimat. Dalam kalimat majemuk percampuran, setidaknya terdapat minimal dua konjungsi.

Kumpulan Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Pembahasa di atas setidaknya sudah memberi pembahaman kita mengenai kalimat majemuk campuran. Namun, apabila penjelasan di atas tidak adanya contohnya, maka akan terasa kurang. Di bawah ini, Kursiguru telah menulis beberapa contoh kalimat majemuk percampuran dalam bahasa Indonesia.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran 1

  • Adik sedang bermain di lapangan dan Kakak sedang belajar matematika ketika Ayah pergi ke kantor.
  • Karena Ayu selalu terlambat berangkat ke sekolah, Ibu guru memberikan nilai merah dan meminta Ayu pindah ke sekolah.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran 2

  • Para petani padi gagal panen setelah hujan mengguyur selama tiga hari tanpa henti.
  • Andin harus belajar lebih giat untuk bisa mendapatkan beasiswa karena Ayahnya tidak bisa membayar uang kuliah.
Baca  3 Materi Tes Intelegensi Umum TIU CPNS & Download PDF

Contoh Kalimat Majemuk Campuran 3

  • Pada saat Ayah masih hidup, ia selalu memberikan nasihat untuk selalu bersedekah, namun sampai sekarang gaji saya juga tidak cukup untuk makan.
  • Kakak mengerjakan PR bahasa Indonesia dan Adik bermain sendiri ketika Ayah belum pulang kerja.

Contoh Kalimat 4

  • Ibu terpaksa mengantar Adik ke sekolah karena Ayah harus berangkat kerja sangat pagi.
  • Upacara kemerdekaan Indonesia telah berakhir dan dihadiri oleh semua menteri serta keluarga pejabat pemerintah.

Contoh Kalimat 5

  • Kakak selalu ingin membahagiakan Ibunya dan Adiknya, namun selalu terhalang oleh ekonomi.
  • Ayah mengajarkan kedewasaan dan Ibu mengajarkan kasih sayang untuk anak-anak bisa menjadi anak hebat.

Download Buku Tentang Kalimat Majemuk

Seperti di pembahasan di awal, penulis akan menyediakan buku materi mengenai kalimat majemuk khususnya campuran. Bentuk file buku ini adalah PDF. Jadi, kamu bisa mendownload file ini untuk disimpan di gawaimu. Langsung saja download file di bawah ini.

Download Buku Tentang Kalimat Majemuk

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai materi bahasa Indonesia yaitu mengenai contoh kalimat majemuk campuran yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan tambahan materi belajar kamu mengenai jenis-jenis kalimat dalam bahasa Indonesia. Selalu baca tulisan-tulisan dari Kursiguru mengenai seputar pendidikan.

Sumber Gambar : Gramedia.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *