Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 15 Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk : Alami, Total & Proyeksi [2021]

Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk

Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk akan kursiguru bahas pada kesempatan ini. Dimana pertumbuhan penduduk di suatu wilayah bisa dihitung menggunakan rumus matematika, termasuk laju pertumbuhan penduduknya melalui perhitungan aritmatik, geometri, serta eksponen.

Sebelumnya, kursiguru sudah pernah membahas mengenai pertumbuhan secara garis besar, yaitu penambahan jumlah suatu besaran dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan di sini pertumbuhan akan lebih spesifik ke arah perubahan jumlah penduduk dalam waktu setahun.

Adanya variabel kematian, kelahiran, dan perpindahan tempat tinggal membuat populasi manusia di suatu daerah hampir tidak mungkin untuk bernilai konstan (tetap). Melainkan akan terjadi penambahan ataupun pengurangan tergantung pada kondisi lingkungannya.

Materi pertumbuhan penduduk sendiri bisa kamu temui ketika mempelajari mata pelajaran Geografi kelas 11 SMA atau sederajat. Simaklah uraian lengkap dari kursiguru di bawah, agar lebih memahami materi dan contoh soal terkait pertumbuhan penduduk di lingkup geografis tertentu.

Pertumbuhan Penduduk & Jenisnya

Di atas penulis sudah memberikan sedikit kutipan bahwa beberapa variabel penentu pertumbuhan penduduk adalah angka kematian, kelahiran, serta perpindahan penduduk (migrasi). Berdasarkan ketiga variabel itu, pertumbuhan penduduk dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu pertumbuhan alami dan pertumbuhan total.

  • Pertumbuhan Alami, merupakan pertumbuhan penduduk yang hanya memperhitungkan angka kematian & kelahirannya. Biasanya digunakan untuk daerah dengan jumlah penduduk sedikit serta jarang mengalami pertambahan karena migrasi penduduk.
  • Pertumbuhan Total, merupakan pertumbuhan penduduk dengan memperthitungkan jumlah pertumbuhan alami beserta migrasi penduduk. Contoh kejadian migrasi penduduk di sini yaitu imigrasi & emigrasi.

Selain kedua jenis di atas, teori pertumbuhan penduduk juga memperhitungkan perkiraan di masa mendatang atau biasa disebut sebagai proyeksi jumlah penduduk. Perkiraan itu biasa dihitung melalui 3 (tiga) metode, yaitu aritmatika, geometri, dan eksponen.

Rumus Soal Pertumbuhan Penduduk

Karena materi pertumbuhan penduduk dihitung menggunakan teorema matematik, maka sudah dapat dipastikan memiliki rumus (persamaan) khusus. Berikut adalah rumus hitung besaran pertumbuhan penduduk:

Rumus Pertumbuhan Penduduk

Rumus Proyeksi Jumlah Penduduk

Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk

Agar lebih memahami materi pertumbuhan penduduk geografi, silakan simak gambaran contoh soal dari kursiguru berikut ini.

Contoh Soal (1) – Pertumbuhan Alami

Suatu daerah bernama Buffalo Hill memiliki angka kelahiran serta kematian masing-masing sebesar 220.000 dan 177.000. Berapakah besar pertumbuhan alami di Buffalo Hill pada tahun tersebut?

1.Jawaban Soal Buffalo Hill

Contoh Soal (2) – Pertumbuhan Alami

Banyaknya warga yang menduduki Area-21 pada tahun 2005 berjumlah 2.500.000 orang. Karena penyakit malaria menyerang daerah itu, mengakibatkan angka mortalitasnya meningkat drastits. Di akhir tahun 2005, angka kematian Area-21 berjumlah 200.000. Jika besarnya angka kelahiran di Area-21 adalah 180.000, hitunglah besar pertumbuhan penduduknya.

2.Jawaban Soal Area 21

Contoh Soal (3) – Pertumbuhan Total

Kerajaan Alabasta memiliki penduduk sebanyak 1.854.233 jiwa. Pada tahun tersebut sebanyak 101.010 orang pergi, sedangkan ada 123.321 orang masuk ke kerajaan. Jika di tahun yang sama kerajaan Alabasta mempunyai angka kelahiran sebesar 52.007, sedangkan angka kematiannya 33.446, berapakah pertumbuhan penduduk di Alabasta?

3.Jawaban Soal Pertumbuhan Alabasta

Contoh Soal (4) – Proyeksi Total Penduduk

Sebuah negara bernama Liyue mempunyai total populasi penduduk sebesar 12.000.000 jiwa di tahun 2010. Jika pertumbuhan penduduk Liyue sebesar 5% tiap tahunnya, hitung proyeksi total penduduk negara tersebut setelah 6 tahun menggunakan metode geometri.

4.Jawaban Soal Proyeksi Penduduk Liyue

Download Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk

Melengkapi pembahasan di atas, berikut ini kursiguru lampirkan link download contoh soal pertumbuhan penduduk agar kamu bisa mempelajarinya lebih dalam. Contoh soal dalam file di bawah bisa kamu pakai sebagai bahan belajar mandiri ataupun berkelompok bersama teman.

Download Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk

Itulah deskripsi lengkap mengenai pertumbuhan penduduk dari kursiguru. Materi dan contoh soal di atas penulis peroleh dari berbagai sumber seperti buku, internet, serta pengetahuan pribadi. Jadi silakan gunakan contoh soal pertumbuhan penduduk di atas semaksimal mungkin.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *