Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Perubahan Entalpi Beserta Jawaban & Download PDF

Contoh Soal Perubahan Entalpi

Contoh Soal Perubahan Entalpi – akan memberi penjelasan mengenai pengaruh perubahan energi di suatu sistem kimia karena adanya perubahan nilai kalor, baik kondisi masuk ataupun keluar. Dimana biasanya materi perubahan entalpi akan diajarkan kepada siswa SMA kelas 11 serta 12.

Seperti telah dipahami oleh peserta didik jenjang SMA jurusan IPA, bahwa salah satu mata pelajaran (mapel) utama di jurusan itu adalah kimia. Dimana mapel kimia akan mengajarkan berbagai hal termasuk tentang termokimia atau peristiwa kimiawi karena adanya perubahan kalor.

Pada pembahasan termokimia, siswa kelas 11 akan mengenal istilah entalpi yang merupakan inti pembelajaran ilmu tersebut. Oleh karenanya, sangat penting bagi semua peserta didik memahami materi serta soal mengenai entalpi dan perubahan kondisinya.

Di kesempatan ini, Kursiguru akan memberikan ulasan terkait perubahan entalpi mulai dari ringkasan materi, rumus, contoh soal hingga jawaban dan pembahasannya. Jika kamu ingin menyimak penjelasan lengkap mengenai perubahan entalpi, silakan simak uraian berikut ini.

Ringkasan Materi Perubahan Entalpi

Sebelum menuju ke bahasan mengenai contoh persoalannya, di sini penulis akan menjelaskan terlebih dulu mengenai pengertian apa itu entalpi. Dimana entalpi memiliki pengertian dasar sebagai kuantitas panas pada sebuah sistem.

Bila dibawa ke arah termokimia maka perubahan entalpi (ΔH) dapat dikatakan sebagai perubahan nilai panas pada reaksi bahan kimia tanpa adanya perubahan dari segi suhu ataupun tekanan (suhu & tekanan tetap). Besarnya perubahan entalpi sendiri dapat dihitung berdasarkan selisih entalpi zat hasil dikurangi entalpi zat reaktan.

Secara umum, nilai perubahan perubahan entalpi bergantung pada jenis reaksinya, yaitu perubahan entalpi positif (endoterm) serta negatif (eksoterm). Khusus untuk soal tertentu seperti reaksi dalam larutan dan reaksi tanpa perubahan koefisien, besarnya perubahan entalpi dapat dihitung berdasar hasil ukur kalorimeter.

Jenis Perubahan Entalpi

Selanjutnya terkait contoh soal entalpi, terdapat 4 (empat) jenis perubahan entalpi yakni pembentukan, penguraian, pembakaran serta netralisasi. Penjelasan lengkap dari masing-masing perubahan entalpi yaitu:

1. Perubahan Entalpi Pembentukan (ΔHf)

Perubahan entalpi pembentukan (ΔHf) merupakan besaran entalpi pada reaksi pembentukan 1 mol senyawa dari unsur reaktannya. Contoh perubahan entalpi pembentukan adalah :

  • ΔHf CH3OH (l) = -200,6 kj/mol
    C (s) + 2 H2 (g) + 1/2 O2 → CH3OH (l)
  • ΔHf CHCl3 (s) = -103,14 kj/mol
    C (s) + 1/2 H2 (g) + 3/2 Cl2 (g) → CHCl3 (s)

2. Perubahan Entalpi Penguraian (ΔHd)

Perubahan entalpi penguraian (ΔHd) sendiri merupakan kebalikan dari perubahan entalpi pembentukan. Dimana pada perubahan entalpi ini, nilainya dihitung dari reaksi penguraian senyawa dari unsur penyusunnya. Contoh :

  • ∆Hd CO2 = +393,5 kj/mol
    CO2 (g) → C (s) +O2 (g)

3. Perubahan Entalpi Pembakaran (ΔHc)

Jenis perubahan entalpi pembakaran (ΔHc) adalah besarnya perubahan entalpi ketika 1 mol zat mengalami proses pembakaran secara sempurna. Biasanya perubahan entalpi pembakaran ditandai dengan adanya pengikatan oksigen pada hasil reaksi. Contoh :

  • ΔHc CO2 (g) = -283 kJ/mol
     CO (g) + 1/2 O2 (g)→ CO2 (g)

4. Perubahan Entalpi Netralisasi (ΔHn)

Terakhir adalah jenis perubahan entalpi penetralan atau netralisasi (ΔHn), yaitu besarnya perubahan entalpi reaksi penetralan 1 mol asam oleh basa ataupun sebaliknya. Contoh :

  • ΔHn = -63 kJ
    HCl (aq) + NaOH (aq)→ NaCl (aq) + H2O (l)

Rumus Soal Perubahan Entalpi

Berikutnya penulis akan memberikan gambaran mengenai rumus yang akan digunakan untuk menghitung soal soal terkait perubahan entalpi. Dimana rumus soal perubahan entalpi bisa kamu simak beberapa gambar berikut ini.

Rumus Perubahan Entalpi 1
Rumus
Rumus

Contoh Soal Perubahan Entalpi

Sesuai dengan judul artikel kali ini, penulis akan memberimu beberapa contoh soal terkait perubahan entalpi. Silakan simak langsung beberapa contoh soal perubahan entalpi beserta jawaban dan pembahasannya berikut.

Soal Perubahan Entalpi (1)

Soal Perubahan Entalpi (1) Pembakaran Kalorimeter

Soal Perubahan Entalpi (2) – Pembentukan

Soal Perubahan Entalpi (2) Pembentukan

Soal Perubahan Entalpi (3) – Energi Ikatan

Soal Perubahan Entalpi (3) Energi Ikatan

Soal Perubahan Entalpi (4) – Penguraian

Soal Perubahan Entalpi (4) Penguraian

Soal Perubahan Entalpi (5) – Pembakaran

Soal Perubahan Entalpi (5) Pembakaran

Download Contoh Soal Perubahan Entalpi

Sebagai pelengkap, di sini penulis akan membagikan beberapa file berisi kumpulan soal seputar perubahan entalpi. Silakan download file contoh soal perubahan entalpi PDF dari Kursiguru secara langsung, karena file PDF di bawah ini penulis sediakan secara gratis.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar contoh soal perubahan entalpi beserta informasi seperti ringkasan materi, rumus, jawaban dan pembahasan. Semoga pembahasan perubahan entalpi dari Kursiguru di atas mampu menjadi bahan pembelajaran baik bagi guru ataupun murid SMA di seluruh Indonesia.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *