Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Pendapatan Perkapita 2021 : Rumus & Jawaban PDF

Contoh Soal Pendapatan Perkapita

Contoh Soal Pendapatan Perkapita – merupakan sebuah kelompok soal ekonomi dengan bahasan utama terkait pendapatan sebuah negara. Dimana besaran pendapatan perkapita akan menggambarkan kondisi pemerataan ekonomi negara.

Pendapatan perkapita dalam mata pelajaran ekonomi adalah salah satu sub bab dalam materi utama pendapatan nasional. Pendapatan perkapita sendiri mempunyai hubungan erat dengan harga barang serta jasa di suatu wilayah, dalam kurun waktu setahun.

Pendapatan perkapita sangatlah penting untuk dipelajari, karena akan mempengaruhi arah kebijakan pemerintah di pilar ekonomi. Itulah sebabnya materi pendapatan perkapita pasti dipelajari semua siswa SMA ataupun mahasiswa di bidang keilmuan ekonomi.

Demi menunjang proses pembelajaran terkait pendapatan perkapita, di sini Kursiguru akan menjelaskan dasar ilmu, beberapa contoh soal, serta jawaban dari setiap soalnya. Agar mempersingkat waktu, silakan simak pembahasan seputar pendapatan perkapita berikut.

Pengertian Pendapatan Perkapita

Sebelum mempelajari contoh soalnya, ketahuilah terlebih dulu apa itu pendapatan perkapita. Pengertian pendapatan perkapita (Income Per Capita) adalah besaran penghasilan rata-rata penduduk di sebuah wilayah (umumnya negara). Dimana semakin besar pendapatan perkapita atau IPC, maka warga wilayah tersebut dikatakan makmur.

Bank dunia (World Bank) sendiri telah mengelompokkan kategori pendapatan perkapita menjadi 4 (empat) kelompok, yakni:

  • Kategori Pendapatan Perkapita Rendah : IPC≤US$ 675.
  • Kategori Pendapatan Perkapita Menengah Bawah : US$ 675<IPC≤US$ 2700.
  • Kategori Pendapatan Perkapita Menengah Atas : US$ 2700<IPC≤US$ 8335.
  • Kategori Pendapatan Perkapita Tinggi : IPC≥US$ 8335.
Baca  20 Contoh Soal Garis Bilangan Kelas 6 SD (Jawaban & Pembahasan)

Pada umumnya pendapatan perkapita dihitung melalui pembagian PNB dengan jumlah populasi penduduk. PNB sendiri adalah singkatan dari Pendapatan Negara Bruto (Gross National Product), dimana nilainya dihitung berdasarkan pendapatan WNI yang berada di dalam maupun luar negeri.

Meskipun demikian, terkadang contoh soal pendapatan perkapita juga menghitung IPC berdasarkan PDB atau Produk Domestik Bruto. Dimana PDB dihitung berdasarkan pendapatan WNI serta WNA di daerah dalam negeri.

Manfaat Pendapatan Perkapita

Berikut adalah beberapa manfaat mempelajari perihal pendapatan perkapita.

  • Mengetahui kemampuan serta pemerataan perekonomian masyarakat.
  • Mendapat taksiran yang baik seputar nilai barang dan jasa dalam kurun waktu satu tahun.
  • Membantu pemerintah dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan.
  • Mengkaji serta mengendalikan faktor-faktor yang mempengaruhi perekonomian.

Faktor Perubahan Pendapatan Perkapita

Sementara itu, beberapa faktor perubahan pendapatan perkapita sendiri diantaranya adalah:

  • Kondisi penawaran serta permintaan pasar (Supply & Demand).
  • Konsumsi serta tabungan masyarakat (Consumption & Savings).
  • Investasi (Investment).

Rumus Pendapatan Perkapita

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa pendapatan perkapita biasanya dihitung menggunakan dasar PNB serta PDB. Sehingga rumus hitung contoh soal pendapatan perkapita dapat dituliskan sebagai berikut.

Rumus Pendapatan Perkapita

Contoh Soal Pendapatan Perkapita

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal essay terkait pendapatan per kapita beserta jawaban dan pembahasannya.

Contoh Soal (1)

Di tahun ini, kerajaan Alabasta terhitung mempunyai pendapatan sebesar US$ 125.000.000.000. Apabila sebesar 20% dari nilai itu adalah milik warga asing, sedangkan populasi warga asli Alabasta adalah sebanyak 10.000.000 orang. Hitunglah pendapatan perkapita kerajaan Alabasta.

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal Pendapatan Perkapita Alabasta

Contoh Soal (2)

Negeri Wano terkenal sebagai sebuah negara tertutup. Dimana tidak ada perpindahan penduduk baik ke dalam maupun ke luar Wano. Apabila Wano mempunyai populasi sebanyak 35.000.000, sementara pendapatan Wano setahun adalah US$ 735.000.000.000. Tentukan kategori pendapatan penduduk negeri Wano.

Baca  3 Contoh Soal Elastisitas Permintaan dan Penawaran Kelas 10

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal Pendapatan Perkapita Wano

Contoh Soal (3)

Dressrosa merupakan sebuah negara dengan pendapatan nasional sebesar US$ 810.000.000 pada tahun terakhir. Jika pendapatan perkapita di Dressrosa adalah US$ 2.700, maka carilah jumlah populasi warga Dressrosa.

Jawaban:

Jawaban Contoh Soal Pendapatan Perkapita Dressrosa

Contoh Soal (4)

Perhatikanlah informasi terkait penghasilan serta populasi beberapa negara ASEAN berikut ini.

NegaraPendapatan Nasional (US$)Populasi Penduduk
Indonesia220.000.000.000200.000.000
Malaysia76.000.000.00080.000.000
Brunei Darussalam45.000.000.00015.000.000
Filipina120.000.000.000150.000.000

Hitunglah besaran pendapatan perkapita Filipina berdasar informasi tabel di atas.

Jawaban:

Jawaban Soal IPC ekonomi

Contoh Soal (5)

Berdasarkan data pada contoh soal (4), tentukanlah urutan negara dengan angka pendapatan perkapita paling tinggi hingga paling rendah.

Jawaban:

Jawaban Contoh 5

Berdasarkan perhitungan di atas, dapat diketahui bahwa urutan pendapatan perkapita dari tertinggi ke terendah adalah:

  1. Brunei Darussalam
  2. Indonesia
  3. Malaysia
  4. Filipina

Download Contoh Soal Pendapatan Perkapita

Untuk melengkapi informasi di atas, berikut penulis akan membagikan file PDF berisi kumpulan soal pendapatan perkapita yang bisa didownload secara langsung serta gratis. Silakan gunakan file contoh soal penghasilan perkapita dibawah semaksimal mungkin.

Karena pendapatan perkapita terpengaruh oleh kondisi permintaan serta penawaran pasar, sebaiknya kamu juga mempelajari Contoh Soal Fungsi Permintaan dan Penawaran.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Kursiguru seputar materi pendapatan perkapita beserta contoh soal, jawaban serta pembahasan masing-masing soal. Semoga dapat membantu proses pembelajaran baik bagi para peserta didik maupun guru.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *