Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 5 Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan : Rumus & Jawaban [2021]

Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan

Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan adalah bagian penting dari materi pelajaran matematika karena memiliki sangat banyak penerapan di dunia nyata. Di jenjang pendidikan formal sendiri, pertumbuhan dan peluruhan akan dipelajari di kelas 12 SMA atau sederajat.

Sebagai cabang ilmu matematika, pertumbuhan dan peluruhan merupakan pengaplikasian materi eksponensial. Karena berdasarkan ilmu eksponensial maka bisa diketahui bahwa pertumbuhan serta peluruhan akan menghitung perubahan nilai suatu besaran.

Secara umum, pertumbuhan bisa diartikan sebagai proses hitung penambahan nilai sebuah besaran. Sedangkan peluruhan adalah proses hitung pengurangan nilai besaran. Keduanya bisa diaplikasikan dalam satu soal, secara bersamaan ataupun terpisah.

Pada dasar perhitungannya, pertumbuhan serta peluruhan akan menggunakan ilmu perpangkatan dan juga logaritma. Jadi kamu perlu menyiapkan kalkulator scientific ketika akan mengerjakan contoh soal materi matematika ini.

Untuk lebih lengkapnya, silakan langsung simak uraian kursiguru mengenai pertumbuhan dan peluruhan di bawah ini. Penjelasan kursiguru kali ini akan membahas mengenai dasar teori, rumus atau persamaan, contoh soal, serta jawaban seputar materi pertumbuhan peluruhan.

Dasar Teori Pertumbuhan & Peluruhan

Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan cara menghitung naiknya suatu nilai berdasarkan tingkat peningkatannya serta nilai awalnya. Contoh paling umum dari penerapan pertumbuhan adalah perhitungan jumlah penduduk sebuah negara. Dimana pemerintahan suatu negara biasa menghitung jumlah penduduknya berdasarkan persentase pertumbuhan tahun-tahun sebelumnya.

Peluruhan

Jika pertumbuhan merupakan perhitungan ke arah pertambahan nilai, maka peluruhan adalah sebaliknya. Dimana peluruhan merupakan cara menghitung penurunan sebuah nilai. Contoh termudah dari peluruhan adalah hitungan susutnya bahan kimia radioaktif dan penurunan harga barang.

Rumus Pertumbuhan & Peluruhan

Baik pertumbuhan dan peluruhan, keduanya terbagi dalam 2 (dua) jenis, yaitu jenis linier serta jenis eksponensial. Berikut adalah rumus atau persamaan materi pertumbuhan & peluruhan:

Rumus Pertumbuhan

Rumus Pertumbuhan Matematika

Rumus Peluruhan

Rumus Peluruhan Matematika

Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan

Berikut adalah contoh soal materi pertumbuhan & peluruhan dari kursiguru dengan bentuk soal cerita. Penulis juga menyertakan jawaban dari setiap contoh soal dibagian bawahnya. Untuk mempersingkat waktu, silakan simak contoh soal pertumbuhan & peluruhan dari kursiguru berikut ini.

Contoh Soal Pertumbuhan (1)

Tahun ini pemerintah negeri Wano menyatakan bahwa negaranya mempunyai jumlah penduduk sebanyak 200.000 jiwa. Jika besarnya laju pertumbuhan penduduk di negeri Wano adalah 3%, maka berapakah jumlah warga Wano 10 tahun kedepan?

Jawaban Soal Pertumbuhan 1

Contoh Soal Pertumbuhan (2)

Dokter Chopper menemukan sebuah jenis bakteri baru. Ketika ditemukan bakteri tersebut berjulmah 100.000, sedangkan jumlahnya sekarang menjadi sekitar 249.000. Jika diketahui bahwa laju pertumbuhan bakteri itu besarnya adalah 20% setiap hari, maka sudah berapa lama bakteri itu dimiliki Dokter Chopper?

Jawaban Soal Pertumbuhan 2

Contoh Soal Peluruhan (1)

Ilmuwan bernama Dr. Vegapunk memiliki sebuah bahan radioaktif X dengan massa 200 gram. Jika bahan X itu menyusut sebesar 10% tiap 10 hari. Hitunglah massa bahan radioaktif X milik Dr. Vegapunk setelah 100 hari.

Jawaban Soal Peluruhan 1

Download Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan

Pada artikel kursiguru kali ini, penulis juga akan memberikan kumpulan soal dari materi matematika pertumbuhan & peluruhan, sebagai suplemen bahan belajar mandirimu. Silakan langsung saja download file kumpulan soal pertumbuhan & peluruhan melalui link di bawah. Penulis mendapatkan kumpulan soal pertumbuhan & peluruhan dari berbagai sumber, seperti buku, internet, serta pengetahuan pribadi.

Download Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan

Di atas adalah uraian lengkap dari kursiguru seputar materi pertumbuhan dan peluruhan mapel matematika. Pahamilah benar-benar tentang materi ini, karena besar kemungkinan akan kamu temui ketika mengikuti ujian UTBK dan SBMPTN. Jika tidak ditemui di tes mapel matematika, mungkin saja kamu akan menemui soalnya di tes mapel kimia.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.