Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 15 Contoh Soal Fungsi Permintaan & Penawaran Download PDF 2020

Contoh Soal Fungsi Permintaan Terbaru

Contoh Soal Fungsi Permintaan – membahas seputar salah satu fungsi penting di dunia ekonomi. Dimana dalam ilmu ekonomi, fungsi permintaan menjadi pengetahuan dasar yang harus dipahami agar mampu menentukan besarnya harga sebuah barang.

Sesuai dengan namanya, fungsi permintaan merupakan fungsi matematika yang memetakan hubungan antara harga dengan ketersediaan suatu hasil produksi. Hasil produksi itu tidak hanya berupa barang, namun bisa juga dalam bentuk jasa.

Karena menggunakan dasar ilmu matematika, fungsi permintaan memiliki variabel seperti besaran harga awal, perubahan harga, dan jumlah permintaan produk tersebut di pasaran. Agar dapat benar-benar memahaminya, kamu harus sering berlatih mengerjakan soal seputar fungsi permintaan.

Jika kamu membutuhkan contoh soal terkait materi fungsi permintaan maka simaklah artikel ini sampai selesai. Karena Kursiguru hendak membagikan contoh soal beserta pembahasan seputar fungsi ekonomi tersebut.

Contoh Soal Fungsi Permintaan & Penawaran

Selain membahas mengenai soal fungsi permintaan, kursiguru juga akan menjabarkan informasi seputar soal fungsi penawaran. Mengapa demikian? Karena kedua fungsi tersebut berkaitan erat satu dengan lainnya, sehingga membahas salah satunya saja menjadi tidak tepat.

Dimana jika dilihat dari sudut matematika, fungsi permintaan dan penawaran memiliki poin penting dalam setiap contoh soalnya, yaitu:

– Harga Produk.
– Jumlah Produk.
– Gradien/Kemiringan Kurva.
– Titik Keseimbangan (Equilibrium).

Fungsi Permintaan

Dalam cakupan materi ekonomi, salah satu hukumnya menyatakan bahwa harga dan jumlah produk pada fungsi permintaan akan selalu berkebalikan (berbanding terbalik). Logika dari hukum ini bisa dilihat pada contoh kehidupan nyata. Sebagai contoh, misalkan kamu adalah pelanggan sebuah produk (R), pada saat harganya turun secara otomatis pasti ingin membeli dengan jumlah lebih banyak. Secara tidak langsung kamu akan meningkatkan jumlah permintaan.

Dari contoh tersebut bisa diketahui bahwa kemiringan kurva fungsi permintaan akan condong ke kiri atau dengan kata lain gradiennya bernilai negatif. Rumus perhitungan fungsi permintaan adalah:

Rumus Fungsi Permintaan dan Penawaran

Agar lebih memahami fungsi permintaan, perhatikanlah contoh soal berikut.

Contoh Soal Fungsi Permintaan dan Jawabannya

Dari contoh soal di atas bisa diketahui bahwa pada fungsi permintaan, harga (P) akan semakin turun dari nilai awal 80.000 jika jumlah produk (Q) terus meningkat.

Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran sendiri merupakan kebalikan dari fungsi permintaan. Dimana hukumnya mempunyai kaidah berbanding lurus antara harga dengan jumlah produknya atau dengan kata lain keduanya akan meningkat secara serentak. Contoh pemikiran logisnya begini, jika kamu adalah seorang penjual, maka ketika produkmu harganya naik tentu saja kamu akan meningkatkan ketersediaan produkmu di pasaran. Harapannya adalah meningkatnya hasil penjualan.

Contoh itu bisa memberi gambaran bahwa kurva fungsi penawaran memiliki gradien positif atau kurvanya condong ke kanan. Dalam perhitungannya, rumus fungsi penawaran menggunakan rumus yang sama dengan fungsi permintaan. Agar lebih jelas, perhatikanlah contoh soal berikut ini.

Contoh Soal Fungsi Penawaran

Berdasarkan contoh soal fungsi di atas, bisa disimpulkan bahwa jika jumlah produk (Q) naik maka harga (P) juga semakin tinggi atau sebaliknya.

Titik Ekuilibrium Kedua Fungsi

Keterkaitan fungsi permintaan dan fungsi penawaran terletak pada satu titik pertemuan. Istilah atau nama dari titik pertemuan kurva kedua fungsi tersebut adalah titik keseimbangan atau Ekuilibrium. Jika diubah menjadi bahasa inggris kata ekuilibirum akan menjadi equilibrium.

Equilibrium terjadi saat kedua fungsi memiliki hasil yang sama atau P/Q (permintaan) = P/Q (penawaran). Perhatikanlah contoh soal dari kursiguru berikut ini.

Contoh Equilibrium

Download Contoh Soal Fungsi Permintaan

Untuk kamu yang membutuhkan contoh soal fungsi ekonomi untuk dikerjakan secara mandiri, kursiguru telah menyiapkannya. Silakan download langsung contoh soal fungsi permintaan/penawaran melalui link berikut ini.

Download Contoh Soal Fungsi Permintaan & Penawaran [PDF]

File contoh soal di atas menggunakan format PDF sama seperti CONTOH SOAL LOGIKA MATEMATIKA, jadi kamu bisa langsung mencetak soal fungsi ekonomi melalui printer seperti biasa.

Demikian pembahasan mengenai fungsi permintaan dari kursiguru. Memahami materi di atas tidak hanya untuk lulus dari sekolah saja lho, karena nantinya kamu bisa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari ketika akan membeli ataupun menjual sebuah produk baik barang maupun jasa.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.