Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Contoh Soal Nilai Waktu Uang : Rumus, Jawaban & Download PDF

Contoh Soal Nilai Waktu Uang

Contoh Soal Nilai Waktu Uang – membahas mengenai sebuah materi kuliah manajemen keuangan. Dimana didalamnya menghitung nilai uang untuk waktu sekarang serta di waktu mendatang.

Dalam bidang keilmuan ekonomi, secara sederhana uang bisa diartikan sebagai alat bertukar barang yang dapat diterima oleh khalayak umum. Artinya seluruh lapisan masyarakat menggunakannya sebagai alat bantu perdagangan berstatus sah.

Namun dibalik itu semua, perlu diketahui bahwa sebenarnya uang tidak memiliki ketetapan nilai statis. Dengan kata lain nilai tukar uang bisa berubah seiring berjalannya waktu. Hal ini tentunya harus dipelajari agar tidak merasakan kerugian jika nilai waktu uang menjadi turun.

Untuk memudahkan proses belajar mengenai nilai uang, di sini Kursiguru hendak membagikan contoh latihan soal nilai waktu uang beserta rumus dan jawaban soalnya. Nantinya akan penulis bagikan juga file soal nilai uang dalam bentuk PDF.

Pengertian Nilai Waktu Uang

Seperti telah disinggung di atas bahwa nilai uang terus mengalami perubahan. Dimana variabel utama dari perubahan nilai uang adalah waktu. Hubungan antara keduanya kemudian disebut para ekonom dengan istilah Nilai Waktu Uang. Dengan kata lain nilai waktu uang merupakan kajian terhadap perubahan besaran uang dari waktu ke waktu.

1. Nilai Uang Sekarang (Present Value)

Nilai sekarang atau istilah lainnya Present Value (PV) merupakan kisaran nilai uang pada masa ini. Dimana PV digunakan untuk membandingkan nilai uang masa depan terhadap nilai sekarang.

2. Nilai Uang Kemudian Hari (Future Value)

Sebaliknya, nilai uang kemudian hari atau Future Value (FV) adalah kisaran nilai uang di masa mendatang jika dibandingkan nilainya saat ini. Dengan kata lain, kamu bisa mengetahui kemungkinan nilai uang milikmu di masa depan.

Mengapa nilai waktu uang tidak menghitung value terdahulu? Karena nilai uang waktu lampau tidak berpengaruh besar terhadap keuntungan (laba) ataupun kerugian (rugi) bisnis waktu kini.

Faktor Nilai Waktu Uang

Di atas sudah dijelaskan bahwa waktu merupakan pengaruh utama dalam fluktuasi nilai uang, namun sebenarnya masih terdapat faktor berpengaruh lainnya. Berikut ini adalah faktor ekonomi yang mempengaruhi nilai waktu uang.

1. Faktor Bunga Bank

Faktor pertama penyebab berubahnya nilai waktu uang adalah bunga bank. Karena besaran persentase suku bunga (interest rate) akan menambah jumlah uang tabungan hampir keseluruhan pemilik tabungan perbankan. Jadi perhitungan nilai waktu uang terhadap bunga bank pasti akan menghasilkan penambahan nilai.

2. Faktor Inflasi

Faktor kedua dari terjadinya fluktuasi nilai waktu uang yakni inflasi (inflation). Dimana efek inflasi terhadap nilai waktu uang yakni berupa penurunan. Artinya jika terjadi inflasi pada sebuah negara maka secara otomatis nilai waktu uangnya akan turun.

3. Faktor Campuran

Faktor campuran sendiri adalah hubungan antara kedua faktor utama di atas. Artinya sebuah nilai waktu uang bisa dihitung hasilnya menggunakan rumus perhitungan faktor bunga bank serta inflasi secara bersamaan.

Perubahan Nilai Waktu Uang

Dalam soal nilai waktu uang, kamu akan menemui berubahnya nilai future value maupun present value dalam 3 (tiga) pilihan jangka waktu yaitu siklus tahunan (annual), interyear, dan annuitas.

  • Siklus Tahunan (Annual) : perhitungan 1 tahun sekali.
  • Interyear Compounding : bulanan atau 6 bulanan.
  • Anuitas : membuat keputusan sekarang agar mendapat nilai tertentu di waktu mendatang.

Rumus Nilai Waktu Uang

Setelah mengetahui tentang dasar ilmunya, selanjutnya kamu perlu memahami rumus atau persamaan untuk mengerjakan soal nilai waktu uang.

Rumus Nilai Waktu Uang

Rumus nilai uang di atas bisa diterapkan secara langsung baik untuk jenis soal pilihan ganda maupun soal essay. Selain itu, jika contoh soal menyertakan bunga majemuk artinya penggunaan rumus harus sesuai waktu bunga masing-masing.

Contoh Latihan Soal Nilai Waktu Uang

Untuk memudahkan proses belajarmu, berikut ini Kursiguru sediakan contoh latihan soal nilai waktu uang beserta jawabannya.

Contoh Soal (1) – Present Value

Dalam waktu 2 tahun mendatang, Xingqiu mendapatkan gaji hasil kerjanya pada Crazy Rich Asian (CRA). Jika pada kontrak kerja besarnya uang dari CRA memiliki nilai Rp. 10.000.000.000. Hitunglah PV gaji Xingqiu apabila interest ratenya 10%!

Jawaban:

Jawaban Soal Nilai Waktu Uang 1

Contoh Soal (2) – Future Value

Dalam rekening Nami di Kane Bank, terdapat uang sebanyak Rp. 2.000.000. Apabila pihak Kane menerapkan bunga sebesar 8%, berapakah nilai uang Nami pada waktu 10 tahun kedepan?

Jawaban:

Jawaban 2 1

Contoh Soal (3) – Bunga Bank

Jazon D. Rulo mempunyai hutang sebesar Rp. 100.000.000 pada seorang teman. Jazon menjanjikan akan mengembalikan keseluruhan uang hutang dalam waktu 4 tahun. Bila Ia berencana menggunakan metode penambahan saldo rekening bank sementara suku bunga saat ini adalah 10%. Berapa jumlah minimal tabungan Jazon kini?

Jawaban:

Jawaban 3 1

Contoh Soal (4) – Inflasi

Yatogami saat ini memiliki uang sejumlah Rp. 40.000.000. Jika negaranya dimungkinkan mengalami inflasi keuangan sebesar 25%, berapakah nilai waktu uang Yatogami setelah melewati inflasi selama setahun?

Jawaban:

Jawaban 4 1

Contoh Soal (5) – Campuran

Berdasarkan contoh soal (4), jika ternyata Yatogami menyimpan uang miliknya didalam tabungan salah satu bank dengan bunga 15%, hitung nilai waktu uang Yatogami setelah 3 tahun! (asumsikan inflasi masih berlanjut)

Jawaban:

Jawaban 5 1

Untuk contoh soal nilai waktu uang di atas, jika inflasinya tidak berlanjut maka nilai (n) pada bagian pembagi diganti menjadi 1.

Contoh Soal (6) – Tahunan

Mr. Wan menabung uang Rp. 10.000.000 miliknya di bank dengan besaran bunga tahunannya 5% dalam jangka waktu 8 tahun. Berapakah nilai uang Mr. Wan pada tahun ke – 8?

Jawaban:

Jawaban 6

Contoh Soal (7) – Interyear Compounding

Mr. Tu telah menabung selama 11 tahun, dimana saldo awal tabungannya sebesar Rp. 50.000.000. Jika setiap bulan mendapatkan bunga 7,5% ( 6 bulanan) berapakah nilai uang dalam rekening Mr. Tu?

Jawaban:

jawaban 7

Contoh Soal (8) – Anuitas

Mr. Tri ingin memiliki tabungan sebesar Rp. 80.000.000 pada waktu 5 tahun mendatang. Hitunglah nilai uang yang harus Mr. Tri siapkan sekarang jika besaran bunga perbankan tempat Mr. Tri menabung yakni sebesar 8% per tahun.

Jawaban:

Jawaban 8

Download Contoh Soal Nilai Waktu Uang

Sebagai pelengkap referensi pembelajaran, berikut Kursiguru sediakan juga contoh soal nilai waktu uang. File contoh soal nilai waktu uang ini berupa PDF, jadi kamu bisa mendownload serta mencetaknya secara langsung.

Karena contoh persoalan nilai waktu uang kerap digunakan di perusahaan dalam hal penerimaan pesanan, sebaiknya kamu pelajari materi dan contoh soal terkait seperti tentang Kartu Pesanan.

Akhir Kata

Itulah bahasan Kursiguru terkait contoh soal nilai waktu uang beserta jawaban dan pembahasan tiap soal. Semoga mampu memberimu pencerahan dalam mengerjakan tugas ataupun persiapan ujian.

Uang Takkan Memiliki Nilai Tanpa Adanya Kejelasan Waktu

Aditya – Kursiguru
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.