Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 10 Contoh Soal Indeks Harga : Tertimbang & Tak Tertimbang [2021]

Contoh Soal Indeks Harga

Contoh Soal Indeks Harga merupakan pengetahuan mengenai materi mapel ekonomi, dimana dasarnya akan mulai diajarkan ketika seorang siswa telah memasuki kelas 11 SMA. Pada umumnya indeks harga itu sendiri sering digunakan ketika keadaan ekonomi suatu negara mengalami perubahan dalam skala besar.

Pada dasarnya harga sebuah barang tidak berada dalam kondisi konstan dan cenderung berubah-ubah seiring waktu serta suasana ekonomi negara. Itu barulah gambaran sebuah barang, apa yang terjadi jika harus mendapatkan harga keseluruhan barang? Tentu saja sangat menyulitkan bila harus terperinci.

Untuk menyiasati problem harga barang bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah perhitungan harga umum yang disebut sebagai indeks harga. Soal-soal indeks harga sendiri bisa dihitung menggunakan 2 (dua) kategori metode, yaitu tertimbang dan tak tertimbang. Dimana masing-masing kategori itu terbagi menjadi beberapa jenis sub-metode.

Ketika kamu belajar ekonomi di kelas 11 pasti memerlukan gambaran soal agar memahami materi indeks harga. Oleh karena itu, di sini kursiguru akan berbagi contoh soal dan materi seputar indeks harga. Contoh soal-soal indeks harga dari kursiguru juga tersedia dalam bentuk file PDF yang bisa didownload langsung.

Contoh Soal Indeks Harga Ekonomi

Sebelum menuju ke contoh soal-soal dari kursiguru, lebih baik kamu baca dulu info cara menghitungnya terlebih dahulu agar tidak kesulitan mengerjakan contoh soal dengan mudah. Simaklah penjelasan terkait indeks harga berikut ini.

Metode Hitung Indeks Harga Tertimbang

Sebuah soal indeks harga bisa kamu kerjakan menggunakan 3 (tiga) macam metode tertimbang, dimana kata tertimbang merujuk pada jumlah barang dari indeks harga.

1. Indek Harga Laspeyres (IHL)

Cara pertama untuk mengerjakan contoh soal pengindeksan harga adalah metode Laspeyres. Dimana perhitungannya menitik beratkan pada perubahan harga serta mengabaikan perubahan jumlah barang pada tahun tersebut.

IHL Rumus

2. Indeks Harga Peasche (IHP)

Contoh soal pengindeksan harga juga bisa digitung menggunakan metode Peasche. Berkebalikan dengan IHL, IHP sendiri menggunakan jumlah barang di tahun akhir sebagai dasar perhitungan dan mengabaikan jumlah di tahun awal.

IHP Rumus

3. Indeks Harga Marshall (IHM)

Cara hitung soal indeks harga berikutnya adalah IHM. IHM sendiri menggunakan semua data sehingga menjadi yang paling kompleks diantara lainnya. Baik data jumlah serta harga barang di awal & akhir akan dipakai ketika menghitung melalui IHM.

IHM Rumus

Metode Hitung Indeks Harga Tak Tertimbang

Kata tak tertimbang di sini dipakai karena metode-metode kategori ini tidak menggunakan (mengabaikan) jumlah barangnya. Dengan kata lain, cara hitung contoh soal indeks harga metode tak tertimbang hanya merujuk pada harganya saja.

1. Indeks Harga Agregatif Sederhana (IHAS)

Agregatif sederhana merupakan cara hitung contoh persoalan indeks harga dengan membandingkan total harga akhir dengan total harga awal.

IHAS Rumus

2. Indeks Harga Rerataan Relatif (IHRR)

Cara hitung contoh soal ini akan menghasilkan indeks rata-rata relatif dari sekelompok barang.

IHRR Rumus

Contoh Soal Menghitung Indeks Harga

Seperti artikel contoh soal ekonomi sebelumnya yaitu CONTOH SOAL FUNGSI PERMINTAAN, kali ini kursiguru juga akan memberikan contoh soal indeks harga beserta gambaran pengerjaannya. Langsung saja kamu simak pembahasan di bawah ini.

Tabel di bawah ini adalah contoh soal indeks harga dari kursiguru. Berikutnya akan kursiguru berikan contoh pengerjaannya menggunakan beberapa metode.

Contoh Persoalan IH

Metode pertama yang kursiguru gunakan adalah Agregasi Sederhana.

Jawaban Contoh Soal Indeks Harga IHAS

Selanjutnya kursiguru juga menggunakan metode Marshall.

Jawaban Contoh Soal Indeks Harga IHM

Download Contoh Soal Indeks Harga

Apabila kamu membutuhkan penjelasan lebih lengkap seputar contoh persoalan indeks harga dan pembahasannya, silakan langsung download file di bawah ini. Karena pengerjaan menggunakan metode lain juga ada didalamnya. File PDF dan Word di bawah ini gratis dan bisa langsung didownload.

Download Pembahasan Soal Indeks Harga [PDF]

Download Pembahasan Soal Indeks Harga [Word]

Sekian penjelasan seputar contoh soal-soal indeks harga dari kursiguru. Karena indeks harga termasuk ke dalam jenis soal yang membutuhkan ketelitian, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil maksimal.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.