Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Skala Kelas 5 SD & Jawabannya PDF

Contoh Soal Skala Kelas 5

Contoh Soal Skala Kelas 5 – akan memberikan pembahasan mengenai contoh persoalan terkait materi matematika kelas 5 sekolah dasar yakni skala. Dimana umumnya materi terkait skala diajarkan pada saat siswa mempelajari bab perbandingan.

Advertisements

Jika berbicara soal skala, umumnya seorang pelajar pasti akan langsung berpikir tentang peta. Dimana peta memang sebuah contoh soal skala kelas 5 paling umum di pelajaran matematika. Hal itu dikarenakan peta adalah benda dengan skala yang paling mudah ditemui.

Di dalam kurikulum pendidikan Indonesia, baik materi skala sudah mulai diajarkan kepada para murid ketika menginjak kelas 5, tentu saja beserta contoh soal skala kelas 5. Selanjutnya pemahaman lebih lanjut terkait skala diberikan saat jenjang pendidikan lanjutan.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru hendak memberikan ulasan mengenai gambaran materi, contoh soal skala kelas 5 SD beserta jawabannya . Penjelasan lengkap tentang soal serta gambaran singkat materi skala kelas 5 bisa kamu simak di uraian berikut.

Gambaran Materi Skala Kelas 5

Bahasan mengenai soal skala kelas 5 kali ini akan penulis awali dari penjelasan mengenai pengertian skala. Dimana skala merupakan istilah yang dipakai dalam perbandingan ukuran gambar benda terhadap ukuran asli di dunia nyata.

Biasanya skala dipakai untuk membandingkan besaran ukuran panjang, jarak, luas, keliling serta suhu. Skala sendiri memiliki kemiripan tinggi dengan rasio, namun pada rasio besarnya variabel tidak pernah bernilai negatif atau minus (-).

Baca  16 Contoh Soal Nilai Mutlak Matematika & Jawaban

Karena skala sangat berhubungan erat dengan perbandingan, ada baiknya jika kamu memahami secara penuh tentang Contoh Soal Perbandingan terlebih dulu sebelum mempelajari skala.

Jenis Skala Kelas 5 SD

Pada materi matematika kelas 5 sekolah dasar, biasanya siswa akan belajar tentang 2 (dua) jenis skala yaitu skala satu besaran serta skala dua besaran.

  • Skala satu besaran adalah jenis skala dimana baik ukuran skala maupun ukuran asli mempunyai besaran sama.
    • Contoh 1:1000 cm, artinya 1 cm pada sebanding dengan 1000 cm (1 meter) ukuran asli.
  • Skala dua besaran biasanya diterapkan secara langsung pada peta ataupun denah. Dimana nilai dalam skala berbeda dengan nilai asli.
    • Contoh peta dengan skala 1 cm : 100 km, artinya 1 cm dalam peta sebanding dengan 100 km di kenyataan.

Rumus Soal Skala Kelas 5

Selanjutnya penulis hendak memberi penjelasan tentang rumus pengerjaan soal skala kelas 5. Dimana soal skala kelas 5 SD ataupun MI umumnya menggunakan rumus seperti berikut ini.

Rumus Soal Skala Kelas 5

Contoh Soal Skala Kelas 5 SD

Setelah paham dengan penjelasan ringkasan materi di atas, selanjutnya kamu bisa menyimak langsung contoh soal serta jawaban soal skala kelas V. Silakan simak beberapa contoh soal skala untuk siswa sekolah dasar berikut.

Advertisements

Contoh Soal (1)

Contoh Soal Skala Kelas 5 1

Contoh Soal (2)

Contoh Soal Skala Kelas 5 2

Contoh Soal (3)

image 11

Contoh Soal (4)

image 12

Contoh Soal (5)

image 13

Download Kumpulan Soal Matematika Skala Kelas 5 PDF

Jika kamu membutuhkan file soal untuk belajar mandiri di rumah, maka silakan download file PDF berisi contoh soal skala matematika kelas V SD/MI berikut ini. Dimana kamu bisa melakukan proses download secara langsung serta tanpa perlu membayar sedikitpun karena file soal skala beserta berbagai materi matematika kelas 5 lain berikut gratis.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru tentang contoh soal skala kelas 5 SD mapel matematika beserta jawaban dan ringkasan materi skala. Semoga setelah membaca uraian mengenai soal skala di atas, kamu menjadi lebih memahami bagaimana cara mengerjakan soal skala kelas 5.

Baca  7 Gambar Bangun Ruang Prisma Segitiga & Jaring-Jaring
Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *