Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

50 Contoh Konjungsi Kronologis: Lengkap dengan Contoh Kalimat

Contoh Konjungsi Kronologis

Contoh Konjungsi Kronologis – Tidak bosan membahas dan mempelajari tentang tata bahasa Indonesia, Kursiguru akan kembali mengajak kalian untuk membahas tentang konjungsi. Di kesempatan kali ini, pembahasannya mengenai konjungsi kronologis.

Artikel ini pun tidak kalah pentingnya untuk dibahas. Karena materi konjungsi kronologis merupakan salah satu yang perlu dipelajari di dunia pendidikan. Nah, bagi kamu yang sedang menyusun sebuah tulisan, artikel ini akan sangat membantu.

Sebagai pelengkap, silakan kalian membuka dan membaca artikel contoh konjungsi penerang. Artikel tersebut merupakan satu kesatuan dengan tema artikel yang sedang kita bahasa saat ini.

Sama halnya dengan artikel sebelumnya, artilel ini akan membahas mengenai pengertian, fungsi, dan contoh dari konjungsi kronologis. Tidak hanya itu, Kursiguru juga akan membagikan buku tentang konjungsi. Tanpa panjang lebar, kita bahas bersama contoh konjungsi kronologis.

Pengertian Konjungsi Kronologis

Seperti biasa, pembahasan pertama adalah memahami arti dari tema artikel ini lebih dulu. Konjungsi Kronologis adalah sebuah kata yang bertugas menghubungkan dua buah klausa dan menggambarkan urutan waktu dari peristiwa. Konjungsi kronologis juga biasanya juga dikatakan sebagai konjungsi temporal.

Sering kali kita mendapati konjungsi kronologis dalam sebuah teks. Dalam sebuah teks bahasa Indonesia, konjungsi temporal dijadikan sebagai kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Karena dalam teks eksplanasi memuat pola kronologis atau kejadian, sehingga sering menggunakan konjungsi temporal.

tisu murah
Baca  √ 10 Contoh Soal Hukum Faraday Elektrolisis Kimia Kelas 12 SMA [2022]

Fungsi Konjungsi Kronologis

Konjungsi temporal atau kronologis juga termasuk dalam jenis konjungsi subordinatif. Berikut fungsi-fungsi dari konjungsi kronologis yang sudah dirangkum oleh Kursiguru.

Sebagai Urutan Peristiwa

Salah satu fungsi utama dari konjungsi kronologis adalah sebagai penjelas dari urutan peristiwa atau kejadian. Digunakan konjungsi kronologis supaya kalimat yang dibuat lebih jelas dan sempurna untuk dibaca oleh pembaca.

Sebagai Penghubung Dua Kalimat

Sama halnya dengan konjungsi lain, konjungsi temporal juga memiliki fungsi sebagai penghubung antara dua kalimat. Di setiap paragraf tentunya memiliki kalimat yang selalu berurutan menjelaskan peristiwa yang sedang dibahas. Maka dari itu, diperlukannya konjungsi.

Contoh Konjungsi Kronologis

Konjungsi kronologis memiliki kata sebagai tanda bahwa menjelaskan urutan peristiwa. Kursiguru telah merangkum kumpulan konjungsi yang bersifat sebagai konjungsi temporal, antara lainnya adalah ketika, saat, sebelum, setelah, setiap kali, sesudah, mula-mula, sementara itu, sejak, dan lain-lain. Berikut contoh konjungsi kronologis dalam kalimat.

Contoh Konjungsi Kronologis ‘ketika’

  • Mereka melakukan penghianatan ketika pemerintah sedang lengah.
  • Ketika mesin mobil dipanaskan, mobil tidak ada kerusakan.

Contoh Konjungsi Kronologis ‘saat’

  • Saat jam pelajaran, Andi masih di kantin.
  • Anggota OSIS berkegiatan saat mendapatkan ijin kepala sekolah.

Contoh Konjungsi Kronologis ‘sebelum’

  • Andi berangkat ke sekolah sebelum Ayah pergi ke kantor.
  • Ayah pulang kerja sebelum makan malam tiba.

Contoh ‘setelah’

  • Obat sakit perut iti bisa diminum setelah makan.
  • Ibu pergi ke pasar setelah selesai sholat Shubuh.

Contoh Konjungsi Kronologis ‘setiap kali’

  • Setiap kali jam istirahat, Andi sering menghabiskan waktunya di kelas.
  • Setiap pagi Andi olahraga di GOR Satria.

Contoh’sesudah’

  • Sesudah sholat Shubuh, Ibu pergi ke pasar.
  • Sesudah jam istirahat, para siswa belarian ke kelas.
Baca  43 Contoh Kalimat Pernyataan : Pengertian, Ciri-ciri, & Contohnya

Contoh ‘mula-mula’

  • Mula-mula air dididihkan sebelum mie dimasukan.
  • Mula-mulai ayam dicuci sebelum dipotong.

Contoh ‘sementara itu’

  • Andi tidak membaca buku. Sementara itu Dino juga tidak membaca buku
  • Ayah berangkat kerja. Sementara itu Ibu pergi ke pasar.

Contoh ‘sejak’

  • Sejak kecil ia sudah berbakat main musik.
  • Sikapnya berubah ketika ia mendapat bully dari teman-temannya.

Download Buku Tentang Konjungsi Kronologis

Di bawah ini, Kursiguru telah membagikan buku tentang konjungsi kronologis. File buku ini memiliki format PDF yang bisa kamu download secara mudah. Silakan download file di bawah secara gratis.

Download Buku Tentang Konjungsi Kronologis

Selain buku di atas, Kursiguru juga menyarankan kalian untuk mengunduh buku Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima dan buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Buku ini bisa kita gunakan sebagai pegangan dalam menyusun kalimat.

Download Kamus Besar Bahasa Indonesia

Download Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita tentang konjungsi kronologis. Besar harapan, dari artikel Kursiguru ini memberikan wawasan kita tentang tata bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan seputar dunia pendidikan bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Liputan6.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.