Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

18 Contoh Konjungsi Penerang : Lengkap Beserta Buku PDF

Contoh Konjungsi Penerang

Contoh Konjungsi Penerang – Kita kembali lagi mempelajari ilmu tata bahasa bahasa Indonesia. Di momentum baik ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mempelajari Contoh Kalimat Konjungsi Penerang. Dari tema artikel sebelumnya, artikel ini tidak kalah penting untuk kita pelajari.

Tema artikel tentang kalimat konjungsi penerang bisa kita gunakan sebagai bahan referensi dalam menyusun sebuah kalimat atau sebuah karangan. Apalagi bagi kamu yang gemar menulis, materi ini tentunya sangat penting untuk dimiliki.

Kursiguru telah membaca banyak sumber referensi untuk penyusunan artikel ini. Mulai dari artikel, jurnal, dan buku. Sehingga artikel ini memiliki perbedaan dari artikel lainnya dan memiliki kelayakan untuk dibaca serta dipelajari

Pembahasan kalian ini seperti biasa memuat pengertian, fungsi, dan contoh konjungsi penerang. Di akhir artikel ini juga akan diberikan buku rekomendasi buku tentang konjungsi dan tentu bisa menjadi pegangan belajar. Berikut pembahasan mengenai konjungsi penerang.

Pengertian Konjungsi Penerang

Sebelum kita beranjak pada contoh, kita lebih dulu mengetahui pengertian tema pembahasan artikel ini. Perlu diketahui bahwa konjungsi penerang berasal dari kata konjungsi dan penerang. Kedua kata tersebut memiliki arti sendiri.

Konjungsi sendiri adalah sebuah kata yang berfungsi sebagai penghubung dari dua kalimat yang memiliki konteks yang berurutan. Penerang sendiri merupakan sesuatu yang memberi terang atau menerangi.

tisu murah

Maka dapat disimpulkan konjungsi penerang adalah sebuah kata penghubung yang memiliki fungsi sebagai penerang atau memberi keterangan.

Baca  43 Contoh Kalimat Pernyataan : Pengertian, Ciri-ciri, & Contohnya

Fungsi Konjungsi Penerang

Konjungsi penerang masuk dalam jenis konjungsi subordinatif. Setiap jenisnya memiliki fungsi tersendiri. Berikut fungsi-fungsi yang dimiliki oleh konjungsi penerang.

Menghubungkan Kata

Setiap kalimat memiliki kata-kata. Salah satu fungsi dari konjungsi adalah menghubungkan kata demi kata yang tersusun dalam kalimat.

Menghubungkan Kalimat

Selain menghubungkan kata, konjungsi penerang juga memiliki fungsi sebagai penghubung kalimat. Di dalam paragraf sendiri memiliki beberapa kalimat yang memiliki konteks yang sama.

Menjelaskan Istilah/Kalimat

Fungsi terakhir adalah sebagai penjelas suatu istilah atau kalimat. Hal itu karena disetiap paragraf harus ada kalimat sebagai penjelas ide pokok. Kalimat penjelas itu sendiri biasanya terletak di akhir paragraf.

Contoh Konjungsi Penerang

Setelah kita mengetahui pengertian dan fungsi dari konjungsi penerang, saatnya kita mempelajari contoh konjungsi penerang dalam sebuah kalimat. Konjungsi penerang sendiri memiliki enam macam bentuk kata. Ke enam kata bentuk tersebut antara lain, di mana, hal mana, ialah, yaitu, yakni, dan tempat. Berikut Kursiguru telah menyediakan contohnya.

Contoh Konjungsi ‘Di mana’

Ayah akan mencoba melaporkan kejadian ke polisi di mana Ayah mengetahui kejadian pencurian sepeda motor

Kebutuhan obat-obatan di Indonesia bisa terkendali di mana adanya rasa menghargai orang yang lebih membutuhkan

Biasanya pencurian sepeda motor pada saat malam di mana para warga sedang tidur

Contoh Konjungsi ‘Hal Mana’

Dalam kasus korupsi itu ancaman hukuman mati hal mana sebelumnya pernah dilakukan di bangsa lain

Pada obat itu memberi dosis yang tinggi hal mana sangat penting untuk penderita sakit keras

Hal mana sebelumnya belum ada dalam kasus koruspsi ada hukuman mati

Contoh Konjungsi ‘Ialah’

Yang diperlukan masyarakat Indonesia saat ini ialah sabar menunggu keputuan pemerintah

Baca  Kalimat Klasifikasi Adalah Penjelasan Objek : Definisi & Contoh

Bahasa ialah alat komunikasi atar manusia

Semula Andi memiliki tujuan baik ialah untuk bersaing dalam tempat kerja

Contoh Konjungsi ‘Yaitu’

Sifat covid-19 yaitu menyerang manusia yang sudah tua

Sekolah memiliki satu siswa yang berprestasi yaitu bernama Andi

Salah satu bentuk penyakit korupsi yaitu merasa kekurangan harta

Contoh Konjungsi ‘Yakni’

Kejuaraan olahraga Asean sudah ada sejak 50 tahun yang lalu yakni ketika Indonesia menjadi tuan rumah

Andri memiliki satu tujuan yakni mendapatkan kejuaraan olimpiade matematika

Kepala sekolah memiliki tujuan untuk sekolahya yakni memajukan sekolah dengan membangung gedung baru

Contoh Konjungsi ‘Tempat’

Di sudut kelas itu terdapat siswa yang malas tempat ia untuk tidur saat pelajaran

Hewan Unta memiliki pundak menonjol tempat ia menampung persediaan air minum

Andi memandangi gedung berlantai sepuluh tempat Ayahnya bekerja

Download Buku Tentang Konjungsi Penerang

Sesudah membaca keseluruhan artikel ini, tentunya sudah paham betul tentang konjung penerang yaa. Selain penjelasan di atas, Kursiguru akan merekomendasikan buku tentang konjung penerang. Buku ini berbentuk file PDF, Tentunya kaliat bisa download file di bawah ini dengan gratis.

Download Buku Tentang Konjungsi Penerang

Akhir Kata

Itulah pembahasan dan pembelajaran kita tentang contoh konjung penerang bersama Kursiguru. Semoga adanya artikel ini bisa menambah wawasan kita dalam ilmu tata bahasa Indonesia. Nantikan pembahasan seputar pendidikan lainnya dari Kursiguru.

Sumber Gambar : Kumparan.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.