Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

12 Prospek Kerja Teknik Mesin 2020 : Swasta & Negeri

Prospek

Prospek kerja teknik mesin mungkin menjadi pembahasaan menarik, saat ini. Kita tahu bahwa seperti perusahaan-perusahaan besar telah banyak berdiri di Indonesia. Dari hal tersebut tentu sangat membutuhkan banyak tenaga kerja. Prosker kerja teknik mesin akan menjadi beberapa pilihan kamu setelah lulus dari SMK atau kuliah.

Mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika untuk mendesain atau menciptakan sebuah alat mesin seperti alat aliran air, roda gigi, metode pengelola, manufaktur, analisis suatu mesin, dan sistem mekanik merupakan ilmu dari teknik mesin.

Semakin berkembangnya dunia teknologi di dunia, jurusan teknik mesin menjadi salah satu jurusan paling diminati oleh masyarakat khususnya generasi muda. Berdasarkan QS Top University, jurusan teknik mesin berada di posisi lima sebagai jurusan paling banyak diminati. Apalagi ada sekitar 20 universitas yang memiliki jurusan teknik mesin terbaik di Indonesia.

Dengan berkembangnya dunia teknik mesin di dunia, maka lulusan dari jurusan tersebut memiliki banyak prospek kerjanya. Nah, di artikel ini, Kursiguru telah merangkum beberapa prospek kerja yang bisa jadi salah satu pilihan kamu.

Daftar Prospek Kerja Teknik Mesin

1. Perusahaan dan Industri

Prospek kerja pertama yang bisa kamu coba adalah perusahaan dan industri. Sudah banyak perusahaan dan industri berdiri di Indonesia. Setiap tahunnya, kedua tempat tersebut membuka lowongan pekerjaan dengan jumlah yang banyak. Ketika di perusahaan dan industri, kamu akan menjadi seorang engineer di berbagai pengolahan alat. Di Indonesia, perusahaan dan industri seperti Unilever, Yamaha Indonesia, hingga Honda bisa kamu coba daftar.

2. Petugas PLN

Mungkin jika kita mendengar PLN, tenaga kerja yang berada di tempat tersebut pasti diisi oleh lulusan teknik listrik. Tapi ternyata di PLN bisa diisi oleh lulusan teknik mesin. Seorang lulusan teknik mesin dibutuhkan untuk perbaikan mesin listrik. Kamu bisa mendaftarkan diri di sini.

3. Pertambangan

Di pertambangan, ahli teknik mesin sangat dibutuhkan. Seorang lulusan teknik mesin bisa menjadi tenaga kerja yang membantu memperlancar proses pengambilan tambang. Seperti pertambangan pertamina, batu bara, tambang emas freeport, hingga tambang mineral bisa jadi salah satu pilihan kamu mendaftar kerja.

4. Pengusaha

Siapa kira, seorang lulusan teknik mesin bisa jadi seorang pengusaha. Lulusan teknik mesin juga bisa mendirikan lapangan pekerjaan sendiri. Misalnya saja membuka usaha alat-alat mesin, benkel mobil atau lainnya.

5. Designer Mekanik

Seorang lulusan teknik mesin juga bisa membuahkan suatu karya. Salah satu karya yang bisa ditekuni adalah designer mekanik. Membuat contoh model mesin baru bisa diciptakan sebagai hasil pikiran kamu.

6. Jurnalis

Pekerjaan jurnalis tidak hanya diisi oleh jurusan komunikasi atau bahasa. Seorang lulusan teknik pun bisa menjadi seorang jurnalis. Misalnya informasi-informasi mengenai teknik bisa kamu masukkan di majalah otomotif.

7. Peneliti

Indonesia memiliki kementerian riset dan teknologi pendidikan tinggi yang berusaha mengembangkan penelitian dari berbagai bidang terutama di bidang mesin. Nah, kamu yang menguasai ilmu mesin bisa menjadi seorang peneliti.

8. Guru

Jika kamu lulusan jurusan teknik mesin S1, kamu bisa menjadi guru teknik mesin di SMK. Hampir seluruh SMK di Indonesia memiliki jurusan teknik mesin. Maka, mudah untuk kamu bisa jadi guru.

9. Dosen

Selain guru, kamu juga bisa menjadi dosen jurusan teknik mesin di perguruan tinggi. Akan tetapi kamu harus dari lulusan S2. Biasanya perguruan tinggi hanya menerima dari lulusan S2 jurusan teknik mesin.

10. Pegawai Negeri Sipil

Di Indonesia, tiap tahun biasanya membukan pendaftaran PNS. Nah, kamu bisa mendaftarkan diri sesuai posisi yang sesuai dengan jurusan kamu.

11. Instansi Pemerintahan

Kamu bisa mencoba mendaftar kerja di instansi pemerintahan. Instansi pemerintah bisa meliputi dinas-dinas yang di wilayahmu. Biasanya dinas-dinas akan tetap menerima pegawai dari lulusan S1, walaupun tidak sesuai jurusan kamu.

12. Pegawai Bank

Saat ini, lulusan S1 sangat dibutuhkan untuk bekerja di Bank seluruh indonesia. Walaupun tidak sesuai bidangnya, Bank akan tetap menerima.

Itulah informasi mengenai prospek kerja teknik mesin yang bisa Kursiguru berikan. Beberapa sektor lapangan pekerjaan di atas, bisa kamu coba mengirim lamaran kerja. Siapa tahu bisa diterima di salah satu sektor pekerjaan di atas.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *