Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Universitas Jurusan Teknik Mesin Terbaik Di Indonesia [2020]

Jurusan Teknik Mesin Terbaik

Jurusan teknik mesin terbaik yang ada di Indonesia ini berupa daftar universitas terbaik pada bidang tersebut. Dimana daftar ini dapat anda gunakan sebagai referensi dalam memilih universitas yang cocok untuk anda. Daftar dibawah ini juga akan memberikan link langsung menuju website resmi universitas yang ada.

Teknik mesin merupakan salah satu program studi yang menjadi primadona kampus-kampus yang ada di Indonesia. Sebagai jurusan yang diminati oleh banyak calon mahasiswa baru, teknik mesin menjadi tempat perlombaan ketika pembukaan pendaftaran ke sebuah universitas. Hal ini mengharuskan seorang calon mahasiswa memiliki referensi yang cukup untuk mampu bersaing dalam melakukan pendaftaran ke sebuah universitas.

Sebagai salah satu disiplin ilmu yang mengaplikasikan prinsip-prinsip fisika, seorang mahasiswa teknik mesin diwajibkan mendalami konsep mekanika, kinematika, termodinamika, dan teknik material. Dalam proses pendalaman konsep-konsep tersebut, pengetahuan dasar yang harus dikuasai diantaranya matematika, fisika, kimia, dan yang terbaru mengenai sistem informasi. Penggunaan sistem informasi menjadi dasar penting karena akan menunjang  penerapan sistem pendigitalan yang tengah berkembang saat ini.

Faktor terbesar yang dapat anda gunakan sebagai acuan dalam memilih universitas adalah akreditasinya. Oleh karena itu universitas di Indonesia berlomba-lomba mendapatkan nilai “A” dalam hal akreditasi, baik akreditasi universitas maupun akreditasi jurusan.

Daftar Universitas Dengan Jurusan Teknik Mesin Terbaik

Berikut ini adalah daftar universitas di Indonesia yang memiliki jurusan S1 teknik mesin dengan akreditasi A.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung ITB

Sebagai universitas terbaik Indonesia yang berfokus dalam bidang teknologi, ITB tentunya masuk dalam kategori kampus yang memiliki jurusan teknik mesin terbaik meskipun BIAYA KULIAH ITB cukup mahal. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) adalah fakultas yang menjadi tempat bagi jurusan teknik mesin tersebut. Fokus mengenai gambar teknik, modeling, simulasi, prototipe mesin, dan efisiensi mesin adalah sedikit dari materi yang akan dipelajari disini. Dimana mesin fluida, motor bakar, dan sistem termal merupakan beberapa contoh dari mesin konversi energi yang akan menjadi konsentrasi pembelajarannya.

2. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia UI

Sebagai bagian dari Fakultas Teknik UI, program studi teknik mesin telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Jurusan ini juga telah mendapatkan akreditasi dunia internasional yang diberikan oleh ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2008 silam. Salah satu kelebihan terbesar yang ditawarkan oleh jurusan teknik mesin UI adalah program fast track-nya, dimana mahasiswa dapat langsung menjalani pendidikan S1 dan S2 dengan kurun waktu 5 tahun atau masa studi 10 semester.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada UGM

Program studi teknik mesin UGM sebagai bagian dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM, telah memeproleh akreditasi A dari BAN PT. Didukung dengan fasilitas yang memadai, teknik mesin UGM juga menyelenggarakan program fast track untuk para mahasiswanya. Bidang yang menjadi fokus penelitian dosen dan mahasiswa UGM diantaranya adalah energi, mekanika terapan, serta material teknik dan manufaktur.

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember ITS

ITS adalah universitas lain yang memiliki jurusan teknik mesin terakreditasi A oleh BAN PT. Jurusan ini terbagi menjadi 3 (tiga) bidang studi yaitu, konversi energi, teknik produksi, dan desain. Ketiga bidang studi tersebut akan mempelajari fokusnya masing-masing. Dimana bidang konversi energi mempelajari cara mengubah energi agar menjadi berguna, bidang teknik produksi mempelajari cara dan manajemen produksi mesin, serta bidang desain yang akan mempelajari proses mendesain peralatan mesin.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret UNS

Universitas lain yang memiliki jurusan teknik mesin berakreditasi A oleh BAN PT adalah UNS. Universitas yang berlokasi di kota Solo ini juga memiliki program studi pendidikan teknik mesin yang memiliki akreditasi A dari BAN PT.

6. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara USU

Universitas Sumatera memiliki visi menjadi program studi Teknik Mesin berdaya saing internasional dan memiliki keunggulan akademik berciri kekayaan lokal.d dari visi tersebut, jurusan teknik mesin di USU telah menciptakan iklm akademik yang kondusif dalam mencapai proses belajar-mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat. Juruan teknik mesin USU telah terakreditasi A dari BAN-PT.

7. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya UB

Secara institusi, teknik mesin Universitas Brawijaya telah terakreditasi A berdasarkan BAN-PT. Universitas Brawijaya pun merupakan perguruan tinggi negeri favorit di Kota Malang, Jawa Timur. Sampai peserta didik yang baru lulus SMA/SMK se Indonesia sangat tertarik untuk mendaftarkan diri di Universitas Brawijaya.

8. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Universitas Diponegoro UNDIP

Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro memiliki profil profesi lulusan antara lain menjadi engineer, akademisi, peneliti, dan wirausahawan. Dari ke empat profil lulusan tersebut, jurusan teknik mesin menjadikan akreditasi yang sangat baik yaitu A dari BAN-PT.

Selain itu, jurusan teknik mesin Universitas Diponegoro memiliki empat spesialisasi kajian yang ditawarkan, antara lain spesialisasi energy material, perancangan teknikm dan manufaktur, mekatronika, dan robotika.

9. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang UM

Berbeda dengan jurusan teknik mesin lainnya, di Universitas Negeri Malng memiliki jurusan pendidikan teknik mesin. Lulusan jurusan ini bukan menjadi seorang teknisi melainkan tenaga pengajar di bidang keahlian teknik mesin di SMK atupun instruktur lembaga-lembaga pusat pengembangan teknik mesin.

Di BAN-PT pun jurusan pendidikan teknik mesin di Universitas Negeri Malang telah terakreditasi A.

10. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia UII

Jurusan teknik mesin UII telah terakreditasi A dari BAN-PT. Jurusan teknik mesin UII telah fokus pada bidang manufaktur dengan mempekuat kompetensi desain produk dan otomasi industri.

Selain itu, jurusan teknik mesin UII telah menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri, kaitannya dengan kerja praktek, magang, tugas akhir, dan penelitian. Dari kerjasama tesebut, bisa menunjang atau mendukung kompetensi lulusan.

11. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Pada tahun 2015, jurusan teknik mesin Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya terakreditasi A dari BAN-PT. Perolehan akreditasi A pun mempertahan akreditasi tahun sebelumnya. Jurusan teknik mesin Unika Atma Jaya memiliki keunggulan dan kualitas serta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

12. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta UNY

Pada tahun 2019 lalu, Universitas Negeri Yogyakarta memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Perolehan ini menjadi jurusan teknik mesin UNY menambah peminat peserta didik yang baru lulus dari SMA/SMK.

13. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Universitas Hasanuddin UNHAS

Jurusan teknik mesin Universitas Hasanudin memiliki visi yaitu menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan Sarjana Teknik Mesin (strata satu) yang mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Jurusan teknik mesin UNHAS memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

14. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terkemukan. Gunadarma juga memiliki reputasi secara internasional, jejaring global, dan memerikan kontribusi signifikan bagi peningkatan daya saing.

Hampir seluruh jurusan di Universitasi Gunadarma telah terakreditasi A. salah satunya adalah jurusan teknik mesin. Jurusan teknik mesin Universitas Gunadarma memiliki visi yaitu menjadi program studi berbasis teknologi informasi terkemuka di Indonesia.

15. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala UNSYIAH

Jurusan teknik mesin Universitas Syiah Kuala mempunyai visi yaitu menjadi program studi yang inovatif dan terkemuka dalam bidang ilmu teknik mesin yang menjunjung tinggi moral dan etika serta mampu berperan di tingkat regional Asia Tenggara pada tahun 2026.

Jurusan teknik mesin Universitas Syiah Kuala pun sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Bagi lulusan jurusan teknik mesin memiliki peluang besar untuk bekerja, antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub).

16. Universitas Udayana (UNUD)

Universitas Udayana UNUD

Jurusan teknik mesin merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana. Jurusan ini memiliki latar belakang didasarkan upaya antisipasi pada perkembangan pesat di bidang teknik mesin. Sejak 29 September 2011, jurusan teknik mesin telah terakreditasi A dari BAN-PT.

17. Universitas Pancasila (UP)

Universitas Pancasila UP

Pada tahun 2016, Universitas Pancasila telah terakreditasi A dari BAN-PT. Teknik mesin, saat ini didukung oleh berbagai fasilitas antara lain adalah ruang perkuliahan ber-AC. Sarana pembelajaran dengan laptop, LCD, dan OHP, terdapat juga ruang seminar dan diskusi, Instant Messenger berbasi jabber, dan laboratorium serta software.

18. Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas UNAND

Universitas Andalas memiliki visi menjadi program studi S1 teknik mesin yang mampu bersaing di tingkat nasional melalui Tridharma Perguruan Tinggi di bidang manufaktur dan otomasi pada tahun 2025. Jurusan teknik mesin di UNAND ini pun sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

19. Universitas Pasundan (UNPAS)

Universitas Pasundan UNPAS

Universitas Pasundan berdiri sejak tahun 1981. Jika Anda kuliah di jurusan teknik mesin UNPAS akan memperoleh jumlah SKA sebanyak 150. Selain itu, jangan khawatir untuk kuliah di jurusan teknik mesin, karena jurusan teknik mesin di UNPAS sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

20. Universitas Muslim Indonesia (UMI)

Universitas Muslim Indonesia UMI

Universitas Muslim Indonesia telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT. Dari perolehan akreditasi A menjadi daya tarik lulusan SMA/SMK untuk dapat kuliah di Universitas Muslim Indonesia.

Nomor Nama Universitas Jurusan Teknik Mesin
21. Universitas Tarumanagara
22. Universitas Muhammadiyah Malang
23. Universitas Trisaksi
24. Universitas Kristen Petra
25. Universitas Negeri Padang
26. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
27. Universitas Negeri Surabaya
28. Universitas Negeri Medan
29. Universitas Hassanuddin
30. Universitas Negeri Makassar
31. Universitas Trunojoyo

Demikian informasi di atas adalah daftar universitas dengan jurusan teknik mesin terbaik yang dapat Kursiguru bagikan. Semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan Selamat Belajar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *