Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

√ 50 Universitas Swasta yang Menerima KIP Kuliah & Cara Cek 2022

Universitas Swasta yang Menerima KIP Kuliah

Universitas Swasta yang Menerima KIP Kuliah – akan membahas mengenai daftar kampus swasta yang biaya kuliah nya bisa dibayar menggunakan KIP. Dimana selain memberikan daftar, nantinya kamu juga bisa mengecek apakah sebuah universitas atau kampus menerima KIP.

Meskipun telah berusaha sebaik mungkin dalam mendaftarkan diri melalui jalur UTBK, sebagian pelajar masih belum mendapatkan kesempatan untuk diterima di PTN pilihan. Hal itu membuat beberapa dari pelajar memilih untuk melanjutkan studi di universitas swasta.

Walaupun universitas swasta umumnya memberi kesempatan pendaftaran dengan sangat luas, tetapi besarnya biaya kuliah universitas swasta menjadi hambatan bagi peserta didik. Padahal kartu KIP kuliah sendiri sebenarnya bisa untuk membayar uang kuliah di universitas swasta yang menerima.

Maka dari itu, Kursiguru.com menganggap bahasan tentang kampus atau universitas swasta yang bisa menerima KIP kuliah sangat diperlukan. Silakan simak uraian berikut agar kamu mudah mendapatkan info seputar universitas swasta yang bisa pakai KIP kuliah.

Sekilas Tentang KIP Kuliah Kampus Swasta

Sebelum membahas mengenai daftar kampus swasta yang bisa biayanya bisa dibayar pakai KIP kuliah, penulis ingin mengulas lebih dulu ketentuan terkait KIP kuliah. Dimana beberapa hal paling penting dalam memahami KIP kuliah adalah pengelompokan biaya kuliah, uang saku, serta jangka waktunya.

Biaya Kuliah KIP Berdasarkan Akreditasi

Hal penting pertama adalah besarnya bantuan biaya kuliah yang bisa dibayarkan oleh KIP kuliah. Dimana nominal biaya kuliah tercover KIP kuliah bergantung pada akreditasi masing-masing program studi atau jurusan. Berikut adalah ketentuan akreditasi dan nominal uang pendidikan KIP kuliah.

tisu murah
Baca  15 Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya 2022 Seluruh Indonesia
Nilai Akreditasi Jurusan atau Program StudiNominal Bantuan Kuliah
Amaksimal Rp. 12.000.000/semester
Bmaksimal Rp. 4.000.000/semester
Cmaksimal Rp. 2.400.000/semester

Artinya bila di universitas swasta tempat kamu diterima mempunyai uang kuliah per semester lebih besar dari nominal di atas, maka orang tua/wali harus membayar sisanya.

Uang Saku Bulanan KIP Kuliah di Universitas Swasta

Selain uang sekolah, penerima KIP kuliah di universitas swasta juga menerima bantuan lain berupa uang saku atau biaya hidup per bulan. Dimana untuk uang saku KIP kuliah ini dikelompokkan berdasar pada wilayah universitas swasta berada, yakni antara klaster 1 sampai dengan klaster 5.

Klaster Wilayah UniversitasBiaya Bulanan KIP
1Rp. 800.000/bulan
2Rp. 950.000/bulan
3Rp. 1.100.000/bulan
4Rp. 1.250.000/bulan
5Rp. 1.400.000/bulan

Jangka Waktu KIP Kuliah di Universitas Swasta

Perihal penting terakhir terkait KIP kuliah adalah jangka waktu pemberian bantuannya. Dimana ketentuan jangka waktu KIP kuliah di universitas swasta terbagi menjadi 2 (dua) kelompok utama, yakni kelompok reguler serta kelompok profesi. Berikut adalah keterangan lebih lanjut mengenai jangka waktu KIP kuliah di kampus swasta.

Kelompok ProgramJenjang StudiJangka Waktu KIP Kuliah (Semester)
RegulerSarjana (S1)8
Diploma Empat (D4)8
Diploma Tiga (D3)6
Diploma 2 (D2)4
ProfesiDokter4
Dokter Gigi4
Dokter Hewan4
Ners (Perawat)2
Apoteker2
Guru2

Universitas Swasta yang Bisa Pakai KIP Kuliah

Berikutnya adalah bahasan mengenai universitas swasta yang bisa bayar pakai KIP kuliah. Dimana saat ini, sebenarnya sudah sangat banyak kampus negeri maupun kampus swasta menerima KIP kuliah. Sebut saja universitas swasta di bawah naungan yayasan Muhammadiyah di berbagai daerah di Indonesia menerima pembayaran uang kuliah menggunakan KIP kuliah.

Selain itu universitas swasta ternama lain seperti Universitas Bina Nusantara juga telah menerima layanan KIP kuliah untuk para mahasiswa. Berikut adalah contoh daftar beberapa universitas swasta ternama di Indonesia yang menerima atau bisa dibayar dengan KIP kuliah.

Baca  3 Cara Bayar UKT UB Lewat Bank Mandiri : ATM, Internet Banking & Teller
1Universitas Syiah Kuala
2Universitas Telkom
3Universitas Swadaya Gunungjati
4Universitas Suryakencana
5Universitas Sanata Dharma
6Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
7Universitas PGRI Adi Buana
8Universitas Pasundan
9Universitas Pancasila
10Universitas Pamulang
11Universitas Multimedia Nusantara Jakarta
12Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
13Universitas Muhammadiyah Surakarta
14Universitas Muhammadiyah Riau
15Universitas Muhammadiyah Purwokerto
16Universitas Muhammadiyah Palembang
17Universitas Muhammadiyah Mataram
18Universitas Muhammadiyah Malang
19Universitas Muhammadiyah Makassar
20Universitas Muhammadiyah Jember
21Universitas Muhammadiyah Gresik
22Universitas Medan Area
23Universitas Kristen Satya Wacana
24Universitas Kristen Duta Wacana
25Universitas Islam Majapahit
26Universitas Hang Tuah
27Universitas Faletehan
28Universitas Esa Unggul
29Universitas Darussalam Gontor
30Universitas Darul ‘Ulum
31Universitas Ciputra Surabaya
32STKIP Agama Hindhu Singaraja
33STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto
34STIKES Banyuwangi
35Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Flora
36Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dharma Husada
37Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia
38Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Yogyakarta
39Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
40Institut Sains dan Teknologi Akprind
41Institut Pertanian Stiper
42Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional
43Institut Maritim Prasetiya Mandiri
44Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri
45Institut Desain dan Bisnis Bali
46Unversitas Dian Nuswantoro
47Universitas Bina Nusantara
48Universitas Gunadarma
49Universitas Islam Sultan Agung
50Universitas Islam Nusantara

Untuk beberapa kampus swasta di atas, kamu bisa mengecek besarnya biaya kuliah pada artikel Kursiguru lainnya seperti bahasan Tarif Kuliah Universitas Pamulang (Unpam).

Cara Cek Jurusan Universitas Swasta Menerima KIP

Agar mengetahui lebih pasti apakah sebuah program studi (prodi) atau jurusan di universitas swasta pilihanmu menerima KIP kuliah atau tidak, maka harus dilakukan proses cek melalui website resmi KIP Kuliah itu sendiri. Berikut adalah tata cara cek universitas swasta menerima KIP kuliah.

1. Buka Website Resmi KIP Kuliah Merdeka

Pertama buka atau akses website resmi KIP kuliah merdeka di link https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ menggunakan komputer atau laptop agar tampilan terlihat luas.

1. Buka Website Resmi KIP Kuliah Merdeka Versi Terbaru

2. Tuju Bagian Cari Perguruan Tinggi

Selanjutnya scroll ke bawah hingga menemui bagian pencarian perguruan tinggi penerima KIP kuliah. Lalu masukkan Prodi serta Nama Universitas di kolom Cari.

2. Tuju Bagian Cari Perguruan Tinggi

3. Simak Secara Teliti Data KIP Kuliah

Terakhir silakan langsung simak secara teliti tentang data prodi pilihanmu di tabel hasil pencarian seperti contoh di bawah ini.

3. Simak Secara Teliti Data KIP Kuliah

Keunggulan lain jika menggunakan cara cek prodi di universitas swasta yang menerima KIP kuliah adalah kamu bisa mengetahui secara langsung akreditasi jurusan itu. Sehingga selanjutnya dapat memperkirakan kisaran bantuan diterima di kemudian hari.

Sumber gambar : KIP Kuliah Kemdikbud

Call Center KIP Kuliah Merdeka

Apabila masih bingung dengan informasi seputar universitas swasta yang menerima KIP kuliah, maka kamu dapat bertanya secara langsung kepada pihak penyelenggara KIP kuliah melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PUSLAPDIK). Berikut adalah kontak call center KIP kuliah merdeka Puslapdik.

Akhir Kata

Sekian bahasan Kursiguru mengenai daftar universitas swasta yang menerima KIP kuliah beserta informasi penting seputar nominal KIP kuliah hingga cara cek program studi penerima KIP kuliah. Semoga uraian di atas mampu mempermudah para pelajar di Indonesia yang ingin sekali melanjutkan kuliah tapi terhalang oleh faktor ekonomi.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.