Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

9 Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023 Terbaru yang Perlu Ketahui

Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023

Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023 – Beberapa bulan lagi para siswa kelas 12 akan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023. Maka, perlu disiapkan lebih dini. Salah satunya mengetahui serta memahami aturan baru masuk PTN. Baik seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Di artikel ini, Kursiguru akan memberikan informasi mengenai perubahan seleksi masuk PTN 2023.

Perubahan seleksi masuk PTN ini sudah disampaikan oleh Menteri Kemendikbud Ristekdikti. Ia mengatakan bahwa adanya perubahan aturan didasari sebagai penyempurnaan mekanisme aturan sebelumnya. Aturan baru juga untuk mengikuti perubahan-perubahan yang sudah ada di sekolah.

Sejauh ini, seleksi masuk PTN dilaksanakan dengan tiga kriteria, yaitu SNMPTN, SBMPTN, serta Seleksi Mandiri. Dari ketiga kriteria, ada beberapa perubahan yang tetap dan diubah. Hal ini menyesuaikan dengan kurikulum terbaru yaitu kurikulum Merdeka Belajar.

Lalu apa saja perubahan aturan dalam seleksi masuk PTN di tahun 2023?. Pertanyaan tersebut akan dijawab di artikel ini. Jadi, bagi kamu yang sedang cari informasi mengenai hal di atas, maka simak artikel ini sampai selesai.

Asas Dasar Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023

Sebelum kita membahas perubahan aturan, kita lebih dulu mengetahui asas atau alasan perubahan aturan. Ada beberapa alasan penting untuk kamu tahu dan pahami. Alasan ini didapatkan dari informasi Kemendikbud Ristekdikti. Berikut asas dasar perubahan seleksi masuk PTN di tahun 2023.

Pembelajaran Di Sekolah Dilakukan Secara Menyeluruh dan Mendalam

Melalui aturan baru, harapannya pembelajaran di sekolah dilakukan secara menyeluruh dan mendalam. Sekolah lebih fokus mendorong potensi siswa untuk mengantarkan siswa ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Seleksi Lebih Fokus Kemampuan Bernalar

Dalam seleksi tahun depan akan difokuskan dalam kemampuan bernalar. Peserta tes akan diberikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, sekolah tidak perlu melakukan pemadatan materi seperti tahun-tahun sebelumnya.

Baca  3 Cara Menggunakan Mendeley Terbaru Pakai Laptop 2022

Seleksi Lebih Inklusif

Aturan baru diupayakan memimimalisir diskriminasi peserta tes. Lebih menerima keragaman peserta didik yang ada di Indonesia.

Seleksi Lebih Transparan dan Terintegritasi

Selain itu, seleksi PTN diupayakan lebih terbuka. Tanpa adanya kecurangan dalam pelaksanakan seleksi. Kemudian, seleksi diharapkan lebih membaur, tidak hanya ke program sarjana, namun ke diploma tiga dan diploma empat atau sarjana terapan.

Beberapa Perubahan Seleksi Masuk PTN 2023

Nah, sekarang kita bahas mengenai perubahan aturan seleksi masuk PTN di tahun 2023. Perubahan di bawah ini meliputi seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Silakan simak dengan cermat perihal aturan baru berikut.

Perubahan Seleksi SNMPTN

Seleksi SNMPTN Tahun Lalu

Di seleksi sebelumnya, jalur SNMPTN hanya memberikan pilihan program studi sesuai dengan jurusan peserta pada saat SMA maupun SMK. Contohnya, apabila kamu dari jurusan mesin hanya dapat memilih program studi yang serumpun. Selain itu, dalam seleksi juga hanya mempertimbangkan mata pelajaran tertentu sesuai dengan jurusan.

Dari aturan sebelumnya, Menteri Nadiem Makarim mengatakan bahwa ketika para siswa dibatasi, maka siswa tidak memiliki kesempatan untuk menunjukan minat dan bakat. Lalu, dalam seleksi tidak fokus ke nilai pelajaran lainnya. Padahal, setiap siswa memiliki kemampuan berbeda di setiap mata pelajaran.

Seleksi SNMPTN Terbaru

Di aturan seleksi SNMPTN terbaru, sistem pemeringkatannya diubah menjadi, minimal 50% dari rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran dan maksimal 50% dari komponen penggali minat dan bakat siswa. Dari komponen minat serta bakat terdiri nilai maksimal 2 mata pelajaran pendukung atau prestasi atau portofolio sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Dengan adanya perubahan aturan di atas, siswa akan memiliki motivasi untuk berprestasi sesuai dengan keinginan serta kemampuannya.

Perubahan Seleksi SBMPTN

Seleksi SBMPTN Tahun Lalu

Baca  23 Universitas Teknik Industri Terbaik Di Indonesia Akreditasi A 2022

Di seleksi SBMPTN sebelumnya, pelaksanaan seleksi dilakukan dengan mengujikan banyak mata pelajaran. Hal ini membuat setiap sekolah selalu mengadakan pemadatan materi. Sehingga siswa merasa ditekan untuk memiliki kemampuan dari semua mata pelajaran.

Seleksi SBMPTN Terbaru

Untuk menghidari hal itu, maka diubahnya peraturannya. Seleksi semua mata pelajaran dihapuskan. Para siswa hanya mengikuti tes potensi kognitif, literasi bahasa Indonesia, literasi bahasa Inggris, dan Penalaran Matematika. Dengan adanya aturan baru tersebut, siswa lebih berpikir nalar, buka hafalan materi. Hal itu yang diinginkan oleh Meteri Nadiem Makarim.

Perubahan Seleksi Mandiri PTN

Seleksi Mandiri Tahun Lalu

Dalam seleksi mandiri PTN sebelumnya, ketentuan dan mekanisme tidak memiliki standarisasi. Hal itu dikarenakan tidak ada pihak pusat atau Kemendikbud yang mengatur. Hanya pihak PTN yang memiliki ketentuan sendiri. Dari hal itu mengakibatkan kurangnya transparan dari proses seleksi. Menurut Kemendikbud, perlu adanya standarisasi di setiap PTN.

Seleksi Mandiri Terbaru

Dari masalah di atas, maka pemerintah mengatur standarisasi seleksi PTN agar bersifat transparan. Adapun beberapa poin penting perlu kita ketahui di aturan terbaru sebagai berikut.

Sebelum dilaksanakan Seleksi, PTN diwajibkan menginformasikan beberapa hal, antara lain:

  1. Kapasitas calon mahasiswa yang akan diterima
  2. Metode seleksi dilaksanakan dengan, tes mandiri, kerja sama tes perguruan tinggi, mempertimbangkan nilai SBMPTN, dan metode penilaian calon mahasiswa perlu dilakukan
  3. Besaran biaya dibebankan ke calon mahasiswa yang lulus seleksi mandiri.

Setelah dilaksanakan seleksi mandiri, PTN diwajibkan menginformasikan beberapa hal, antara lain:

  • Jumlah calon mahasiswa yang lulus dan jumlah kuota yang belum isi.
  • Waktu sanggah selama lima hari kerja setelah pengumuman seleksi.
  • Cara penyanggahan seleksi.

Akhir Kata

Itulah informasi lengkap mengenai perubahan Seleksi Masuk PTN yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya artikel ini, kamu dapat lebih menyiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi negeri. Apabila ada hal-hal yang masih ditanyakan, silakan tulis saja di kolom komentar.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *