Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 : Jadwal, Syarat & Biaya

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Pendaftaran SBMPTN UTBK 2022 – akan menjelaskan mengenai tata cara, syarat, besaran biaya, jadwal pendaftaran hingga gambaran materi SBMPTN di tahun 2022. Dimana untuk tahun ini, pendaftaran SBMPTN UTBK akan dilaksanakan serempak melalui portal LTMPT.

Kelulusan siswa kelas 12 baik dari jenjang SMA, MA maupun SMK sudah berada di depan mata. Hal ini membuat para siswa yang ingin melanjutkan studi harus mempersiapkan pendaftaran kuliah, termasuk juga pendaftaran SBMPTN UTBK 2022.

Sebagai salah satu jalur masuk perguruan tinggi, SBMPTN UTBK atau terkadang disebut sebagai SBMPTN saja, akan dibuka pada hari ini yaitu tanggal 23 Maret 2022. Lalu apa saja syarat serta bagaimana tata cara pendaftaran SBMPTN UTBK 2022?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, di sini Kursiguru hendak membahas seputar pendaftaran SBMPTN UTBK 2022 mulai dari pengertian, jadwal, syarat hingga tata caranya. Silakan simak uraian di bawah untuk memahami tentang proses daftar SBMPTN 2022.

Pendaftaran SBMPTN 2022

Seperti telah diketahui bahwa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) awalnya dibuat dalam format tertulis. Namun semenjak munculnya peraturan Kemdikbud terkait pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer membuat berbagai tes menggunakan komputer, termasuk SBMPTN.

Kini SBMPTN menggunakan sistem komputer baik dari awal pendaftaran hingga pengumuman. Dimana pada proses awal, pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 mewajibkan siswa melakukan registrasi akun LTMPT.

tisu murah

Jadwal UTBK SBMPTN 2022

Selanjutnya penulis hendak membagikan informasi mengenai jadwal pelaksanaan atau runtutan tanggal penyelenggaraan SBMPTN UTBK 2022. Dimana secara garis besar, jadwal SBMPTN UTBK 2022 adalah sebagai berikut.

  • Jadwal Pendaftaran SBMPTN UTBK : mulai 23 Maret s/d 25 April 2022
  • Jadwal Ujian SBMPTN UTBK Gelombang I : mulai 17 Mei s/d 23 Mei 2022
  • Jadwal Ujian SBMPTN UTBK Gelombang II : mulai 28 Mei s/d 3 Juni 2022
  • Jadwal Pengumuman Hasil SBMPTN UTBK : 23 Juni 2022
  • Jadwal Download Sertifikat SBMPTN UTBK : 25 Juni s/d 31 Juli 2022

Berikut adalah beberapa hal paling penting yang wajib dipahami calon peserta seputar jadwal SBMPTN 2022.

Jam Pembukaan Pendaftaran SBMPTN 2022

Jadi jam berapa pendaftaran SBMPTN UTBK? Sesuai dengan ketentuan pihak terkait, proses pendaftaran SBMPTN UTBK tahun ini akan dimulai pada hari Rabu 23 Maret 2022 pada jam 15.00 WIB. Jadi untuk kamu yang berada di daerah waktu WITA maupun WIT harus menyesuaikan dengan jam pembukaan pendaftaran SBMPTN tersebut.

Baca  8 Biaya Kuliah UKT UPI Pendidikan D3 S1 2022 : Jurusan & Akreditasi

TIPS SBMPTN UTBK 2022!

Karena sebenarnya SBMPTN diperuntukkan kepada para siswa yang tidak lolos SNMPTN, maka ada baiknya bila kamu sudah tahu lebih dulu apakah lolos SNMPTN atau tidak. Sebab jika lolos SNMPTN namun mendaftar SBMPTN maka seperti mengambil kesempatan siswa lain.

Untuk pengumuman hasil seleksi SNMPTN LTMPT 2022 sendiri dilaksanakan mulai pada tanggal 29 Maret 2022 melalui portal LTMPT yaitu Pengumuman SNMPTN LTMPT 2022.

Jadwal Tes dan Pengumuman Lolos UTBK SBMPTN 2022

Seperti sudah disinggung di atas bahwa jadwal ujian SBMPTN 2022 terbagi menjadi gelombang I serta gelombang II. Penentuan masuknya seorang pendaftar dalam gelombang I maupun II tergantung oleh server. Artinya tanggal tes UTBK SBMPTN akan diacak secara otomatis oleh server LTMPT.

Meskipun demikian, nantinya pengumuman hasil UTBK-SBMPTN 2022 dilakukan secara serempak yakni pada tanggal 23 Juni 2022.

Syarat Daftar UTBK SBMPTN 2022

Meskipun mempunyai tujuan yang sama dengan SNMPTN, namun proses pendaftaran UTBK SBMPTN mempunyai syarat serta ketentuan tersendiri. Dimana secara garis besar, syarat umum daftar UTBK-SBMPTN 2022 di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Siswa adalah WNI & mempunyai NIK tercatat di Dukcapil.
  2. Berusia maksimal 25 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Siswa wajib memiliki akun LTMPT yang telah diregistrasi dengan benar.
  4. Dinyatakan tidak lolos dalam jalur pendaftaran SNMPTN 2020, 2021 & 2022.
  5. Memilih salah satu jalur tes yakni Saintek, Soshum ataupun Campuran.
  6. Bersedia membayar biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 sesuai jalur tes nya.
  7. Peserta UTBK SBMPTN hanya boleh mendaftarkan satu kali dalam setahun.

Selain syarat umum di atas, para calon pendaftar UTBK SBMPTN perlu mempersiapkan beberapa berkas atau dokumen pendaftaran seperti diantaranya yaitu :

  1. Surat Keterangan Siswa dari sekolah (bila saat mendaftar belum lulus), dilengkapi :
    • pas foto berlatar warna terbaru
    • stempel basah dari sekolah
    • tanda tangan kepala sekolah
  2. Ijazah Asli (untuk siswa gap year / sudah lulus di tahun sebelumnya)
  3. Portofolio (khusus pendaftar di jurusan kuliah seni & olahraga)
  4. Surat pernyataan tuna netra (khusus pendaftar tuna netra)

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

Selanjutnya penulis ingin menjawab pertanyaan mengenai berapa besar biaya pendaftaran UTBK SBMPTN dan apakah nantinya siswa SBM serta SNM akan dikenai biaya kuliah berbeda satu sama lain.

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN Reguler

Berdasarkan ketentuan dari pihak penyelenggara, biaya pendaftaran UTBK SBMPTN bagi siswa reguler yang tidak terdaftar di KIP-Kuliah adalah sebagai berikut.

  • Jalur Tes UTBK SBMPTN Saintek : Rp. 200.000
  • Jalur Tes UTBK SBMPTN Soshum : Rp. 200.000
  • Jalur Tes UTBK SBMPTN Campuran : Rp. 300.000
Baca  5 Materi IPA Kelas 9 Semester 2 K13 & Download Buku PDF 2022

Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN Pemilik KIP-Kuliah

Berbeda dengan peserta reguler, untuk yang sudah terdaftar di KIP kuliah maka tidak perlu membayar biaya pendaftaran UTBK. Hal itu karena biaya pendaftaran UTBK SBMPTN pemilik KIP-Kuliah telah dibayar secara langsung oleh pemerintah.

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN?

Jadi apa ada perbedaan biaya kuliah mahasiswa jalur SNMPTN dan SBMPTN? Jawabannya adalah tidak. Hal itu disebabkan oleh digunakannya sistem UKT dalam penentuan biaya kuliah mahasiswa PTN. Kamu bisa mengetahui lebih lanjut seputar besaran Uang Kuliah Tunggal di uraian penulis berjudul Apa Itu UKT.

Cara Daftar UTBK SBMPTN 2022

Setelah memahami berbagai informasi di atas, tentunya kamu akan bertanya tentang bagaimana proses daftar UTBK SBMPTN 2022. Dimana tata cara pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 memiliki langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Melakukan login di portal resmi UTBK SBMPTN yakni di Website LTMPT.
  2. Melakukan pengisian biodata pendaftar UTBK SBMPTN.
  3. Memilih tempat tes Pusat UTBK paling dekat dengan tempat tinggal.
  4. Memilih program studi & universitas tujuan UTBK SBMPTN 2022.
  5. Mengunggah dokumen portofolio (jurusan tertentu saja).
  6. Membayar biaya pendaftaran UTBK SBMPTN sesuai jalur tesnya (kecuali pemilik KIP Kuliah).
  7. Mencetak kartu ujian UTBK SBMPTN 2022.

Dari urutan langkah di atas terlihat bahwa tata cara pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 baik untuk siswa yang belum lulus maupun sudah lulus (gap year) adalah sama. Lalu syarat berupa surat keterangan sekolah ataupun ijazah apakah tidak diunggah? Tidak, karena surat keterangan sekolah serta ijazah nantinya wajib dibawa saat verifikasi tes UTBK SBMPTN di pusat UTBK masing-masing.

Materi Ujian UTBK SBMPTN 2022

Lalu bagaimana bentuk materi ujian UTBK SBMPTN tahun 2022? Untuk urusan materi ujian, sebenarnya sudah pernah penulis bahas baik itu materi ujian UTBK SBMPTN Saintek maupun Soshum. Silakan simak pembahasan materi ujian TPS dan TPA UTBK SBMPTN pada link berikut.

Kalau untuk jalur tes UTBK campuran, kamu perlu mempelajari seluruh materi Saintek serta Soshum.

Akhir Kata

Berdasarkan penjelasan di atas terlihat bahwa pendaftaran SBMPTN atau UTBK-SBMPTN tahun 2022 memiliki satu portal utama yakni melalui website resmi LTMPT. Satu hal paling penting yang wajib kamu lakukan sebelum mulai mendaftar UTBK SBMPTN adalah mengetahui besarnya biaya kuliah di universitas pilihanmu. Jika belum mengetahui besarnya biaya kuliah di universitas pilihanmu, silakan simak penjelasannya di uraian Kursiguru seputar Biaya Kuliah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.