Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

3 Materi Tes Intelegensi Umum TIU CPNS & Download PDF

Materi Tes Intelegensi Umum

Materi Tes Intelegensi Umum – memberikan ulasan seputar gambaran serta kisi-kisi materi yang mungkin muncul pada tes TIU. Dimana tes intelegensi umum merupakan salah satu bagian tes pada pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Ujian atau seleksi calon pegawai negeri sipil memang sedang dilakukan oleh banyak instansi serta pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Dimana dalam proses pelaksanaannya, para peserta tes ASN menghadapi minimal 2 (dua) jenis tes yakni SKD sebagai tahap awal, dan SKB di tahapan berikutnya.

Dalam tes kompetensi dasar tersebut, nantinya para partisipan wajib mengerjakan 3 jenis ujian yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dari ketiganya, TIU adalah bagian tes paling ditakuti atau menjadi momok.

Oleh karena itu, di sini Kursiguru hendak memberikan pembahasan mengenai materi pada tes intelegensi umum CPNS beserta sedikit gambaran soal terkait masing-masing materi. Jika kamu ingin mempelajari materi TIU secara mendalam silakan simak langsung uraian di bawah ini.

Apa Itu Tes Intelegensi Umum

Sebelum membahas lebih jauh mengenai isi dalam materi, di sini penulis akan mengulas lebih dulu terkait pengertian apa itu TIU secara mendalam. Tes intelegensi umum merupakan bagian seleksi SKD yang menguji kemampuan peserta dalam hal akademik dasar.

Artinya tes intelegensi menguji kecakapan terkait bahasa Indonesia, matematika serta penggunaan logika pada sebuah gambar (figur). Maka bisa diketahui bahwa materi ujian intelegensi umum berkutat pada ketiga cabang ilmu itu. Tahun ini, jumlah soal tes intelegensi umum CPNS adalah 35 butir serta skor maksimal adalah 175. Sementara batas minimal untuk lolos SKD bagian tes intelegensi umum adalah

Materi Tes Intelegensi Umum

Setelah mengetahui pengertian di atas, selanjutnya penulis akan memberi ulasan mengenai isi materi dalam ujian intelegensi umum TIU. Dimana menurut ketentuan Permenpan RB Nomor 27 terkait tes CPNS, pada tes intelegensi umum akan dimuat materi seperti:

1. Materi Verbal

Tes verbal TIU digunakan sebagai sarana untuk mengukur kemampuan seorang peserta dalam penguasaan ilmu bahasa. Dimana materi verbal dalam intelegensi umum berisi:

  • Analogi Verbal
    Materi analogi verbal mengukur mampu tidaknya seseorang menganalisa konsep hubungan dua atau lebih kata.
  • Silogisme
    Materi silogisme melakukan pengukuran individu dalam menarik kesimpulan dari dua atau lebih pernyataan.
  • Analitis
    Materi analitis mengukur kecakapan individu menganalisis informasi dari sebuah bacaan atau teks bahasa.

2. Materi Numerik

Tes numerik TIU menilai kecakapan peserta dalam melakukan pengolahan data terkait angka baik berbentuk cerita ataupun deret sederhana.

  • Berhitung
    Materi berhitung tes intelegensi biasanya berupa perhitungan menggunakan operasi hitung dasar (tambah, kurang, kali, bagi).
  • Deret Angka
    Sesuai namanya, materi deret angka mengharuskan kamu melakukan analisis terhadap sebuah deret maupun barisan nomor secara aritmetika dan geometri.
  • Perbandingan Kuantitatif
    Materi perbandingan kuantitatif menyajikan 2 (dua) buah data, lalu peserta tes harus melakukan analisis terhadap data tersebut.
  • Soal Cerita
    Materi soal cerita memiliki variasi seperti urutan posisi duduk hingga perbandingan pekerja pada satu peristiwa. Tentunya data pada tes intelegensi umum bagian numerik ini berbentuk teks (cerita) singkat.

3. Materi Figural

Pada materi figural, tes intelegensi umum memuat beberapa komponen seperti diantaranya adalah:

  • Analogi Figural
    Materi analogi figural mengukur penalaran individu melalui perbandingan dua gambar serta penerapan konsepnya pada kondisi lain.
  • Ketidaksamaan
    Materi ketidaksamaan mengukur kemampuan & kecermatan peserta untuk melihat perbedaan beberapa gambar.
  • Serial
    Materi tes serial bertujuan mengukur kecermatan kamu memahami pola hubungan beberapa bentuk gambar.

Gambaran Tes Intelegensi Umum

Untuk melengkapi bahasan di atas, di sini penulis juga akan memberikan file PDF terkait gambaran persoalan tes intelegensi umum. Dimana file PDF kumpulan soal tes intelegensi umum ini bisa didownload secara langsung.

Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, penulis akan memberikan tautan terkait beberapa contoh soal CPNS milik Kursiguru.

Akhir kata

Demikian uraian Kursiguru seputar materi tes intelegensi umum (TIU) pada pelaksanaan tes SKD CPNS. Semoga setelah membaca dan memahami bahasan di atas, kamu menjadi semakin siap untuk belajar serta mengikuti rangkaian tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.