Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Contoh Soal Perbandingan Kuantitatif TIU CPNS & Pembahasan 2021

Contoh Soal Perbandingan Kuantitatif

Contoh Soal Perbandingan Kuantitatif – merupakan salah satu bahan ajar utama pada pembelajaran matematika sekolah menengah atas. Dimana soal perbandingan kuantitatif juga sering muncul pada ujian masuk CPNS yakni di bagian Tes Intelegensi Umum (TIU).

Membahas seputar ilmu matematika tentunya tidak dapat lepas dari proses menghitung perbandingan dua atau lebih variabel. Dimana dari sekian banyak jenis perbandingan, salah satu bentuk yang paling sering muncul dalam persoalan sehari-hari adalah perbandingan kuantitatif.

Hal itu dikarenakan perbandingan kuantitatif mampu memberikan gambaran mengenai efek naik atau turunnya nilai suatu variabel terhadap lainnya. TPA perguruan tinggi serta TIU CPNS merupakan contoh ujian yang hampir selalu memunculkan soal analogi kuantitatif tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Kursiguru akan memberikan penjelasan mengenai contoh soal perbandingan kuantitatif beserta pembahasan soalnya. Uraian lengkap seputar soal perbandingan kuantitatif bisa disimak langsung pada bahasan di bawah.

Pengertian Perbandingan Kuantitatif

Perbandingan kuantitatif pada tes seleksi CPNS merupakan bagian dari tes numerik. Tujuan adanya soal perbandingan kuantitatif adalah mengukur kemampuan peserta CPNS dalam menarik kesimpulan dari data kuantitatif. Umumnya informasi pada soal perbandingan kuantitatif akan disajikan berbentuk soal cerita.

Jenis Soal Perbandingan Kuantitatif

Sebelum memberikan penjelasan terkait cara mengerjakan serta pembahasan contoh soal perbandingan kuantitatif, di sini penulis akan menguraikan mengenai jenisnya terlebih dulu. Untuk tes TIU CPNS setidaknya ada 3 (tiga) jenis soal perbandingan kuantitatif, yaitu:

1. Perbandingan Kuantitatif Senilai

Perbandingan kuantitatif senilai adalah perbandingan dimana penambahan/pengurangan nilai satu variabel akan menyebabkan efek sama terhadap variabel lainnya.

Contoh soal perbandingan kuantitatif senilai:

Mr. Kiki menabung di Bank Bonit sebanyak Rp. 10.000.000 sehingga dalam setahun mendapatkan bunga tabungan sebanyak Rp. 500.000. Apabila tabungan Mr. Kiki bertambah menjadi Rp. 25.000.000 berapakah bunga didapatkannya?

Jawaban:

Jawaban contoh 1

2. Perbandingan Kuantitatif Berbalik Nilai

Perbandingan kuantitatif berbalik nilai merupakan kebalikan dari jenis perbandingan kuantitatif senilai, dimana bila satu variabel mengalami kenaikan/penurunan maka variabel lainnya akan mendapatkan efek sebaliknya.

Contoh soal perbandingan kuantitatif berbalik nilai:

Apabila 80 ekor sapi mampu menghabiskan rumput sebuah lapangan dalam waktu 4 hari, maka berapa waktu yang dibutuhkan oleh 160 ekor sapi?

Jawaban:

Jawaban contoh 2

3. Perbandingan Kuantitatif Campuran

Untuk jenis perbandingan kuantitatif campuran tidak ada ketentuan khusus. Dimana perbandingan kuantitatif ini akan menggabungkan kedua contoh perbandingan di atas. Perlu diketahui bahwa contoh soal perbandingan kuantitatif campuran ini merupakan yang paling sering muncul dalam tes CPNS.

Contoh soal perbandingan kuantitatif campuran:

Jika sekarang ini perbandingan usia Klee dengan Yanfei adalah 1:2, sedangkan 10 tahun kedepan perbandingannya berubah menjadi 2:3. Hitunglah umur Klee sekarang!

Jawaban:

Jawaban contoh 3

Agar lebih memahami contoh soal perbandingan terkait usia, silakan simak pembahasan penulis mengenai Contoh Soal Perbandingan Umur.

Rumus Soal Perbandingan Kuantitatif

Berdasarkan uraian di atas maka bisa disimpulkan bahwa soal perbandingan kuantitatif TIU CPNS dapat diselesaikan melalui beberapa rumus, yaitu:

Rumus Perbandingan Kuantitatif

Contoh Soal Perbandingan Kuantitatif

Setelah memahami contoh soal dalam bahasan di atas maka selanjutnya adalah mencoba mempelajari lebih mendalam terkait bentuk soal perbandingan kuantitas. Berikut adalah beberapa contoh persoalan perbandingan kuantitatif TIU CPNS yang telah penulis siapkan.

Contoh Perbandingan Kuantitatif (1)

Dalam peta milik Nami, pulau Dressrosa yang berbentuk lingkaran mempunyai jari-jari 7 cm. Apabila luas Dressrosa sebenarnya adalah 616 km2, tentukan skala peta milik Nami tersebut!

Jawaban & Pembahasan:

Jawaban Contoh Soal TIU 1

Contoh Perbandingan Kuantitatif (2)

Sebuah keran air mampu mengisi kolam dengan kapasitas 40 m3 dalam waktu 10 jam. Hitunglah berapa lama waktu pengisian kolam berkapasitas 80 m3 bila terdapat 4 buah keran.

Jawaban & Pembahasan:

Jawaban Contoh Soal TIU 2

Contoh Perbandingan Kuantitatif (3)

Besarnya selisih usia Kazuha dan Sayu adalah 15 tahun, sementara perbandingan umur keduanya yakni 6:3. Tentukan umur Kazuha serta Sayu sebenarnya.

Jawaban & Pembahasan:

Jawaban Contoh Soal TIU 3

Contoh Perbandingan Kuantitatif (4)

Ketika membangun perumahan, 5 orang pekerja mampu menyelesaikan pembangunan 1 rumah dalam waktu 30 hari. Tentukan waktu yang diperlukan oleh 10 orang pekerja untuk membangun 3 rumah.

Jawaban & Pembahasan:

Jawaban Contoh Soal TIU 4

Contoh Perbandingan Kuantitatif (5)

Pengecoran sebuah jembatan antar desa mampu diselesaikan secara gotong royong oleh 10 orang dalam kurun waktu 10 hari. Bila ternyata ada 5 orang tidak bisa ikut dalam proses pengecoran, berapa total waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?

Jawaban & Pembahasan:

Jawaban Contoh Soal TIU 5

Tips Mengerjakan Soal Perbandingan

Dalam mengerjakan soal perbandingan terdapat tips agar prosesnya menjadi mudah. Berikut adalah beberapa tips mengerjakan contoh soal latihan CPNS TIU dengan materi perbandingan.

  1. Perhatikan satuan dari semua variabel.
  2. Pahami jenis perbandingan kuantitatif nya.
  3. Jangan terkecoh soal yang terlihat mudah.

Itulah beberapa tips mengerjakan contoh soal perbandingan, bila membutuhkan referensi bentuk soal perbandingan lainnya silakan simak pembahasan penulis seputar Contoh Soal Perbandingan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan Kursiguru seputar perbandingan kuantitatif TIU CPNS beserta contoh soal dan pembahasannya. Semoga contoh soal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di atas bisa menjadi bahan referensi bagi seluruh peserta.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.