Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 22 Contoh Soal Efek Compton : Pengertian, Jawaban & Download [2021]

Contoh Soal Efek Compton

Contoh Soal Efek Compton merupakan materi fisika terkait energi, momentum, serta cahaya berdasarkan teori yang dijabarkan oleh seorang fisikawan Amerika, bernama Arthur Holy Compton, hampir seabad lalu. Efek Compton itu memberikan deskripsi mengenai tumbukan photon dengan elektron.

Pada awalnya, bapak Compton tertarik untuk mempelajari efek fotoelektrik (fotolistrik) dalam teori milik ilmuwan terkemuka Einstein. Sehingga Ia melakukan eksperimen menggunakan sinar X (monokrom) dan lempeng radioaktif tipis berbahan Berilium.

Hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa efek Compton menyebabkan turunnya energi photon yang disertai dengan meningkatnya panjang gelombang. Karena efek Compton juga terkait dengan panjang gelombang, nantinya kamu akan mempelajari teori panjang gelombang de Broglie.

Agar lebih mudah memahami efek Compton serta teori de Broglie, simaklah penjelasan dari kursiguru di bawah ini. Karena di sini penulis akan memberikan deskripsi lengkap beserta contoh soal efek Compton dan jawabannya.

Pengertian Efek Compton Fisika

Efek Compton dapat digambarkan sebagai efek terjadinya tumbukan antara photon dan elektron, dimana kejadian itu menghasilkan hamburan photon serta hamburan elektron. Saat ini, istilah yang digunakan untuk hasil kejadian tumbukan tersebut adalah hamburan Compton.

Hamburan photon sendiri mengalami perubahan panjang gelombang (λ). Dimana panjang gelombang (wavelength) milik sinar datang lebih kecil daripada gelombang sinar pergi. Tapi sebaliknya, energi photon sebelum menumbuk lebih besar ketimbang saat telah terhambur.

Seperti sudah disinggung di atas, bahwa karena terjadi kenaikan wavelength maka kamu juga akan mempelajari ilmu tentang panjang gelombang de Broglie. Efek Compton, hamburan Compton, serta de Broglie wavelength akan benar-benar terlihat terhubung ketika sudah berbentuk rumus.

Rumus Efek Compton

Dari uraian di atas, hal-hal terkait teori Compton dapat dituliskan dalam bentuk perhitungan. Dimana seperti materi fisika pada umumnya, efek Compton juga bisa dituliskan menjadi sebuah persamaan atau rumus matematik, yaitu:

Rumus Efek Compton

Sedangkan persamaan untuk de Broglie wavelength sendiri adalah:

Rumus Panjang Gelombang de Broglie

Contoh Soal Efek Compton

Berikut kursiguru berikan beberapa contoh soal sebagai gambaran awal mengenai soal-soal yang akan kamu temui ketika mengerjakan ulangan atau ujian fisika terkait materi efek Compton.

Contoh Efek Compton (1)

Di dalam sebuah laboratorium pribadi, Franky melakukan eksperimen terhadap teori efek Compton. Foton dalam percobaan Franky memiliki panjang gelombang awal sebesar 0,05 nm. Setelah bertumbukkan sudutnya berubah menjadi 60° dari posisi awal. Hitunglah wavelength setelah tumbukan & energi photon terhamburnya!

Jawaban Soal Efek Compton 1

Contoh Efek Compton (2)

Setelah selesai dengan percobaan pertamanya, Franky mencoba sebuah hal lain terkait efek Compton. Ia membuat elektron yang awalnya diam bergerak melalui cara pemberian tegangan listrik sebesar 2 kilovolt. Tentukanlah besar momentum elektron serta panjang gelombang de Broglie-nya!

Jawaban Soal Efek Compton 2

Download Contoh Soal Efek Compton

Tak lengkap rasanya bagi penulis jika tidak membagikan contoh soal yang bisa kamu gunakan sebagai bahan belajar mandiri di rumah. Maka dari itu, kursiguru akan memberikan link download contoh soal efek Compton seperti di bawah ini.

Download Kumpulan Soal Efek Compton [PDF]

Silakan download langsung file contoh soal di atas jika ingin memperdalam ilmu fisika terkait teori Compton. File kumpulan soal efek Compton tersebut gratis, jadi tak perlu ragu untuk mendownloadnya.

Demikian pembahasan kursiguru mengenai contoh soal efek Compton. Sebagai info tambahan, ilmu fisika seputar dualisme gelombang partikel terutama efek Compton merupakan hal penting untuk dipahami, jika nantinya kamu ingin melanjutkan studi ke bidang radiologi atau bidang serumpunnya. Karena efek Compton ini termasuk dalam salah satu materi dasarnya.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *