Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 25 Contoh Soal Pemuaian & Pembahasannya Download [2021]

Contoh Soal Pemuaian

Contoh Soal Pemuaian merupakan salah satu soal yang tak pernah lekang oleh waktu. Bagaimana tidak? Materinya sudah diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas. Dimana semakin tinggi jenjang pendidikannya makin tinggi pula tingkat pemahamannya.

Jika dilihat secara teliti, sebenarnya materi pemuaian tak sepenuhnya datang dari materi fisika melainkan terdapat unsur mapel kimia, yaitu pengaruh suhu terhadap atom-atom di dalam sebuah benda. Tapi karena ilmuwan lebih terfokus pada efek fisisnya sehingga soal pemuaian dianggap lebih condong ke fisika.

Pemuaian dapat diartikan sebagai perubahan ukuran sebuah benda pada 3 jenis dimensi (luas, panjang, volume) yang disebabkan oleh berubahnya suhu benda tersebut. Umumnya sebuah benda akan semakin besar jika suhunya meningkat serta sebaliknya, ketika suhu menurun maka ukurannya akan mengecil.

Pada kesempatan ini, kursiguru akan memberikan contoh soal-soal pemuaian beserta pembahasannya untuk jenjang pendidikan SMA/MA. Kursiguru juga memberikan file soal pemuaian yang bisa didownload sebagai bahan belajar mandiri.

Contoh Soal Pemuaian & Pembahasannya

Pengertian Dasar Soal Pemuaian

Pemuaian sendiri berasal dari istilah kata muai dengan arti membesar, jadi pemuaian bisa dimengerti sebagai proses membesarnya sebuah benda karena suhunya. Seperti telah sedikit dijelaskan di atas bahwa pemuaian terjadi dalam 3 jenis dimensi. Untuk pemuaian luas dan panjang hanya dapat terjadi pada benda padat (solid), sedangkan pemuaian volume juga bisa dialami benda berbentuk gas dan cair (liquid).

Poin Penting Soal Pemuaian

Ketika mengerjakan soal pemuaian maka kamu harus memahami 3 (tiga) poin penting di dalamnya. Selain perubahan suhu, dua poin penting lainnya adalah koefisien muai jenis benda dan bentuk/kondisi awalnya. Karena ketiganya akan dihitung dalam mengerjakan contoh soal.

Rumus Dasar Pemuaian

Ketika terjadi pemuaian maka bentuk sebuah benda akan berubah dari bentukan awal ditambah dengan besarnya pemuaian. Dimana besarnya pemuaian bisa dihitung dari besarnya bentuk awal benda dikalikan dengan koefisien pemuaian dan besarnya perubahan suhu (hal ini berlaku untuk ketiga jenis pemuaian).

Jika dituliskan secara matematis, maka rumus diatas akan menjadi:

Rumus Dasar 3 Jenis Pemuaian

Contoh Soal Pemuaian & Pembahasan

Perhatikan contoh soal pemuaian berbentuk cerita dari kursiguru berikut ini.

Contoh Pemuaian Panjang

Franky bertugas sebagai engineer sebuah perusahaan listrik di daerahnya, tepatnya pada bagian jaringan listrik. Jika suatu hari Franky akan memasang kawat listrik sepanjang  100 m pada suhu 30ºC. Hitunglah panjang kawat Franky pada suhu 100ºC!

Penyelesaian contoh soal panjang kawat di atas adalah:

Contoh Pemuaian Panjang

Contoh Pemuaian Luas

Robin memiliki kaca jendela kamar dengan luas sebesar 1 meter persegi. Apabila luas kaca Robin dihitung pada saat suhu 25ºC, hitunglah luas kaca Robin ketika suhunya 80 ºC!

Pengerjaan contoh soal kaca Robin adalah:

Contoh Pemuaian Luas

Contoh Pemuaian Volume

Wapol memiliki bola besi dengan volume 8 meter kubik yang dihitung pada suhu 10 derajat Celcius. Jika bola Wapol diukur pada suhu 100 derajat Celcius, berapa volumenya?

Contoh Pemuaian Volume

Download Contoh Soal Pemuaian

Contoh soal pemuaian lainnya bisa langsung kamu download langsung lewat link dari kursiguru di bawah. Kerjakan contoh soal ini secara langkap dan runtut seperti contoh pengerjaan kursiguru di atas.

Contoh Soal-Soal Pemuaian File Word [Docx]

Kamu tak perlu ragu untuk mendownload file soal pemuaian di atas, karena kursiguru tidak memberi biaya untuk mendownloadnya.

Sebagai pengetahuan bersama, contoh soal, pembahasan serta materi dalam artikel ini kursiguru dapatkan dari buku, internet, dan pengetahuan penulis selama bersekolah. Jadi jika terdapat kesalahan di dalamnya mohon dimaklumi.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.