Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 50 Contoh Soal Pedagogik Untuk Guru 2021 [Free Download]

Contoh Soal Pedagogik

Contoh Soal Pedagogik merupakan beberapa soal untuk menguji kompetensi seorang guru di seluruh Indonesia. Contoh-contoh soal yang Kursiguru bagikan merupakan hasil dari seluruh sumber mulai dari buku maupun internet. Artikel ini akan dibahas secara jelas pada pada kesempatan kali ini.

Di dalam upaya untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru, maka pemerintah mengadakan uji penilaian terhahap kompetensi seorang guru. Uji ini tidak hanya seorang dengan jabatan sebagai guru di sekolah, namun jabatan guru sebagai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pengawas juga harus mengikuti uji tersebut.

Selain meningkatkan kompetensi guru, program uji pedagogik juga menunjang dalam peningkatan karir, kepangkatan, dan jabatannya seorang guru. Setelah guru mengikuti uji tersebut, maka sekolah atau pengawas daerah sekolah akan mempertimbangkan kembali karir guru.

Contoh Soal Pedagogik

Pengertian Pedagogik

Pedagogik adalah kemampuan milik seorang guru dalam mendidik peserta didiknya. Tidak hanya itu, pedagogik bisa dikatakan sebuah strategi pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru di dalam kelas. Kata pedagogik berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu Paedos, artinya anak laki-laki, dan Agogos artinya mengantar atau membimbing. Jika dikaitkan dengan pembelajaran di kelas, pedadogik dikatakan sebagai kemampuan seorang guru dalam mengantar atau membimbing peserta didik ke arah tujuan hidup yang lebih baik.

Ilmu pedagogik pun harus dimiliki atau dikuasi oleh para guru. Hal itu dikarenakan proses pembelajaran, interaksi antar guru dan peserta didik, dan mengelola kelas tempat belajar adalah tanggung jawab para guru di sekolah. Adapun kompetensi pedagogik guru yang dikuasai atau dimiliki seorang guru.

Kompetensi Pedagogik

Ada tujuh aspek kompetensi pedagogik yang harus dikuasasi oleh guru dan kompetensi ini tidak boleh dilakukan secara tiba-tiba malainkan kompetensi ini sudah harus tertanam di dalam diri seorang guru.

1. Menguasai Karakteristik Peserta Didik

Kompetensi ini merupakan hal paling dasar namun harus dimiliki guru. Ketika guru memasuki kelas, hal wajib pertama adalah bisa membaca atau mengetahui karakteristik peserta didik. Hal itu dikarenakan dengan mengetahui karakteristik setiap individu akan membantu proses pembelajaran.

2. Menguasi Teori dan Prinsip Pembelajaran

Dalam hal ini, sebelum guru memasuki kelas, guru harus menguasai teori dan prinsip pembelajaran. Setelah menguasai, guru akan dapat menyampaikan teori  dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta didik.

3. Pengembangan Kurikulum

Selain mempersiapkan teori dan prinsip pembelajaran, guru pun harus mengembangkan atau merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus. Hal ini diupayakan agar peserta didik mampu mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan.

4. Kegiatan Pembelajaran

Di dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru harus melaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku di kurikulum dan mengaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari.

5. Pengembangan Potensi Peserta Didik

Kompetensi ini guru memberi ruang belajar kepada peserta didik dengan menyesuaikan cara belajarnya masing-masing.

6. Komunikasi dengan Peserta Didik

Komunikasi di dalam kelas pun sangatlah penting, dengan komunikasi yang baik antar guru dan peserta didik bisa menjadikan suasane kelas hidup.

7. Penilaian dan Evaluasi

Setelah melakukan proses pembelajaran di kelas, guru harus melakukan penilaian dan evaluasi. Guru perlu menilai bagaimana hasil di dalam pelaksanaan proses belajar yang sudah dilakukan. Setelah itu, guru harus mempunyai inovasi agar proses belajar selanjutnya dapat berjalan dengan baik.

Materi Soal Pedagogik

Dari ketujuh kompetensi pedagogik di atas, semua itu menjadi materi di dalam butir-butir soal uji pedagogik. Dengan kata lain, guru harus menguasi semua yang dimaksud dengan semua kompetensi di atas. Guru dapat mempelajari semua kompetensi melalui sumber-sumber yang sudah disediakan pemerintah.

Contoh Soal Pedagogik

Dari semua kompetensi pedagogik di atas, maka semua itu dijadikan sebagai materi yang dimasukkan dalam uji pedagogik. Di bawah ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal pedagogik. Contoh soal ini berjumlah sekitar 50 soal dari ke tujuh kompetensi. Kamu bisa mengunduh atau mendownload contoh soal di bawah ini dengan mudah dan tentunya gratis.

Soal Pedagogik [download]

Itulah contoh soal pedagogik yang dapat Kursiguru berikan. Dengan adanya artikel ini, guru sebagai peserta uji kompetensi pedagogik bisa mengerjakan dan berjalan dengan lancar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.