Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru & Pembahasan 2021

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru – Dibukanya pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru membuat sebagian besar orang mulai mempersiapkan diri. Dimana salah satu persiapan untuk menghadapi pendaftaran PPPK guru yaitu dengan mempelajari materi kompetensi teknis.

Sebagaimana diketahui, kompetensi teknis PPPK guru sendiri merupakan sebuah tes yang akan kamu lewati ketika mengikuti seleksi pendaftarannya. Dengan kata lain, kompetensi teknis guru yaitu ujian bagi calon guru untuk mengukur kompetensinya terhadap bidang studi dasar hingga pegodogik.

Terlebih lagi, kini kompetensi teknis diklaim akan mendominasi komposisi tes dalam pendaftaran ataupun seleksi PPPK guru. Adapun materi yang terdapat di dalam kompetensi teknis tersebut diantaranya yaitu seperti pengetahuan, keterampilan serta perilaku atau sikap seorang guru.

Maka dari itu, supaya kamu lolos dalam seleksi kompetensi teknis PPPK guru sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja materi atau kisi-kisinya serta bagaimana contoh soalnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap contoh soal kompetensi teknis PPPK guru dilengkapi link downloadnya.

Pengertian Kompetensi Teknis PPPK Guru

Sebelum membahas mengenai kumpulan soal kompetensi teknis PPPK guru lebih lanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, kompetensi teknis PPPK guru merupakan sebuah tes atau ujian yang terdapat di seleksi pendaftarannya.

Kompetensi teknis dilakukan guna mengukur kompetensi guru dalam bidang studi dasar sampai pedogogik di ruang lingkupnya. Secara umum, di dalam seleksi PPPK guru, nantinya peserta akan mengerjakan soal kompetensi teknis sebanyak 100 soal dan harus dijawab selama kurun waktu 2 jam.

Kisi-Kisi Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru

Di dalam tes kompetensi teknis PPPK guru, tentunya terdapat beberapa materi yang nantinya diolah menjadi sebuah soal. Soal kompetensi teknis di seleksi pendaftaran PPPK guru diantaranya yaitu meliputi pengetahuan calon guru terhadap sistem ajar kepada siswa atau para peserta didik

Selain itu, guru juga harus memahami bagaimana cara penilaian yang seharusnya seorang guru berikan kepada kinerja para murid-muridnya. Jadi, pada intinya soal-soal kompetensi teknis PPPK guru akan menguji mengenai kemampuan pelamar terkait membangun sisyem pengajaran ataupun sistem penilaian terhadap peserta didik.

Prosedur Pendaftaran PPPK Guru

Ketika hendak mendaftarkan diri mengikuti seleksi PPPK guru, kamu juga diwajibkan untuk mengetahui bagaimana alur atau prosedur pendaftarannya. Sebagai informasi tambahan, di bawah ini akan kami berikan alur pendaftaran seleksi PPPK guru sesuai ketentuan yang berlaku.

  1. Pertama, peserta mendaftar aku melalui situs SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Selanjutnya peserta diminta memilih jenis seleksi PPPK guru.
  3. Tahap selanjutnya yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudataan, Riset dan Teknologi sebagai Instansi penyelengaranya akan melakukan verifikasi secara sistem.
  4. Peserta yang masuk pada ujian kesempatan pertama mengikuti ujian seleksi kompetensi teknis. Jika dinyatakan lulus, maka peserta boleh melakukan pemberkasan.
  5. Peserta tidak lulus pada seleksi kompetensi teknis kesempatan pertama dapat mengikuti pada kesempatan atau gelombang kedua.
  6. Jika peserta tidak lulus seleksi kedua, mereka berhak mengikuti optimalisasi formasi, diantaranya yaitu seperti berikut.
    – Panitia merangking nilai peserta tidak lulus ujian seleksi kompetensi teknis.
    – Panitia mulai mengumumkan hasil optimalisasi formasi.
    – Peserta tidak lulus seleksi bisa menyanggah hasil optimalisasi formasi.
    – Panitia kemudian mengumumkan hasil sanggah.
    – Peserta dinyatakan lulus kemudian melakukan pemberkasan.

Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru

Seperti halnya CONTOH SOAL PPPK sebelumnya, kali ini juga akan kami berikan kumpulan beberapa contoh soal-soal kompetensi teknis PPPK guru yang sudah dirangkum dari beberapa kisi-kisi di atas. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik contoh soal-soal kompetensi teknis PPPK guru berikut ini.

Contoh Soal 1

Contoh Soal PPPK Guru 1

Contoh Soal 2

Contoh Soal PPPK Guru 2

Contoh Soal 3

Contoh Soal PPPK Guru 3

Contoh Soal 4

Contoh Soal PPPK Guru 4

Contoh Soal 5

Contoh Soal 5

Contoh Soal 6

Contoh Soal 6

Contoh Soal 7

Contoh Soal 7

Contoh Soal 8

Contoh Soal 8

Contoh Soal 9

Contoh Soal 9

Contoh Soal 10

Contoh Soal 10

Download Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai kumpulan contoh soal-soal kompetensi teknis PPPK guru dilengkapi kunci jawabannya. Jika kamu menginginkan pembahasan lengkap dari jawabannya, sebaiknya download atau unduh file soal kompetensi teknis PPPK guru dalam format PDF di bawah ini.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa soal ujian seleksi kompetensi teknis PPPK guru berisikan beberapa kumpulan materi. Pada intinya, di dalam soal tersebut mencakup pengetahuan guru dalam sistem ajar serta bagaimana penilaian guru terhadap kinerja para peserta didik.

Itulah sekiranya informasi seputar contoh soal kompetensi teknis PPPK guru dilengkapi kunci jawaban dan pembahasannya versi Kursiguru. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti ujian seleksi PPPK guru.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *