Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 100+ Contoh Soal Tes PPG 2021 dan Jawabannya PDF [Download]

SOAL PPG

Contoh soal tes PPG kali ini akan dipakai sebagai bahan latihan untuk kamu yang sedang menunggu giliran tes Pendidikan Profesi guru. Selain soal, Kursiguru juga akan menyajikan kunci jawaban dari setiap soal. Sebelum beranjak pada soal, artikel ini akan membahas terlebih dulu mengenai PPG dan apa saja persyaratan untuk mengikuti tes PPG.

Berawal dari aturan baru Kemendikbud mengenai program sertifikasi guru, mulai awal tahun 2019 program sertifikasi guru dilaksanakan melalui pola Pendidikan Profesi Guru atau disingkat PPG. Program ini akan berlangsung lebih lama dibanding aturan sebelumnya yaitu Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Waktu lama tersebut dikarenakan adanya proses dalam pendaftaran.

Adapun dua syarat untuk menjadi calon peserta sertifikasi guru, diantaranya adalah guru harus terdaftar pada aplikasi Data Pokok Pendidik dan SIM PKB. Setelah dua syarat tersebut terpenuhi, guru bisa masuk pada aplikasi SIM PKB untuk mengecek apakah sudah terdaftar sebagai nominasi calon peserta PPG. Selanjutnya, guru harus mengikuti ujian pretest PPG agar terdaftar sebagai peserta sertifikasi guru.

Contoh Soal Tes PPG

Pengertian PPG

Pendidikan Profesi Guru merupakan salah satu program pendidikan Kemendikbud bagi sarjana pendidikan untuk mempertajam ilmunya sebagai guru. Program tersebut akan ditempuh guru selama 1-2 tahun setelah lulus dari program sarjana. Setelah guru lulus program pendidikan tersebut, guru akan mendapatkan gelar. Di belakang nama guru akan bertambah gelar Gr. Gelar tersebut dipakai sebagai bentuk legitimasi profesi guru.

Adapaun tujuan dari program PPG adalah untuk meningkatkan profesionalitasan seorang guru di seluruh penjuru negeri ini. Dengan meningkatnya profesinalitas seorang guru, maka peserta didik dapat memperoleh pendidikan yang lebih baik.

Baca  √ 50 Contoh Soal Cerita KPK dan FPB : Pembahasan & Download 2021

Syarat PPG

Setelah dicetuskannya program PPG, dibuatkanlah semacam syarat untuk dapat mengikuti program tersebut. Syarat-syaratnya pun membutuhkan waktu yang tidak cepat. Syarat-syarat tersebut antara lain:

1. Memiliki kualifikasi akademik Sarjana, pengangkatan guru dalam jabatan atau pegawai negeri sipil.

2. Wajib terdaftar & mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

3. Terdaftar pada data pokok pendidik.

Semua syarat tersebut diperoleh guru melalui proses yang panjang, sehingga hasil PPG mempunyai nilai tinggi pada proses pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Tes PPG

Semua syarat-syarat di atas merupakan syarat administrasi awal untuk mendaftarkan diri pada program PPG. Setelah lolos syarat administrasi, guru harus mengikuti pretest masuk PPG. Pretest dilakukan sebagai persyaratan akademik untuk melaksanakan PPG.  Setelah lolos pretest PPG tersebut, guru baru terdaftar sebagai peserta PPG dan bisa mengikuti PPG.

Selama 1-2 tahun, guru akan mengikuti program PPG. Hingga akhir periode pelaksanaan, guru akan mengikuti tes PPG. Tes tersebut sebagai langkah akhir agar lulus program PPG. Adapun kompetensi tes yang meliputi dari potensi akademik, pedagogik, bidang studi, serta bakat dan minat. Masing kompetensi dikerjakan oleh masing-masing peserta PPG sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Kumpulan Contoh Soal Tes PPG

Dari semua penjelasan di atas, Kursiguru telah menyediakan kumpulan contoh soal tes PPG beserta dengan kunci jawaban. Sehingga kamu dapat dengan mudah mempelajarinya. Selain itu, kumpulan soal di bawah ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk menghadapi tes PPG. Kumpulan contoh soal tes PPG di bawah dapat kamu unduh atau didownload dengan mudah dan tentunya gratis.

Soal PPG dan Kunci Jawabannya

Demikian artikel di atas mengenai contoh soal tes PPG yang bisa Kursiguru sajikan. Dengan harapan, artikel ini dapat dijadikan sebagai patokan sehingga kamu dapat lulus PPG dengan mudah dan mendapatkan nilai memuaskan serta mendapatkan sertifikasi guru.

Baca  10 Contoh Soal Efek Doppler : Pada Bunyi & Cahaya Beserta Jawabannya
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *